alexa-tracking

Pilot Pesawat Tempur Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b175094dbd77016788b456b/pilot-pesawat-tempur-tewas-dalam-kecelakaan-pesawat-di-india
Pilot Pesawat Tempur Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India
Pilot Pesawat Tempur Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India

Ahmedabad, IDN Times - Sebuah peristiwa nahas menimpa seorang penerbang dari Angkatan Udara India. Pada Selasa (5/6/2018), seorang pilot Angkatan Udara India dinyatakan tewas pasca pesawat tempur yang dikendalikannya jatuh di dekat perbatasan Pakistan, demikian menurut penjelasan dari penjabat berwenang, seperti dilansir dari laman Hindustan Times.


1. Pesawat tempur itu tengah melakukan latihan penerbangan rutin
Pilot Pesawat Tempur Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India
Sanjay Chauchan selaku pilot pesawat tempur, yang mengalami kejadian nahas itu, tengah melakukan misi pelatihan rutin di sekitar wilayah gurun terpencil Kutch. Wilayah ini secara administratif berada di negara bagian Gujarat, demikian menurut penjelasan dari penjabat Angkatan Udara India.

"Hari ini (Selasa) pagi sebuah pesawat tempur tipe Jaguar yang sedang melakukan latihan rutin dari wilayah Jamnagar mengalami kecelakaan sekitar pukul 10.30 pagi. Pilot Sanjay Chauchan meninggal dunia akibat insiden tersebut," demikian penjelasan dari Juru Bicara Letnan Kolonel Manish Ojha.

Angkatan Udara India mengatakan bahwa Pilot Sanjay Chauchan lepas landas dari pangkalan udara di dekat distrik Jamnagar.


2. Belum ada penjelasan resmi terkait penyebab jatuhnya pesawat tempur itu.
Pilot Pesawat Tempur Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India
Pesawat tempur tipe Jaguar ini merupakan jenis pesawat tempur dengan kursi tunggal. Belum ada penjelasan resmi yang disampaikan oleh pejabat berwenang mengenai penyebab jatuhnya pesawat milik Angkatan Udara India ini.

Penyelidikan lebih lanjut baru mulai dibuka, untuk mengusut penyebab insiden nahas yang menewaskan seorang pilot Angkatan Udara India itu.

"Seorang pilot dinyatakan tewas dalam kecelakaan itu dan kami telaah memerintahkan untuk dilakukan penyelidian atas kecelakaan tersebut," demikian menurut penjelasan dari seorang penjabat Angkatan Udara India kepada AFP.


3. Angka kecelakaan pesawat tempur di India cukup tinggi
Pilot Pesawat Tempur Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India
Angka kecelakaan pesawat tempur di India tergolong cukup tinggi. Sejak tahun 2012 lalu telah lebih dari 30 tentara jatuh di India. Sebagian besar diduga oleh usia pesawat tempur yang sudah tua.

Pada bulan Maret lalu, dua pilot dinyatakan tewas saat pesawat jenis mikrolight yang mereka tumpangi jatuh di wilayah Distrik Majuli, negara bagian Assam.

Selanjutnya, pada bulan April yang lalu sebuah helikopter tipe Mi-17 jatuh di wilayah Kedarath yang melukai enam orang.

Pada 23 Mei yang lalu. sebuah pesawat tempur milik Angkatan Udara India juga mengalami kecelakaan di wilayah Jammu dan Puncak Natha yang ada di Kashmir. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Selama tiga dasawarsa terakhir, lebih dari 170 pilot Angkatan Udara dinyatakan tewas dalam kecelakaan pesawat tempur. Sebagian besar kecelakaan pesawat tempur itu melibatkan jenis pesawat tempur generasi Soviet MiG yang sudah cukup tua usianya.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Pilot Pesawat Tempur Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India Perancang Busana Kate Spade Ditemukan Tewas Gantung Diri di Rumahnya

- Pilot Pesawat Tempur Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India Ledakan Tambang, 25 Pekerja Terperangkap Dalam Tanah

- Pilot Pesawat Tempur Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di India 5 Pemain Termuda yang Bermain di Piala Dunia Rusia 2018

×