alexa-tracking

Darah Tinggi Bukan Halangan dalam Menjalankan Ibadah Ramadan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b178a08dcd770c86b8b4569/darah-tinggi-bukan-halangan-dalam-menjalankan-ibadah-ramadan
Darah Tinggi Bukan Halangan dalam Menjalankan Ibadah Ramadan
Darah tinggi (hipertensi), mengonsumsi obat tepat waktu dan mengamati tindakan pencegahan dasar dapat membantu pasien tekanan darah tinggi untuk melewati puasa ramadhan secara aman.


Setiap bulan ramadhan banyak orang baru yang didiagnosis menderita diabetes dan darah tinggi (hipertensi), dikarenakan asupan makanan yang tidak terkontrol dan juga waktu istirahat yang tidak terjadwal.

Akan tetapi menjalankan ibadah puasa ramadhan adalah hal wajib dan sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia . Terlepas dari itu perlunya penderita darah tinggi (hipertensi) menyadari kebutuhan yang diperlukan saat puasa bagi mereka.

Dengan rutinitas pengobatan yang tepat dan tindakan pencegahan yang tepat, pasien tekanan darah tinggi dapat dengan aman menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Tetapi pertama-tama mereka harus berkonsultasi dengan dokter mereka. penelitian hingga saat ini menunjukkan bahwa orang dengan hipertensi ringan hingga sedang, yang stabil dan terkontrol dengan baik cukup dengan  obat anti hipertensi oral diberikan satu atau dua kali. [sehari], biasanya bisa cepat menurunkan kadar darah tanpa masalah besar.

Namun, mereka dengan hipertensi yang tidak terkontrol atau rejimen kompleks yang melibatkan banyak obat yang diambil sepanjang hari harus menahan diri dari puasa karena itu merupakan ancaman kesehatan utama.
Sangat Penting bagi penderita darah tinggi untuk memeriksa tekanan darah mereka di pagi hari setelah salat Subuh, dan sebelum berbuka puasa dan, jika mereka menemukan itu di luar batas normal, mereka perlu minum obat. Butuh beberapa waktu bagi pasien untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas baru dan sampai saat itu mereka perlu berhati-hati.
Perubahan rutinitas di Ramadhan mengharuskan kita melihat bagaimana hal itu memengaruhi tubuh. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan perencanaan makan Anda benar, Perubahan dalam kebiasaan makan dan tidur dapat membuat tubuh berada di bawah tekanan luar biasa, Jadwalkan dan rencanakan makanan sebelumnya untuk memastikan Anda dapat mengambil semua nutrisi yang diperlukan. Tetap terhidrasi, dan istirahatlah dengan baik.

Ini penting, bagi orang-orang dengan tekanan darah tinggi untuk berkonsultasi dengan dokter mereka dan menjadwalkan obat mereka untuk diminum dua kali sehari, sekali saat sahur dan sekali saat berbuka. Namun, sistem ini terbuka untuk berubah, tergantung pada kebutuhan individu pasien. 

Selalu memonitor perkembangan tekanan darah anda dari waktu ke waktu dengan +hubsehat menjadikan metode terbaik dalam mengkontrol tekanan darah bagi penderita darah tinggi.

Aturan penting lainnya, adalah tidak pernah melewatkan pengobatan dalam keadaan apa pun. Dan sangat disarankan bahwa penderita darah tinggi[hipertensi] melakukan beberapa latihan fisik setiap hari, shalat tarawih bisa menjadi opsi latihan fisik ringan yang di lakukan setiap harinnya..


Aspek penting adalah hidrasi. Pasien hipertensi perlu berhati-hati karena kekurangan cairan dapat membuat darah mereka lebih tebal dan lebih rentan terhadap pembentukan gumpalan. Salah satu indikator utama dari hidrasi yang buruk adalah timbulnya sakit kepala yang parah yang berbatasan dengan migrain.

Sakit kepala yang berkaitan dengan hipertensi hanya terjadi jika tekanan darah meningkat menjadi lebih dari 180 sistolik. Sakit kepala ini jarang terjadi tetapi lakukan monitor tekanan darah Anda dengan+hubsehat selama Ramadan dan konsultasikan dengan dokter Anda dua sampai tiga minggu sebelum menyesuaikan obat Anda menjadikan langkah terbaik dalam mengatasi darah tinggi (hipertensi) di bulan ramadhan.


Jika ada fluktuasi tingkat tekanan darah selama Ramadhan, jangan tunda mencari saran medis, Beberapa orang mungkin juga mengalami peningkatan sakit kepala kronis mereka seperti migrain, hal ini desebakan penarikan kafein, hipoglikemia [gula darah rendah], dehidrasi dan stres puasa. Sakit kepala biasanya mulai sekitar sore hari dan menjadi lebih buruk pada malam hari.
Darah Tinggi Bukan Halangan dalam Menjalankan Ibadah Ramadan
Pedoman Ramadhan untuk pasien hipertensi
  • Konsultasikan dengan dokter Anda dan sesuaikan obat Anda sehingga Anda dapat memiliki dua dosis sehari-hari di sahur dan satu lagi saat berbuka puasa.
  • Kurangi asupan kafein.
  • Minum satu cangkir teh atau kopi yang kuat saat sahur untuk mencegah sakit kepala.
  • Mengkonsumsi makanan rendah gula dan serat larut saat sahur akan membantu mencegah sakit kepala yang berhubungan dengan hipoglikemia.
  • Pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air di antara Iftar dan sahur dan berbuka puasa dengan minuman yang menyegarkan.
  • Dapatkan tidur yang cukup di malam hari.
  • Hindari paparan berlebihan terhadap matahari. Istirahat sebanyak yang Anda bisa, jangan ambil stres ekstra selama jam-jam puasa.
  • Periksa tekanan darah Anda setelah sahur, sekali di siang hari dan sekali saat berbuka puasa dan simpan semua hasilnya dalam aplikasi +hubsehat sebagai monitoring pribadi anda waktu ke waktu
  • lakukan latihan ringan hingga sedang seperti shalat tarawih setelah berbuka puasa dan sebelum makan malam.

×