alexa-tracking

7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b175bcd60e24be3168b4573/7-hal-paling-bermakna-yang-hanya-bisa-disadari-setelah-putus-cinta
7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta
7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta

Rasanya hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami putus cinta. Tidak terkecuali Kepala Agensi Pernikahan, Tamsen Fadal. Fadal ternyata pernah melalui proses perceraian yang sangat menyakitkan sehingga harus menata kembali hidupnya. Dalam bukunya yang berjudul “The New Single: Finding, Fixing, and Falling Back in Love with Yourself”, Fadal membahas tentang hal-hal apa saja yang terjadi setelah mengalami fase gagal dalam percintaan.

Yuk simak rangkuman tulisan Fadal yang mungkin bisa membantumu untuk membangun hubungan jangka panjang di masa depan nanti.


1. Ternyata gak ada hal mengerikan yang terjadi
7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta
Pada awalnya, kamu akan mengasihani diri sendiri, lalu akan merasa menderita, kamu juga akan memikirkan kembali tentang waktu yang telah dihabiskan bersama. Para cewek terutama, akan curhat tentang segalanya pada teman-teman terdekatnya. Kamu akan susah tidur saat malam dan kehilangan nafsu makan. Tetapi nanti dengan sendirinya kamu akan move on.

Tamsen berpikir bahwa 90 hari pertama setelah putus dengan seseorang adalah saat-saat yang paling sulit. Mereka akan berada dalam “survival mode.” Tamsen menyarankan untuk tidak membuat keputusan yang terburu-buru, menyingkirkan hal-hal yang menyakitimu, dan juga memperhatikan penampilan, dan kesehatanmu.


2. Ternyata kamu belum sepenuhnya mengenali diri sendiri
7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta
Saat menjalani sebuah hubungan, orang sering membuat banyak kompromi sehingga mereka lupa apa yang sebenarnya diinginkan dan siapa mereka sebenarnya. Kamu tidak ingin mengecewakan pasanganmu, sehingga kamu selalu berusaha melakukan apa yang si dia inginkan.

Nah, sekarang adalah waktu untuk melakukan apa yang benar-benar kamu sukai. Mungkin kamu tiba-tiba akan sadar bahwa style pakaian dan makeupmu sebenarnya tidak benar-benar sesuai seleramu. Mungkin juga kamu akan sadar bahwa sebenarnya kamu tidak sungguh-sungguh suka masak, namun dahulu demi si dia kamu rela belajar berbagai resep masakan.

Kamu juga mungkin baru ingat bahwa sebenarnya kamu jauh lebih mencintai pantai daripada gunung, tapi tidak pernah punya waktu liburan ke pantai hanya karena mantanmu lebih suka mengajakmu hiking ke gunung.


3. Ternyata kamu perlu waktu untuk dirimu sendiri
7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta
Tentu saja, tidak semua orang bisa pergi berlibur setelah putus cinta seperti orang-orang di film. Yang kamu butuhkan mungkin hanya mencoba resep baru atau bermeditasi di rumah. Tamsen merekomendasikan untuk "unplugged yourself". 

Ini berarti bahwa kamu harus menyingkirkan semua gadget selama satu jam dan menghabiskan waktu sendirian dalam keheningan. Ini akan memberimu kesempatan untuk bernapas dan melihat hal sekitar. Kamu nantinya akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya kamu inginkan.


4. Ternyata lebih baik single daripada merasa sendirian dalam sebuah hubungan
7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta
Salah satu alasan utama mengapa orang berpegang pada hubungan asmara adalah ketakutan mereka untuk sendirian. Ide untuk pergi ke bioskop, makan malam di kafe, dan menghabiskan akhir pekan sendirian adalah mengintimidasi dan bahkan menakutkan bagi sebagian orang. Namun faktanya, secara fisik kita tidak takut sendirian, melainkan sendirian dengan pikiran dan perasaan kita.

Menjadi single tidak sama dengan sendirian. Single itu bukan penyakit yang harus diobati. Ini hanyalah kesempatanmu untuk belajar lebih banyak tentang dirimu dan melakukan hal-hal yang kamu inginkan saat ini.


5. Ternyata untuk menemukan "orang yang tepat" kamu harus melepaskan "orang yang salah"
7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta
Jalan akan berakhir ketika tujuan telah tercapai. Hal tersebut berlaku sama untuk hubungan percintaan ketika dua orang bertemu kemudian mereka mempelajari hal baru bersama-sama, mengajarkan sesuatu satu sama lain, dan saat semua itu telah terpenuhi hubungan mulai menjadi membosankan. 

Walaupun hal ini kadang terasa menyedihkan, namun inilah yang harus kamu bayar jika ingin mencapai kematangan diri ke level selanjutnya. Sebelum memulai hubungan yang baru, pastikan urusanmu dengan si mantan telah benar-benar selesai. Jangan sampai kekasih barumu tidak memiliki tempat di hidupmu.


6. Ternyata sekarang kamu mampu melakukan banyak hal
7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta
Mungkin sebelum menjalin hubungan, dulu kamu pernah punya banyak mimpi atau ragam rencana. Dengan terjalinnya hubungan cinta tersebut, kamu mungkin jadi mempertimbangkan ulang prioritasmu tersebut. 

Namun sekarang tidak ada lagi penghalang dan pembatas bagimu. Sudah saatnya kamu menggapai mimpi-mimpimu yang sempat terbengkalai, bahkan mungkin kamu jadi punya banyak mimpi baru untuk direalisasikan.


7. Ternyata kamu harus bahagia dulu sebelum bahagia bersama orang lain
7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta
Menemukan seseorang yang dapat kamu percaya adalah hal yang luar biasa, tapi mempercayai diri sendiri adalah hal yang lebih utama. Ungkapkan semua hal yang membuatmu khawatir sehingga kamu akan merasa lebih baik, karena kamu tidak akan menemukan kekasih baru sebelum tahu apa yang sebenarnya kamu mau dan inginkan.

Jika seseorang menemukan cara untuk mengekspresikan dirinya, maka ia akan merasa lebih bahagia. Saat single, kamu tidak perlu menanyakan atau mengikuti pendapat orang lain atas baju apa yang sedang ingin dipakai. Jadi, nikmati saja waktu singlemu dengan bahagia.

Inilah saat yang tepat buatmu mengambil kesimpulan. Berterimakasihlah pada dia atas hari-hari bahagia yang dulu pernah kalian lalui, kemudian kamu harus move on.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/relati...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta Tanpa Disadari, 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Cewek Saat Pacaran

- 7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta Kamu Sendiri yang Rugi, Jangan Korbankan 5 Hal Ini Hanya Demi Cinta!

- 7 Hal Paling Bermakna yang Hanya Bisa Disadari Setelah Putus Cinta Girls, Ini 5 Keuntungan yang Kamu Dapat Saat Punya Pacar Super Sibuk!

×