alexa-tracking

Datangi UMKM di Mojekerto, Khofifah: Brand Itu Penting

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b17c90e54c07a10688b4568/datangi-umkm-di-mojekerto-khofifah-brand-itu-penting
Datangi UMKM di Mojekerto, Khofifah: Brand Itu Penting
Datangi UMKM di Mojekerto, Khofifah: Brand Itu Penting
Calon Gubenur Jawa Timur nomer urut satu Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Mojokerto. Mantan Menteri Sosial (Mensos) ini menegaskan jika brand sangat penting untuk menunjang pemasaran.
 
Khofifah mendatangi beberapa UMKM di Mojokerto. Seperti, UMKM kerupuk di Kecamatan Gondang, UMKM sambal di Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto dan UMKM sandal di Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, belum lama ini.
 
"Kita tadi ke Pasar Pohjejer, MPS Gondang, produsen samiler dan ke sini, habis ini saya ke UKM sambal Dlanggu. Saya melihat titik-titik UMK di Mojokerto sangat mudah untuk dikluster," tuturnya.
 
Masih dari penuturan Khofifah, sebut saja di Mojokerto ada satu kampung pengrajin gerabah, batu bata dan genteng, samiler, pengrajin kuningan dan pengrajin sandal dan sepatu. Klusterisasi penting untuk bisa memberi pendampingan dan meningkatkan kualitas produksi di setiap kluster.
 
"Kemudian brand. Di industri samiler, ada 500 KK yang buat samiler tapi belum ada brand. Kami ingin ada komunal branding, yang penting ada tim yang lakukan monitoring QC disatukan dalam brand yang sama. supaya bisa bangun bargaining lebih powerfull lagi terhadap buyer dan trader," katanya.
 
Khofifah mencontohkan, kampung gerabah bisa di format desain khas Majapahit. Karena itu, bila diberi brand khusus dengan kualitas produksi lebih bagus maka produksi akan lebih efisien. Sehingga industri kecil dan menengah dengan modal kecil harus dibuat kluster.
 
"Kalau dikumpulkan akan punya kontinuitas kuantitas dan kualitas sehingga punya bargaining terhadap buyer dan trader. Hal ini penting untuk menunjang pemasaran, membuat ikon kampung tertentu, semisal gerabah. Setidaknya akan dipakai anak-anak muda selfie, bisa viral," kata ia menambahkan.
 
Menurut Khofifah, promosi dibutuhkan para pengrajin sehingga akan terbantu oleh viral di media sosial (sosmed). Khofifah melanjutkan, bisa juga pakai gapura arisitektur Majapahit ditambah ikon-ikonnya untuk UMKM tertentu.
semoga jawa timur nanti lebih baik lagi emoticon-Salaman
×