alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lippo Karawaci terbitkan obligasi US$ 75 juta untuk refinancing
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1794cf9e7404fe3e8b4568/lippo-karawaci-terbitkan-obligasi-us-75-juta-untuk-refinancing

Lippo Karawaci terbitkan obligasi US$ 75 juta untuk refinancing

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) segera menerbitkan obligasi senior atau senior note dalam mata uang dollar Amerika Serikat (AS) sebesar US$ 75 juta dengan tingkat bunga sebesar 9,625% yang akan jatuh tempo tahun 2020.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (5/6), obligasi ini diterbitkan oleh anak usaha LPKR, yakni Theta Capital Pte Ltd, yang berada di Singapura dengan skema penawaran private placement. LPKR telah menandatangani subscription agreement dengan Deutsche Bank AG Singapura selaku agen penempatan dan beberapa investor yang memenuhi persyaratan mengambil bagian.

Lippo Karawaci akan menggunakan seluruh dana hasil penerbitan obligasi ini untuk refinancing atau pembayaran utang. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Direktur LPKR, Ketut Budi Wijaya seusai penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Selasa (5/6). Ia mengatakan, obligasi ini sudah diterbitkan dan sudah closing.

Sebelumnya, dalam prospektus disebutkan bahwa dari penerbitan obligasi tersebut hanya sebesar US$ 52 juta yang akan digunakan untuk refinancing. Namun Ketut menegaskan bahwa seluruh dana tersebut akan digunakan untuk refinancing.

Artinya, sejak hari Selasa LPKR telah mendapatkan dana segar sebesar US$ 75 juta atau ekuivalen sebesar Rp 1,04 triliun berdasarkan perhitungan dengan menggunakan nilai tukar hari Selasa pukul 18.30 WIB, yakni sebesar Rp 13.874. Namun, agaknya jumlah sebesar Rp 1,04 triliun tersebut masih kurang jika mempertimbangkan utang LPKR.

Jika menilik laporan keuangan perusahaan kuartal I/2018, terlihat utang usaha perusahaan mencapai Rp 1,18 triliun serta utang bank jangka pendek yang mencapai Rp 1,34 triliun. Secara total liabilitas jangka pendek perusahaan, termasuk utang dan kewajiban-kewajiban lain, mencapai Rp 8,88 triliun.

Selain itu, utang LPKR yang sudah disebutkan baru sebatas utang usaha dan utang jangka pendek dalam mata uang rupiah. Sementara, perusahaan juga memiliki sejumlah utang dalam mata uang asing dengan jumlah total jika dirupiahkan ekuivalen dengan Rp 13,03 triliun.

Strategi LPKR dalam memenuhi pendanaan serta untuk pembayaran kewajiban, Ketut mengatakan bahwa pihaknya akan berfokus pada light asset atau pengurangan aset melalui skema Dana Investasi Real Estate (DIRE), yang ditangani oleh anak usaha perusahaan, yaitu Lippo Malls Indonesia Retail Trust.

"Ada satu aset mall yang tengah kami siapkan, tapi tidak bisa kami disclose nama mall serta nilainya. Sebab, saat ini masih dalam tahap assessment. Kami targetkan kuartal IV sudah selesai," kata Ketut, Selasa (5/6).

Sebelumnya LPKR juga telah memasukkan dua asetnya ke instrumen DIRE tahun lalu, yakni Lippo Mall Jogja dan Siloam Hospital Jogja.

Arus kas perusahaan diakui Ketut tergolong kurang saat ini dan dengan pembayaran pokok utang yang cukup besar, maka LPKR menempuh cara memasukkan aset ke dalam DIRE serta penerbitan obligasi untuk memenuhi kebutuhan pendanaan.

https://investasi.kontan.co.id/news/...uk-refinancing

terbitkan gan
Urutan Terlama
obligasinya beli di mana dan bagaimana? emoticon-Betty
Trid macam apa pulak ini bah emoticon-DP
Quote:


beli pake duit gan
Gara2 meikartok. Kacau semua emoticon-Big Grin
Jadi ini maksudnya menerbitkan utang baru untuk menutupi kewajiban utang yg akan jatuh tempo? Gali lubang tutup lubang kah?
bunganya 19 prosen aja ane tetep ogah emoticon-Big Grin
bisa bayar pake Go Pay gak ? emoticon-Cool
Quote:


knp?krn group lippo? emoticon-Ngakak (S)
Ngeri ini mah..

Mall doi yg paling sukses aja udah beralih tangan padahal di markas besarnya sendiri, mo taruh dimana tuh muka JR emoticon-Wink
usaha umroh aja gak pakai utang2an
Beli obligasi dapet ape ? Saham atau duitnya berbunga ...
Kurang paham emoticon-Bingung
tanda tanda pailitkah?
Quote:


kemang village masih dia punya gan, luar biasa luas itu dan lokasinya strategis
Quote:


BETUL!

2020 default, abis itu file bankruptcy

ini obligasi harapan terakhir, tapi gue rasa 2 taon terlalu singkat buat benerin struktur finance dia, apalagi 2019 iklim politik indo bakal diguncang dahsyat,

tebakan gue sih 2019 akhir kalo kadal-kadal cukong mengleng yang janjiin dana investasi kagak cairin duitnya, lipo bakal mulai jual2in aset nya, obral-obral...
Quote:


iya gan, berbunga semacam ORI begitu ..
tapi bunga 19% itu tandanya perusahaan penerbitnya sedang desperate banget
walaupun yang namanya obligasi lebih aman dibandingkan tabungan emoticon-Entahlah

Diatas 9%?
Gede juga ya. Pdhl rating indonesia udah bagus.
Berarti rating perusahaannya yang lg jeblok nih
Quote:


Nice inpo emoticon-Angkat Beer
Ciri-ciri Jalan menuju kejatuhan...

Kejebak Meikatrok...


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di