alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
PKH dan BPNT Bisa Turunkan Angka Kemisinan Hingga 1,91 Persen
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1783ba9e7404ec348b4570/pkh-dan-bpnt-bisa-turunkan-angka-kemisinan-hingga-191-persen

PKH dan BPNT Bisa Turunkan Angka Kemisinan Hingga 1,91 Persen

PKH dan BPNT Bisa Turunkan Angka Kemisinan Hingga 1,91 Persen

JPP JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) yang dikombinasikan dengan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dapat menurunkan tingkat kemiskinan hingga 1,91 persen sehingga angka kemiskinan bisa dibawah 10 persen.

"Dengan asumsi tepat sasaran, kombinasi bantuan PKH dan BPNT dapat menurunkan tingkat kemiskinan lebih rendah lagi hingga 1,91 persen," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat di Jakarta, Rabu (06/06/2018).

Harry Hikmat menjelaskan, ada beberapa skenario PKH yang diharapkan dampaknya semakin signifikan. Pertama, PKH diberikan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) serta BPNT kepada 15,6 juta KPM.

Skenario kedua, PKH diberikan kepada 14 juta KPM beserta BPNT kepada 15,6 juta KPM dan skenario ketiga, PKH diberikan kepada 15,6 juta KPM dan BPNT kepada 15,6 juta KPM.

Kombinasi BPNT dan PKH dengan mekanisme non-flat memberikan dampak yang lebih tinggi terhadap kemiskinan dan gini rasio (kesenjangan), yaitu bisa menurun hingga 1,86 persen pada skenario pertama, 1,91 persen dengan skenario kedua dan skenario ketiga.

Sementara perluasan cakupan PKH di atas 14 juta KPM hanya memberikan dampak terhadap gini rasio.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2017 jumlah penduduk miskin di Indonesia masih mencapai 26,58 juta jiwa atau masih 10,12 persen.

PKH menjadi program prioritas nasional karena mempunyai dampak langsung terhadap pengurangan kemiskinan dan kesenjangan. Juga meningkatkan daya beli masyarakat yang kurang mampu.

PKH juga telah terbukti menjadi program bantuan sosial yang mendorong kreativitas dalam meningkatkan produktivitasnya serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keluarga.

Saat ini PKH menjangkau 10 juta KPM dimana jumlah tersebut meningkat dibandingkan 2017 yang menjangkau enam juta KPM. Tercatat juga sebanyak 1,5 juta KPM telah keluar dari kepesertaan PKH secara mandiri karena tingkat ekonominya menjadi lebih baik.(ant/sos)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...ga-1-91-persen

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- PKH dan BPNT Bisa Turunkan Angka Kemisinan Hingga 1,91 Persen Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik

- PKH dan BPNT Bisa Turunkan Angka Kemisinan Hingga 1,91 Persen Gandeng IPB, Kementerian BUMN Kembangkan Mekaar

- PKH dan BPNT Bisa Turunkan Angka Kemisinan Hingga 1,91 Persen Kementerian PUPR Berbagi Tips Mudik Nyaman dan Aman

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di