alexa-tracking

Daerah Kelabakan Bayar THR PNS

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b17c07312e257b8178b4571/daerah-kelabakan-bayar-thr-pns
Daerah Kelabakan Bayar THR PNS


SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menunjukkan ekspresi kekagetannya mengetahui tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri sipil (PNS) dibebankan pada daerah. 

Dia bahkan langsung menyatakan keberatannya dengan tanggungan beban tersebut. Apalagi, sebelumnya baik pemkot maupun DPRD Surabaya tidak pernah ada pembahasan mengenai hal ini. “Masa sih pakai APBD, aku belum terima ya. Jadi kalau pakai APBD, ya berat. Aku nggak bisa memutuskan sendiri kalau masalah ini, kan ya belum alokasikan,” ujar dia kepada wartawan di Surabaya kemarin. 

Keluhan dan kekagetan yang sama bukan hanya dirasakan Kota Surabaya, tapi juga sejumlah daerah lain di Tanah Air. Beberapa daerah yang berterus terang mengungkapkan keberatannya antara lain Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karimun, dan Pemprov Kepulauan Riau (Kepri). Kendati demikian, banyak pula daerah lain yang tidak mempersoalkan dan siap mencairkan THR. 

Daerah yang kelabakan dengan beban dana THR karena sebelumnya tidak menyediakan alokasi dana dimaksud di APBD, tapi mereka juga tidak mempunyai dana. Di sisi lain, penambahan beban THR PNS di daerah-daerah juga semakin menggerus alokasi dana pembangunan, karena selama ini alokasi belanja pegawai sudah sangat besar, bahkan ada yang mencapai 70%. 


Seperti diketahui, tahun ini besaran THR seperti termuat Peraturan Pemerintah (PP) terkait tunjangan hari raya atau THR dan gaji ke 13 untuk PNS, TNI/Polri serta pensiunan yang diumumkan Presiden Joko Widodo tidak hanya sebatas gaji pokok seperti sebelumnya, tapi juga meliputi tunjangan lain sehingga besar hampir dengan gaji. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan formulasi dana alokasi umum (DAU) untuk daerah yang di susun pada 2017 sudah mem perhitungkan pembayaran tunjangan hari raya dan gaji ke-13 pada 2018.

Dia juga menegaskan pemberian THR dan gaji ke-13 kepada PNS, anggota TNI/Polri, pensiunan PNS dan PNS daerah, bukan sesuatu yang ditetapkan secara tiba-tiba, tapi sudah dibicarakan sejak Nota Keuangan 2018 disampaikan oleh pemerintah pada 2017. 

Menindaklanjuti kebijakan baru tersebut, Mendagri dalam hal ini sudah menyebarkan surat edaran pemberian peng hasilan tambahan lewat sumber APBD melalui Surat Mendagri kepada Gubernur dengan nomor 903/3386/SJ dan kepada Bupati/Wali kota dengan nomor surat 903/3387/SJ. Dalam surat edaran itu juga disebutkan daerah yang belum menyediakan anggaran THR dan Gaji 13 dalam APBD Tahun 2018, agar segera menye dia kan anggaran. 

Ada tiga cara yai tu penggeseran anggaran yang dananya bersumber dari Belanja Tidak Terduga, penjadwalan ulang kegiatan, atau menggunakan kas yang tersedia. Pemkab Purwakarta kelabakan dengan beban tersebut dan terpaksa harus kembali memformulasikan kebutuhan anggaran pada APBD 2018. 

Purwakarta semakin kewalahan karena kebijakan tersebut muncul saat tengah merasionalisasi APBD sebesar Rp2,164 triliun terkait besarnya utang ke pihak ketiga. 

“Jika dalam penganggaran ternyata masih kurang maka perlu identifikasi kebutuhan tambahan dari kegiatan-kegiatan yang bisa ditunda pelaksanaannya hingga 2019 nanti,” ungkap Pjs Bupati Purwakarta Mohammad Taufiq Budi Santoso kemarin. 

Dari Karimun, pemerintah setempat terpaksa harus menunda rencana kegiatan lain, termasuk pembangunan sara na fisik, demi menutupi kebu tuhan THR. Bahkan, pimpinan I DPRD Karimun Azmi mengkhawatirkan APBD Karimun akan mengalami defisit.

https://ekbis.sindonews.com/read/1311937/34/daerah-kelabakan-bayar-thr-pns-1528246774

Mau beli bedak ehhh cm nyuruh orang lain yg bayarinemoticon-Wakaka
image-url-apps
suruh saja rt!
image-url-apps
Quote:


Daerah Kelabakan Bayar THR PNS
KASKUS Ads
image-url-apps
Kalo ada peresmian di daerah-daerah, walau pakai dana APBD, diklaim prestasi Jokowi.
Giliran bayar THR PNS, dibebankan ke APBD.

emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Kesannya anggaran sudah dilokasikan secara ketat ya. Apa ga ntar2 ketauan jalan2 sering. Rapat2 masih dihotel. Bahkan ada yg masih sempat nilep buat biaya pilkada berikutnya. Tp buat thr ga ada!

Atau... setelah tak pikir2 jangan2 tukinnya selama ini kegedean. Makanya sulit ngasih thr sebesar itu. 😅
image-url-apps
Katanya dananya ada emoticon-Smilie
Tinggal kerja emoticon-Smilie
image-url-apps
klo ndak bisa ya gag usah dipaksain bayar.
anggep aja belom rejeki
Pencitraan ga modal bikin SK mendadak 30 Mei
Ngurus negara kaya ngurus warung aja si NGANU
emoticon-Wakaka
image-url-apps
Rakyat harus bersabar.
image-url-apps
Dia bahkan langsung menyatakan keberatannya dengan tanggungan beban tersebut. Apalagi, sebelumnya baik pemkot maupun DPRD Surabaya tidak pernah ada pembahasan mengenai hal ini.

Dadakan kaya tahu bulat
Daerah Kelabakan Bayar THR PNS
image-url-apps
Jokowi 2 Periode !


biar pemda ga manja !


lanjutkan !
image-url-apps
Quote:


Daerah Kelabakan Bayar THR PNS
image-url-apps
Quote:


Daerah Kelabakan Bayar THR PNS

Daerah Kelabakan Bayar THR PNS

Daerah Kelabakan Bayar THR PNS

Daerah Kelabakan Bayar THR PNS
image-url-apps
Pns seimin terancam bakalan gak dapet thr ini emoticon-Kagets

ya ampun jadi orang kok goblok bgt macem loe tak. dah id japlak lg😂

image-url-apps
Quote:


image-url-apps
nasbungtaikemoticon-Wkwkwk
×