alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tjahjo Dukung Yasonna Tolak Larangan Caleg Eks Napi Korupsi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b17b41fc1cb171d328b4569/tjahjo-dukung-yasonna-tolak-larangan-caleg-eks-napi-korupsi

Tjahjo Dukung Yasonna Tolak Larangan Caleg Eks Napi Korupsi

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan satu suara dengan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk menolak draf Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pelarangan calon anggota legislatif eks narapidana kasus korupsi.

"Posisi saya pemerintah ya sama dengan dengan Pak Mekumham," kata dia, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (6/6).

Tjahjo mengatakan bahwa pertimbangan Kemenkumham menolak hal itu karena ketentuan pada UU Pemilu. Selain itu, pelarangan menjadi caleg hanya bisa dilakukan jika ada keputusan hakim mengenai pencabutan hak politik seseorang.

Meski begitu, Tjahjo mengatakan KPU memiliki kemandirian dalam membuat PKPU. Terkait adanya kemungkinan gugatan uji materi PKPU itu ke Mahkamah Agung, Tjahjo menyerahkan hal tersebut kepada masyarakat.

"Hanya apakah PKPU tidak melanggar UU? Versi PKPU kalau sudah diteken oleh KPU sah. Silakan itu hak KPU. Karena KPU, sebagaimana keputusan MK, kan mandiri.

Yang kedua, KPU dalam rangka menerbitkan PKPU harus tidak bertentangan dengan UU itu prinsip. Itu yang disepakati kami dengan Komisi II," ujar Tjahjo.

Menurut Tjahjo, Kemenkumham tidak mungkin mengajukan gugatan ke MA untuk menggugurkan PKPU tersebut.

"Jangan sampai nanti Kemenkumham justru melakukan disposisi persetujuan dan sebagainya, melanggar hukum," imbuhnya.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan HAM menyatakan dapat menolak draf PKPU yang memuat larangan mantan napi korupsi menjadi caleg untuk diundangkan.

Kemenkumham mengklaim berwenang mengembalikan draf PKPU bilamana ada ketidaksesuaian antara PKPU dengan undang-undang yang lebih tinggi.

sumur:
https://m.cnnindonesia.com/nasional/20180606121859-32-303922/tjahjo-dukung-yasonna-tolak-larangan-caleg-eks-napi-korupsi


sesama banteng harus satu suara emoticon-Traveller
Diubah oleh hantupuskom
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
diapusi ko mburi
Quote:


Maksud ente.... harus di sahkan walau melanggar uu yg lebih tinggi gan ... emoticon-Angkat Beer
Kok... manusia sekarang aneh... yg menurut aturan yg sah diributkan ... malah minta gaya feodal ... emoticon-Leh Uga
Setelah itu teriak2 Feodal... Feodal .......... kesetanan .... emoticon-Leh Uga

Cuma di indonesia mantan napi korup boleh nyaleg,nyagub,nyabup dan bukan tidak mungkin nanti ada capres di negara ini yang mantan napi korup
Memang melanggar aturan sih ini usulan kpu. Solusinya, biarkan caleg itu mendaftar. Tapi, di surat suara nanti di samping nama mereka mesti di tambahkan keterangan "bekas napi koruptor". Klo perlu saat kampanye, alat peraganya harus ada keterangan tersebut. Biar mereka berpikir ribuan kali buat nyaleg
Jalan tengah aja deh KPU... Di kertas surat suara ditulis "mantan narapidana korupsi"... Gak melanggar kan?
Quote:


emangnya pemerintah mau bikin gitu?
jgn ngarep emoticon-Traveller
sudah sejalan dari bawah sampai pucuk pemerintahan, panteslah pada diem cebong2nya.. bahkan psi yg katanya idealis jg kicep begitu bertentangan dgn banteng.
Ya wajar sesama orang pdip kok ya.
Kalau pejabat daerah yg ditangkap karna korupsi mang paling banyak dari partai mereka. Jadi kalau mereka mendukung pengasingan thdp koruptor, maka mereka akan melawan partai sendiri. Pendukungnya kan banyak tuh.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di