alexa-tracking

Dicemooh Iran via Twitter, Israel Balas dengan Meme

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b17a0b6a09a399c358b4581/dicemooh-iran-via-twitter-israel-balas-dengan-meme
Dicemooh Iran via Twitter, Israel Balas dengan Meme
Dicemooh Iran via Twitter, Israel Balas dengan Meme

Permusuhan antara Iran dan Israel bukan sebuah rahasia lagi. Keduanya saling beradu kekuatan dengan beragam cara, termasuk di dunia maya. Ini seperti yang ditunjukkan oleh kedua pihak di Twitter pada Senin lalu (4/6).


1. Ayatollah Khamenei mengirim cuitan berisi kebencian kepada Israel
Dicemooh Iran via Twitter, Israel Balas dengan Meme
Saling lempar cemoohan di Twitter sudah menjadi hal kian wajar dilakukan oleh beberapa tokoh penting dunia. Salah satunya adalah pemimpin Islam di Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Melalui akun Twitter pribadinya, Khamenei menyerang Israel dengan sebutan "tumor jahat yang seperti kanker". Khamenei bahkan memakai tambahan tanda pagar sebelum kata Israel.

Ia menulis,"Pendirian kami terhadap Israel adalah pendirian yang sama yang selalu kami ambil. #Israel adalah sebuah tumor jahat yang seperti kanker di wilayah Asia Barat yang harus segera diangkat dan dihabisi: ini mungkin dan ini akan terjadi."


2. Israel membalas dengan gif dari film Mean Girls
Dicemooh Iran via Twitter, Israel Balas dengan Meme
Tak berapa lama setelah itu, akun Twitter milik kedutaan besar Israel di Amerika Serikat membalas cuitan Khamenei. Bukan dengan kalimat keras, melainkan dengan gif Regina George dari film Mean Girls.

Gif tersebut memperlihatkan reaksi tengil George, diperankan oleh Rachel McAdams, sedang bertanya: "Kenapa kamu sangat terobesesi denganku?” Cuitan itu pun viral dan dikomentari oleh lebih dari 25.000 akun.


3. Balasan Israel untuk memprovokoasi dengan cara yang tak terduga
Dicemooh Iran via Twitter, Israel Balas dengan Meme
Apa yang diperlihatkan oleh Israel melalui Twitter mengundang rasa penasaran warganet. Pasalnya, respons seperti itu tidak pernah ditunjukkan oleh negara dalam menyikapi sebuah pesan bernada keras.

Menurut Corneliu Bjola, seorang profesor Ilmu Diplomasi dari University of Oxford, Israel bertujuan untuk "menangkis tantangan terhadap narasimu dengan cara yang membuat tetap positif di mata publik".

Lebih lanjut, ia berkata kepada The Independent: "Dalam medium digital, meme dipakai untuk membuyarkan pesan dari 'lawan' mungkin karena kamu tak punya fakta untuk membantahnya (seperti yang ditunjukkan Rusia) atau pesan tersebut sangat keras sampai respons berdasarkan fakta takkan efektif (seperti di kasus cuitan Iran)."

Ia juga menyebut bahwa tujuan Israel memakai gif adalah "untuk memprovokasi dan mengubah pembicaraan dengan cara yang meminimalisir protes online". Selain itu, Bjola menganggap pemilihan gif itu sendiri menarik sebab Israel memakai "meme perempuan untuk bereaksi terhadap cuitan Ayatollah Khamenei".


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---