alexa-tracking

Pemerintahan Jokowi Kembangkan Wisata Pedesaan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b17b68edad770d3118b4569/pemerintahan-jokowi-kembangkan-wisata-pedesaan
Pemerintahan Jokowi Kembangkan Wisata Pedesaan
Pemerintahan Jokowi Kembangkan Wisata Pedesaan
Perubahan besar pada semangat pembangunan desa yang mulai dilakukan sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa dampak signifikan bagi desa-desa di seluruh Indonesia.
Jika sebelumnya paradigma pembangunan desa lebih fokus pada “Membangun Desa” namun kini paradigma diubah menjadi “Desa Membangun”.
Perubahan ini tentunya mengubah pola-pola lama dalam pembangunan desa, dimana jika dahulu desa hanya menjadi objek pembangunan, kini desa menjadi subjek pembangunan itu sendiri.
Hal ini membuat masyarakat desa pun menjadi memiliki peluang untuk membangun sendiri desanya sesuai keunggulan yang memang dimiliki desanya. Salah satunya ialah dari sektor pariwisata.
Indonesia yang memiliki pemandangan alam dan budaya yang terkenal indah, membuat desa-desa melirik sektor pariwisata untuk membangun perekonomian desanya.
Lewat anggaran desa yang mulai diadakan pada awal pemerintahan Presiden Jokowi, desa-desa di Indonesia pun mulai berbenah untuk membuat desanya dilirik para wisatawan.
Pariwisata ditetapkan sebagai sektor unggulan pembangunan Indonesia 2018 bersama pertanian dan perikanan. Kebijakan itu ditetapkan Presiden Joko Widodo karena pembangunan pariwisata bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat dan menghapus kemiskinan.
Pembangunan pariwisata bertujuan melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya. Memajukan kebudayaan, mengangkat citra bangsa dan memupuk rasa cinta tanah air. Memperkukuh jati diri dan kesatuan bangsa serta mempererat persahabatan antarbangsa.
Pariwisata juga punya dampak ekonomi multiguna yang signifikan bagi tumbuhnya mata rantai nilai tambah lintas skala. Terutama usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sehingga membantu penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat.
Daya tarik wisata unggulan berbasis keunikan sumber daya budaya lokal, berbasis keunikan sumber daya alam dan berbasis perpaduan keduanya, disamping itu berbasis keunikan aktivitas kreatif masyarakat dan berbasis kekhasan sumber daya alam, budaya serta kreativitas masyarakat.

Spoiler for Berita:




Sumber Berita : https://www.radarjogja.co.id/pemerin...sata-pedesaan/


BONUS