alexa-tracking

Cerita Nadine Chandrawinata Kelola Sampah di Rumah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1796dd5a5163cd1f8b456f/cerita-nadine-chandrawinata-kelola-sampah-di-rumah
Cerita Nadine Chandrawinata Kelola Sampah di Rumah
Cerita Nadine Chandrawinata Kelola Sampah di Rumah

Jakarta, IDN Times – Masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana caranya mengelola sampah yang benar, sehingga tetap bisa menjaga lingkungan dengan baik. Sebagai pegiat lingkungan, Nadine Chandrawinata sangat concern terhadap masalah sampah yang kerap merusak lingkungan itu sendiri. Sehingga, wanita kelahiran 8 Mei 1984 ini pun tips mengelola sampah, terutama di rumah.


1. Memisahkan jenis-jenis sampah yang ada
Cerita Nadine Chandrawinata Kelola Sampah di Rumah
Dalam acara peluncuran gerakan #BijakBerplastik di Hotel Raffles, Jakarta, Nadine menjelaskan caranya mengelola sampah di rumah yakni dengan memisahkan antara sampah organik dan non-organik. Selain itu, tempat sampah yang digunakan juga tidak dilapisi dengan plastik untuk mengurangi penggunaan plastik itu sendiri.

“Kalau di rumah itu, aku pisahkan antara sampah organik dan sampah non-organik. Jadi sampah-sampah yang di rumah itu bisa langsung masuk ke sampah besar yang ada di luar. Jadi bisa langsung memindahkan sampah kecil-kecil di dalam rumah keluar.

Satu lagi, yang mungkin agak sulit dilakukan itu adalah tidak melapisi tempat sampah dengan kantong plastik. Karena pasti sehabis dari supermarket ada plastik belanjaan, maunya digunakan untuk melapisi tempat sampah, jadi di rumah saya biasakan tidak,” jelasnya.


2. Mengedukasi anggota keluarga lainnya tentang sampah
Cerita Nadine Chandrawinata Kelola Sampah di Rumah
Selain konsisten menerapkan pengelolaan sampah dengan memisahkan jenis-jenis sampah itu sendiri, Nadine juga mencoba untuk mengedukasi anggota keluarganya yang lain agar lebih peduli dengan sampah.

“Biasanya kalau keponakan datang ke rumah, mereka makan dan makanan itu menghasilkan sampah, saya selalu memintanya untuk membersihkan sendiri. Supaya mereka sadar berapa banyak sampah yang dihasilkan. Jadi supaya mereka juga tidak membuang sampah sembarangan,” ucapnya. 


3. Kerap membawa tong sampah saat menyelam
Cerita Nadine Chandrawinata Kelola Sampah di Rumah
Nadine yang memiliki hobi menyelam ini mengaku sedih melihat lingkungan yang seharusnya dijaga harus dirusak dengan adanya sampah yang tidak dikelola dengan baik. Bahkan saat sedang melakukan hobinya tersebut, Nadine kerap kali membawa kantong sampah sendiri untuk mengumpulkan sampah-sampah yang ditemukannya di laut.

“Indonesia sebagai negara penghasil sampah terbesar itu bukan hal yang membanggakan. Saat menyelam, saya suka menemukan sampai plastik yang sulit terurai dan kadang bawa kantong sampah sendiri, sambil memgambil sampah-sampah yang nyangkut. Berenang di kanan dan kiri itu sampah, rasanya tidak enak,” katanya.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Cerita Nadine Chandrawinata Kelola Sampah di Rumah Perancang Busana Kate Spade Ditemukan Tewas Gantung Diri di Rumahnya

- Cerita Nadine Chandrawinata Kelola Sampah di Rumah Ledakan Tambang, 25 Pekerja Terperangkap Dalam Tanah

- Cerita Nadine Chandrawinata Kelola Sampah di Rumah Pilot Pesawat Tempur Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India