alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Jangan Ditiru! Ini Bahaya Memanggang Marshmallow Pakai Lava Gunung Berapi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b176874d44f9f33738b4576/jangan-ditiru-ini-bahaya-memanggang-marshmallow-pakai-lava-gunung-berapi

Jangan Ditiru! Ini Bahaya Memanggang Marshmallow Pakai Lava Gunung Berapi

Jangan Ditiru! Ini Bahaya Memanggang Marshmallow Pakai Lava Gunung Berapi

Erupsi Gunung Kilauea di negara bagian Hawaii, Amerika Serikat mengundang banyak perhatian dari masyarakat dunia. Setiap hari, kita dikejutkan dengan daya rusak dari aliran lava yang mengalir perlahan dari gunung paling aktif di gugus kepulauan Hawaii ini, meskipun letusan tersebut sejatinya telah berlangsung sejak tahun 1983.

Beruntung, aliran lava tersebut berjalan dengan sangat lambat, sehingga penduduk di kawasan tersebut bisa diungsikan sebelum bencana terjadi.

Nah, selain mengundang rasa ngeri dan decak kagum, letusan Kilaeua juga memancing rasa penasaran dari para warganet di seluruh dunia. Berbagai pertanyaan pun dilontarkan di dunia maya, sebagian besar ditujukan pada badan pemerintah yang menangani kebencanaan vulkanis di Amerika Serikat, US Geological Survey (USGS). Meskipun sebagian besar pertanyaan tersebut bersifat serius, ada juga beberapa pertanyaan nyeleneh seperti 'apakah aman jika memanggang marshmallow di atas lava?'

Dilansir dari sciencealert.com, pertanyaan gila ini pertama kali diajukan oleh pengguna Twitter Jay Furr (@jayfurr) pada tanggal 29 Mei yang lalu. Dalam tweet-nya, Jay bertanya apakah aman jika ia memanggang marshmallow di atas celah vulkanis, tempat keluarnya lava saat erupsi berlangsung.

Ia juga bertanya apakah marhsmallow yang telah dipanggang dapat mengandung racun yang berbahaya bagi manusia.

Meskipun jelas-jelas bersifat troll, pertanyaan ini tetap direspons dengan baik oleh akun twitter @USGSvolcanoes. Mereka menjelaskan bahwa hal tersebut tidak aman untuk dilakukan dan menyarankan masyarakat untuk tidak mencobanya.

Mereka juga menambahkan bahwa jika celah vulkanis tersebut mengeluarkan gas SO2 atau H2S, hasil marshmallow yang telah dipanggang juga akan terasa buruk. Selain itu, gula yang ada di hotdog juga bisa menghasilkan reaksi spektakuler (ledakan) bila bersentuhan dengan asam sulfur.

Jawaban ini rupanya tidak memuaskan Jay. Dalam tweet selanjutnya, ia justru bertanya bagaimana jika yang dipanggang adalah hot dog. Untuk cuitan yang satu ini, sepertinya USGS sudah sadar jika sedang dikerjai dan menolak untuk menjawab.

Percakapan antara Jay dan USGS ini mengundang banyak reaksi dari warganet. Ada beberapa orang yang menanggapinya dengan candaan, seperti Ken Flask (@tatersbd) yang mengaku menggunakan papan Ouija untuk menanyakan hal tersebut kepada arwah Charles Darwin. Ada juga yang merasa kesal dengan pertanyaan Jay dan menegaskan bahwa USGS memiliki tugas yang lebih penting ketimbang menanggapi troll dari warganet.

Dalam website pribadinya, Jay Furr menegaskan bahwa dirinya tidak benar-benar berniat untuk memanggang marshmallow atau hot dog di atas celah vulkanis Kilaeua. Ia mengaku hanya bercandaa saat melontarkan pertanyaan tersebut, tanpa menduga tweet-nya akan menjadi viral.

"Saya punya selera humor yang buruk, khususnya saat sedang bosan. Tapi biasanya hal tersebut tidak membuat saya masuk ke berita nasional," ujar Jay.

Ya, memang jiwa humor dan rasa penasaran manusia itu tidak terbatas. Namun, bukan berarti kita bisa bertanya seenaknya, khususnya ketika situasi sedang gawat, ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Jangan Ditiru! Ini Bahaya Memanggang Marshmallow Pakai Lava Gunung Berapi Letusan Gunung Kilauea Memakan Korban

- Jangan Ditiru! Ini Bahaya Memanggang Marshmallow Pakai Lava Gunung Berapi 8 Lubang Terbuka Setelah Erupsi Gunung Berapi Hawaii

- Jangan Ditiru! Ini Bahaya Memanggang Marshmallow Pakai Lava Gunung Berapi Teruntuk Para Pendaki, Ini Aturan Baru Naik Gunung di 2018

ngeri juga sih kalo beneran manggang di lahar panas gitu hehehe ane mah kaga berani


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di