alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Yasonna Tuding Cara KPU tak Baik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b177b39d675d483448b456b/yasonna-tuding-cara-kpu-tak-baik

Yasonna Tuding Cara KPU tak Baik

Yasonna Tuding Cara KPU tak Baik

Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum-HAM) Yasonna Laoly menilai larangan mantan narapidana korupsi maju sebagai calon legislatif dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tidak menempuh jalan yang benar. Ia kukuh menolak menandatangani PKPU tersebut.


'Saya selalu mengatakan tujuan yang baik harus dilakukan dengan cara yang baik, cara yang benar. Jadi ini sudah tahu aturannya jelas, sengaja kita tabrak,' kata Yasonna di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jalan Raya Kalibata, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, 6 Juni 2018. 


Terlepas dari itu, ia mengakui, tujuan KPU membuat larangan eks koruptor nyaleg baik. Namun, kata dia, ada cara lain yang masih bisa dilakukan.


'Kalau saya sarankan, buat saja di papan kertas suara sebelum TPS itu nanti, nama caleg nomor segini nomor segini napi tipikor, napi ini, napi ini. Itu jelas,' ujar Yasonna.


(Baca juga: Menkumham Disarankan Teken PKPU dengan Catatan)


Dalam PKPU itu, Yasonna meyakini, ada dua hal yang ditabrak KPU. Yakni Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Dia bilang tata cara perundang-undangan peraturan sebuah lembaga tidak boleh lebih tinggi dari undang-undang.


'Ada dua soal misalnya pertama agak diskriminatif juga itu ketentuan, yang napi teroris tak termasuk didalamnya, apa lebih baik? Lalu, kedua kalau sudah tahu undang-undangnya janganlah kita tabrak. Ayo kita cari jalan terbaik,' tutur dia. 


Maka itu, ia bilang, akan membuat penyelarasan atas pro dan kontra PKPU tersebut. Ia mengaku sedang membangun sistem hukum yang baik, dan proses perundang-undangan yang baik sesuai aturan.


'Dengan PKPU ini, nanti ada orang yang merasa haknya sudah dihilangkan, digugatlah KPU, yang bayar negara juga lah. Misalnya saya kehilangan hak, dan ini sudah terbukti ketentuan ini sudah sengaja dibuat dan digugat lah KPU ke pengadilan. Meskipun yang bayar KPU, tapi menggunakan uang negara dari APBN,' terang Yasonna.


Dia menegaskan bukan wewenang KPU dalam menghilangkan hak seseorang dalam berpolitik. 'Dua cara menghilangkan hak seseorang, satu UU, satu lagi pencabutan pengadilan. Ada kan beberapa yang dicabut haknya. PKPU kan teknis,' pungkas Yasonna. 


(Baca juga: Ketua KPU: Polemik eks Koruptor Nyaleg Hambat Tahapan Pemilu)




Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...a-kpu-tak-baik

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Yasonna Tuding Cara KPU tak Baik Perludem: Menkumham Tak Bisa Mengoreksi Draf PKPU

- Yasonna Tuding Cara KPU tak Baik PRB Merapat ke PPP

- Yasonna Tuding Cara KPU tak Baik Wapres Dukung KPU

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Masih ingat, kan, berapa banyak anggota DPR dan DPRD kita yang telah terbukti terlibat kasus korupsi? Bahkan, di beberapa daerah seperti Provinsi Sumatera Utara dan Kota Malang, puluhan anggota legislatif terlibat kasus korupsi yang sama. Artinya, korupsi di lembaga legislatif sudah sedemikian parah!
Dengan desain peraturan yang berlaku saat ini, mantan terpidana korupsi dapat menjadi calon anggota legislatif. Oleh karena itu, usulan KPU ini sangat penting dan diperlukan.
Sayangnya, mayoritas partai politik yang tidak setuju dengan usulan KPU ini.
Kalau kamu tidak rela lembaga legislatif diisi oleh orang-orang yang sudah terbukti pernah korupsi, ayo dukung KPU agar konsisten memasukkan larangan mantan terpidana korupsi dalam PKPU Pencalonan.
Mari memberikan contoh kepada generasi muda kita, bahwa korupsi tidak dibenarkan dalam perjuangan bangsa Indonesia. Oleh karenanya, koruptor dilarang mencalonkan diri. Perlu budaya malu bagi pembela korupsi. Mohon diperhatikan, demi kemajuan pendidikan pada masa yang akan datang. Terima kasihemoticon-Salam Kenal emoticon-Salam Kenal emoticon-Salam Kenal emoticon-Cendol Gan
metrotvnews memang pantas dengan gelar situs berita terbaik, mantap


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di