alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kemenkes Gandeng Pemda Cek Kesehatan Sopir Angkutan Lebaran
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1764c11ee5df474d8b457d/kemenkes-gandeng-pemda-cek-kesehatan-sopir-angkutan-lebaran

Kemenkes Gandeng Pemda Cek Kesehatan Sopir Angkutan Lebaran

Kemenkes Gandeng Pemda Cek Kesehatan Sopir Angkutan Lebaran

JPP, JAKARTA - Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan pemerintah daerah kabupaten-kota untuk melakukan cek kesehatan pengemudi bus di 48 terminal guna memastikan kelayakan supir berkendara demi keselamatan penumpang.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menerangkan, pemeriksaan kesehatan dilakukan sejak H-10 hingga H+10 Lebaran. Menkes Nila juga mengatakan, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pemudik, pemantauan data morbiditas dan mortalitas saat arus mudik.

"Pemeriksaan itu meliputi wawancara, pemeriksaan fisik, gula darah, kadar alkohol dalam tubuh, dan kadar narkoba. Selain itu pengemudi bus juga perlu memperhatikan waktu istirahat, makan makanan yang sehat, dan lakukan peregangan saat istirahat," kata Menkes, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Menkes mengatakan, waktu istirahat dalam berkendara saat mudik dilakukan setiap dua jam untuk pengemudi roda dua, dan setiap empat jam untuk pengemudi roda empat dengan waktu rehat minimal selama 15 menit. Selain itu, Kemenkes juga menyebarluaskan informasi bagi masyarakat tentang tips mudik sehat, aman, dan selamat di berbagai media, memasang pesan kesehatan di terminal keberangkatan (Terminal Pulo Gebang, Kampung Rambutan, Kali Deres, Stasiun Senen, Gambir, Pelabuhan Tanjung Priok), bandara, dan rest area di sepanjang jalur mudik.

"Data tahun lalu, kecelakaan ini justru lebih tinggi di jalan non-tol, di Tuban dan Nganjuk, Jawa Timur. Di situ justru kita juga harus siap dalam layanan kesehatan," tambah Menkes.

Menkes Nila mengajak seluruh masyarakat bersama pemerintah untuk berpartisipasi mendukung kelancaran mudik tahun ini. "Kita bersama-sama memperhatikan keselamatan masing-masing pemudik dan menjaga kesehatan selama mudik," kata Nila. (ant)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/kesehata...gkutan-lebaran

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Kemenkes Gandeng Pemda Cek Kesehatan Sopir Angkutan Lebaran Kementerian PUPR Berbagi Tips Mudik Nyaman dan Aman

- Kemenkes Gandeng Pemda Cek Kesehatan Sopir Angkutan Lebaran Inasgoc Batasi Jumlah Panitia Pelaksana Asian Games

- Kemenkes Gandeng Pemda Cek Kesehatan Sopir Angkutan Lebaran Musim Panas di Saudi, Ini Tips untuk Kesehatan Jemaah Haji



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di