alexa-tracking

Bukan Suzanna, Inilah Film Horor Pertama Di Indonesia. Agan Pernah Nonton?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b17cf0ddbd77059788b4589/bukan-suzanna-inilah-film-horor-pertama-di-indonesia-agan-pernah-nonton
Bukan Suzanna, Inilah Film Horor Pertama Di Indonesia. Agan Pernah Nonton?
Bukan Suzanna, Inilah Film Horor Pertama Di Indonesia. Agan Pernah Nonton?
Kalau bicara tentang film Horror di Indonesia, nama Suzanna sudah pasti mendominasi. Tatapan mata dan suaranya yang mengerikan bikin nggak bisa tidur semaleman kalau habis nonton filmnya. Namun ternyata, ada film horror yang tak kalah seramnya dan konon merupakan film horror pertama di Indonesia!

Pada 1941, The Teng Chun membuat Tengkorak Hidoep yang mengisahkan petualangan ke pulau angker bernama pulau Mustika, yang menceritakan para tokohnya yang melakukan perjalanannya ke sebuah pulau, dan dihantui.

Tengkorak Hidoep banyak disebut-sebut sebagai film horor Indonesia pertama. Dari catatan Tempo, film ini terpengaruh petualangan eksotis ke rimba belantara ala film Tarzan dengan bintangnya yang populer saat itu. Kisah ekspedisi ke pulau Mustika ini akhirnya menemui suku liar yang tetuanya bisa menjelma jadi jerangkong.
Bukan Suzanna, Inilah Film Horor Pertama Di Indonesia. Agan Pernah Nonton?
Film hitam putih ini ditulis, direkam, dan disutradarai Tan Tjoei Hock, dan diproduseri The Teng Chun dari Java Industrial Film. Ini merupakan film terakhir yang disutradarai Tan. Film ini dibintangi Tan Tjeng Bok, Moh Mochtar, Misnahati, dan Bissu.

Namun sayangnya film yang tergolong psychological horror ini tak sesuai dengan harapan dalam hal penjualan, sehingga film ini seolah terlupakan. Baru pada 1971, munculah film genre horor berjudul 'Lisa', kemudian menyusul film Beranak Dalam Kubur yang menjual iblis yang bangkit dari kubur demi membalas dendam pada kakak yang membunuhnya untuk menguasai perkebunan milik keluarga.

Beranak Dalam Kubur merupakan film horor yang menjual arwah/setan gentayangan membalas dendam. Sub-genre horor macam ini, kemudian mulai menjamur dalam perkembangan dunia perfilman tanah air saat itu.
Bukan Suzanna, Inilah Film Horor Pertama Di Indonesia. Agan Pernah Nonton?
Sejumlah artikel, termasuk di majalah film Indonesia F dan majalah hiburan Tabloid Bintang, menulis bahwa Tengkorak Hidoep merupakan film horor pertama buatan Indonesia. Akan tetapi, sejumlah publikasi lain seperti Katalog Film Indonesia yang disusun JB Kristanto menyebut film horor psikologi Lisa (1971) sebagai film horor pertama buatan Indonesia, dalam katalog Kristanto, Tengkorak Hidoep digolongkan film petualangan.

Kamu sudah pernah nonton?
Belum nonton. Ada link-nya? Hehehe
Quote:


Seumuran sama Ngkong saya emoticon-Wow

Quote:


Yang ini seumuran sama Bokap emoticon-Wow
masih belum kemerdekaan ya hitam putih
Ane taunya Eva arnaz suhu...nice inpoh,ada link downloadnya gak? jadi penasaran
Film horor Serem gan
filmnya berdarah darah gak tuh
Quote:
coba Rafathar dibikin versi horror, dijamin bakal serem banget sampai2 bioskop sepi krn pada takut nontonemoticon-Marah
Quote:


ngeri juga, seru kayanye emoticon-Wow
tetep aje oma suzana legend nye
Sereman film jadul yg ada pocongnya itu
Ane inget gara-gara nonton itu gak berani tidur sendirianemoticon-Takut (S)