alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
Pelibatan Pilot TNI AU dalam penerbangan sipil
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b174780dbd770c55a8b4568/pelibatan-pilot-tni-au-dalam-penerbangan-sipil

Pelibatan Pilot TNI AU dalam penerbangan sipil

https://ekonomi.kompas.com/read/2018...ot-garuda-tak.

Bukannya dari dulu sudah banyak ya gan..? kenapa sekarang baru ramai ya..??
kalo pindah ke sipil berarti, dah selesai tho dinas militernya..??
atau karena kebutuhan yang mepet? sehingga sampai ada MOU seperti itu...yang mana menurut pendapat newbie berarti mengesampingkan UU TNI...

sekalian tanya donk gan, rata2 pilot yang dikaryakan di penerbangan sipil, adakah yang eks rotary wing..? atau fixed wing semua.?
Urutan Terlama
Pencitraan dari TNI. Itu artikel Kompas yang kamu kutip bahasannya lumayan.

Pesawat terbang itu lebih rewel daripada motor dan mobil. Kamu kalau sudah biasa naik Mio kalau disuruh nyetir Beat nggak masalah. Supir Isuzu Panther kalau disuruh nyetir Avanza pertamanya pasti kagok tapi asal pelan-pelan masih bisa.

Tapi kalau di penerbangan, pilot biasa megang Herkules nggak otomatis dianggap bisa megang ATR-400. Apalagi 787-ER yang karakteristiknya beda jauh sama Herkules. Pilot harus ikut program pelatihan untuk mengenali karakteristik pesawat lain dan menyesuaikan diri, dan ini hitungannya bulanan. Habis itu harusnya magang dulu sebagai kopilot. Barusan kemudian jadi pilot utama.

Maskapai swasta senang ngambil pilot eks-militer karena mereka nggak usah dilatih dari dasar. Pengalaman sudah banyak. Jadi bisa langsung lompat ke pelatihan penyesuaian, terus jadi kopilot. Cepet, murah. Tapi tetap ada program latihannya, nggak bisa itu diskip.
Nah, di antara pilot TNI-AU yang mungkin bisa langsung jadi pengganti pilot Garuda kayaknya cuma pilot Boeing 737. Itu berapa orang? Yang lainnya nggak bisa. Ngaku bisa pun nggak boleh, karena demi keselamatan penerbangan pilot mau ngomong kayak apa kalau sertifikasi nggak ada nggak boleh megang pesawat itu.

Alternatif ada, yakni terbang pakai pesawat TNI-AU. Dengan demikian nggak perlu penyesuaian ke pesawat jet sipil milik Garuda. Jadi penerbangan, yah, pakai Hercules, C-295, CN-235, dan C-212. Tapi emang berapa sih pesawat angkut TNI-AU? Terus penumpangnya mau nggak? Garuda itu bukan budget airline. Itu flagship. Yang beli tiket Garuda itu ekspetasinya pesawat jet mulus, kursi empuk, ruang kaki lega, nyaman. Kalau terus disuruh terbang pakai Hercules emang mau?

TNI nggak usah ngurus urusan sipil. Bukan ranahnya. Kalau dipaksakan malah bikin repot.
Diubah oleh tonnyc
Emang berapa banyak pilot 737 skadron 17 dan skadron 5 yg punya rating juga di seri 500/800NG?Jumlahnya pesawatnya puluhan....
Kalo yg mogok pilot A330/B777? Apa ada gitu, pilot TNI-AU yg punya rating captain di pesawat2 tsb?
mantap
up terus gan emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah
Kayanya yg mo mogok kurang berhitung soal strategi, dinamika kelompok&organisasi.
Mungkin juga gak sempat ngintip lulusan simulator baik didalam&luar negeri.
Kalo TNI gak paham soal Pertahanan ya dari dulu udah bubar duluan gan emoticon-Big Grin
Flightnya gak banyak2 juga kok. Kalo kejadianpun bakal ada hikmahnya. Tau kalo kita surplus pilot emoticon-Smilie
kapan mau mogoknya sih, klo pas musim lebaran bisa kena getok tiu pilot yang mogok, dianggap sabotase mudik lebaran..

kasian sebenarnya garuda, sempat membaik jaman awal ER malah berantakan di akhir jaman dia, kasus beli mesin pesawat, beli 777 300 ER kgk bisa full capacity di CGK emg lelucon buat sekelas ER emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
kao aku takutnya tergoda aa gaji pilot komersil..yang ada defisit pilot militer nanti
Gak perlu.
Masalah garuda bukan masalah tni au
Tni au udah punya masalah sendiri
Quote:


Jelas dan tegas gak neko2....
Sama2 pilot komersil aja dari airbus ke boeing harus belajar lagi.

Klo dr tempur ke sipil ya bisa aja tapi harus ada training dan gak bs langsung pegang komersil yg angkut orang sipil ratusan orang
Klo ane jadi dispatcher garuda, g bakalan nge release tuh pesawat klo yg terbang g rated sesuai psawat
Mau dari militer kek, klo g rated ya g boleh terbangin

Klo sampe bneran kejadian, konyol sih klo di biarin sama DKUPPU


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di