alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anggaran Setkab Melonjak 3 Kali Lipat Demi Rp 914 M untuk BPIP
3.67 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b17ad66de2cf2850b8b456a/anggaran-setkab-melonjak-3-kali-lipat-demi-rp-914-m-untuk-bpip

Anggaran Setkab Melonjak 3 Kali Lipat Demi Rp 914 M untuk BPIP



Jakarta - Komisi II DPR menggelar rapat kerja bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Staf Presiden Moeldoko. Rapat tersebut membahas pengajuan anggara kerja masing-masing lembaga pada tahun 2019. 

Rapat kerja digelar di Ruang Rapat Komisi II DPR, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (6/6/2018). Rapat kerja dipimpin oleh Ketua Komisi II DPR, Zainudin Amali.

Yang menarik, usulan anggaran tambahan Sekretariat Kabinet melebihi tiga kali lipat pagu indikatif. Pramono menjelaskan, kenaikan tersebut disebabkan, adanya perubahan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang telah menjadi lembaga setingkat kementerian. 

"Pagu indikatif Seskab memang mengalami kenaikan signifikan karena berkaitan dengan disahkannya BPIP sebagai lembaga setingkat kementerian melalui Keppres. Selain itu juga karena adanya penambahan empat staf khusus presiden," kata Pramono dalam raker, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Pramono menjelaskan, pagu indikatif yang disetujui oleh Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas sebesar Rp 390.264.573.000,00. Namun, dengan adanya perubahan tersebut Setkab membutuhkan tambahan anggaran Rp 966.492.082.000,00. 

"Dengan telah ditetapkan BPIP menjadi badan yang terpisah dan otonom setingkat menteri maka kami ingin meminta tambahan anggaran sebagai berikut. Untuk BPIP angkanya jauh lebih besar dari sekretariat kabinet tiga kalinya. Anggaran BPIP sebesar Rp 914 miliar," kata Pramono.

Baca juga: Gaji Fantastis, Fitra Soroti Akuntabilitas Kinerja BPIP

Pramono merinci, anggaran tambahan untuk BPIP sebesar Rp 914 miliar. Kemudian anggaran penambahan 4 staf khusus presiden Rp 20 miliar, anggaran kedeputian substansi dan deputi bidang administrasi sebesar Rp 17 miliar, dan anggaran untuk kedeputian dukungan kerja kabinet sekretariat kabinet sebesar Rp 13 miliar. 

Anggaran Setkab Melonjak 3 Kali Lipat Demi Rp 914 M untuk BPIP
Permintaan Angaran Setkab, terbesar untuk BPIP (Marlinda OE/detikcom)

Pramono mengaku, penambahan anggaran Setkab untuk BPIP tersebut sudah dibicarakan dengan Presiden Joko Widodo. Sebab, lanjutnya, BPIP merupakan lembaga pemerintah yang memiliki banyak kegiatan ke daerah-daerah dalam rangka pembinaan ideologi Pancasila.

Baca juga: Jadi Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Digaji Rp 112 Juta

"Nanti kan mengenai rincian akan dibahas secara detail antara Sekretariat Kabinet bersama BPIP bersama Mentei Keuangan dan juga DPR. Karena memang di BPIP ini kegiatannya banyak, dan ini menyangkut ideologi dan harus ke daerah-daerah, biaya transportasi yang cukup besar harus dianggarkan," kata Pramono.

Terkait penambahan anggaran Setkab yang melonjak drastis tersebut, tak ada satupun anggota maupun pimpinan Komisi II DPR yang menanyakan rincian kerja BPIP di tahun 2019. Pimpinan rapat, Zainudin Amali mengatakan, dalam raker ini hanya sebatas penyampaian pagu indikatif masing-masing kementerian. 

"Jadi, terkait dengan kenaikan anggaran kerja BPIP sebesar itu akan dibahas secara rinci dengan masing-masing direktorat. Sehingga tidak ada pendalaman apapun dalam rapat ini tadi," kata Amali. 

Sementara, Kementerian Sekretariat Negara dalam raker ini mengajukan usulan anggaran pada tahun 2019 sebesar Rp 2,33 triliun. Anggaran tersebut termasuk, usulan anggaran tambahan sebesar Rp 33 miliar. 

Rapat kemudian menyimpulkan usulan anggaran dari Setneg, Setkab dan KSP akan dipelajari secara teliti bersama. Rapat juga menyimpulkan, pagu indikatif dan usulan penambahan anggaran akan dibahas secara mendalam pada RAPBN tahun 2019. 

"Komisi II akan membahasnya terkait pengajuan penambahan anggaran kerja masing-masing kementerian lembaga secara mendalam pada rapat pembahasan RAPBN 2019 selanjutnya," tutup Amali.


(dnu/dnu)

https://m.detik.com/news/berita/4056196/anggaran-setkab-melonjak-3-kali-lipat-demi-rp-914-m-untuk-bpip

All hail Megatronemoticon-Big Grin
Kata buapakku...emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2
1 triliun cuy.....ga jelas kerjaan apaan. masalah pengajaran pancasila dan ppkn sdah diurus sama dikdasmen dan dikti
Bagi2 35 T utk THR, kasih penghasilan ratusan juta utk guardian of the Pancasila,anggaran BPIP hampir 1T.....Indo negara kayaemoticon-Big Grin

Utang makin meroketemoticon-Big Grin
Diubah oleh banyakmikir
demi 2019, cara apapun dilakuin emoticon-Traveller
KEREENNN NASTAK DAPAT BERAPA YA??
Quote:


Si cantik emoticon-Cendol (S)

Anggaran Setkab Melonjak 3 Kali Lipat Demi Rp 914 M untuk BPIP
Tambah lgi toh emoticon-Big Grin
Terguncyang ane emoticon-Big Grin
negara sebelah rakyatnya patungan bwt bayar hutang.

di sini uang rakyat bwt ... ....,, ah sudahah..
Quote:


coba tanya lgsg ke org dpt jatah, ada tuh di BP
kurang banyak tuh gajinya.
biar 2030 segera bubar!
emoticon-Blue Guy Bata (L)
nuwun jok

Anggaran Setkab Melonjak 3 Kali Lipat Demi Rp 914 M untuk BPIP
Ongkang ongkang kaki cengangas cenges biaya nya puluhan miliar. Anjriiit🤔
Cebong kaskus cuma dapat PULSA
emoticon-Wakaka

Bong cebong buat makan aja harus sampai gadein OTAK
KASIHAN amat loe bong
emoticon-Wakaka
Diubah oleh bebekberbulu
wow gede juga ya .
BADAN LUCU2AN TUKANG BIKIN LOMBA MEME DAPET RATUSAN M?? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

keLen kalo soal rampokmerampok uang negara memang luar biasa emoticon-Recommended Selleremoticon-Recommended Seller

bentar lagi ada bilang yang ngga setuju fendukung isis emoticon-DP
Quote:


Anggaran Setkab Melonjak 3 Kali Lipat Demi Rp 914 M untuk BPIP

Doktor wajar dpt penghasilan meroketemoticon-Big Grin
ini akibat megatron

emoticon-Ngakak
Buset, mending duitnya buat cetak buku nilai2 pancasila yg bagus (dibikin kayak komik) terus dibagiin gratis ke sekolah2...
Yg disini gimmicknya Pancasila
Yg disana gimmicknya Agama

2019 bakal jadi momen tak terlupakan deh keknya ( TДT)
Quote:


"Bukan Urusan saya" emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Makin meroket gan emoticon-Imlek

Anggaran Setkab Melonjak 3 Kali Lipat Demi Rp 914 M untuk BPIP
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di