alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[Kisah Ramadan ] Belajarlah Dari Sang Iblis !!
4.32 stars - based on 50 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b173452162ec24e3c8b4568/kisah-ramadan--belajarlah-dari-sang-iblis

[Kisah Ramadan ] Belajarlah Dari Sang Iblis !!



[Kisah Ramadan ] Belajarlah Dari Sang Iblis !!

Kisah Iblis memang menarik untuk di ikuti, untuk kalian yang berpuasa setidaknya trit tentang rohani memang jarang sekali, maklum saja di tengah mayoritas muslim yang ada di negeri ini lebih banyak mereka kaum muda lebih senang dengan trit yang unfaedah, bahkan menjurus mesum pun mendapatkan penggemar pembaca setianya.

Tapi trit rohani akan selalu dicibir dan di hindari seakan tak berguna, bahkan ada saja yang bilang jangan dakwah di kaskus, dakwah di tempat ibadah !! Masya Allah begitu kerdilkah pemikiran manusia abad ini, pantas saja nilai moral masyarakat kita selalu menurun hingga terjadinya vandalisme lingkungan merupakan hal yang biasa, tawuran dan kasus wanita hamil tanpa menikah semakin tinggi. Semua karena faktor manusia hanya mengejar nafsu, nafsu yang memang katanya di bulan Ramadan ini harus di tahan. Tapi sejujurnya alih-alih menahan nafsu malah banyak berita yang menggegerkan di layar kaca, entah itu dari kriminal hingga politik berbalut agama, bahkan kasus polemik rumah tangga dengan orang ketiga pun marak terjadi, berita gossip lebih diminati dibandingkan berita kemajuan negeri ini, naudzubillah.

Kembali lagi kedalam pembahasan tentang Iblis, setidaknya kita harus belajar dari kisah beliau. Berikut saya kutip kisahnya secara gamblang agar kalian paham.



(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah". Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan) Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya". Lalu seluruh malaikat itu bersujud semuanya, kecuali Iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir.
Allah berfirman: "Hai Iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?" Iblis berkata: "Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah". Allah berfirman: "Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk,sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan".

Iblis berkata: "Ya Tuhanku, beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan". Allah berfirman: "Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh, sampai kepada hari yang telah ditentukan waktunya (hari kiamat)". Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya,kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka.

Allah berfirman: "Maka yang benar (adalah sumpah-Ku) dan hanya kebenaran itulah yang Ku-katakan". Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahannam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya. (Shaad 38:71-85)



Subhanallah, kisah ini jelas sekali bahwa Iblis adalah mahluk surga yang mulia namun dikarenakan kesombongannya ia membangkang perintah Tuhannya.

Saking mulianya Iblis pada masa itu, dalam sebuah kitab karangan Imam al-Ghazali menyebutkan bahwa Iblis itu sesungguhnya namanya disebut sebagai al-Abid (ahli ibadah) pada langit yang pertama, lalu langit yang kedua disebut az-Zahid, kemudian langit ketiga namanya disebut al-Arif, pada langit keempat namanya adalah al-Wali, pada langit kelima namanya disebut at-Taqi, pada langit keenam namanya disebut al-Kazin, dan pada langit ketujuh namanya disebut Azazil manakala dalam Luh Mahfudz (Lauhul Mahfudz) namanya ialah Iblis.



Pelajaran Pertama, membangkang tidak mau patuh tunduk dan taat pada sang pencipta, inilah hal yang iblis lakukan dan itu sudah banyak dilakukan oleh manusia, dimana banyak perintah Tuhan sering lalai, seperti Shalat, Puasa, Zakat , Jangan Mendekati Zina, dan sebagainya.

Pelajaran Kedua, Kesombongan yang ada pada diri Iblis sering diapplikasikan oleh manusia, banyak manusia saat ini lebih perduli pada harta, tahta, dan juga berlomba-lomba menjadi penguasa dengan jalan apa saja. Ketika ia sudah memiliki semuanya timbullah sifat sombong, bahkan bisa saja merasa dirinya Tuhan yang bisa memerintah dengan tangan besi pada banyak orang. Tapi yang lebih harus waspada adalah orang yang terlihat sholeh namun terjerumus dalam sifat sombong, merasa diri paling suci diantara kaum yang lain hingga darah kaum yang lain itu halal, dan jaminan surga seakan-akan sudah menjadi miliknya sungguh inilah sosok iblis sejati yang ada dalam diri manusia. Karena Iblis adalah mahluk yang mulia di mata Tuhan karena sombong ia pun terusir dari surga.

Pelajaran Ketiga, Menghasut ini sering terjadi saat ini ketika kita menjadi iblis-iblis kecil yang suka menghasut orang lain agar bertindak di luar batas. Banyak dari manusia mengajak temannya agar berbuat dhzalim seperti korupsi berjamaah, narkoba berjamaah, tawuran berjamaah dan lainnya. Tipe menyesatkan orang lain ini adalah proyek Iblis di masa depan untuk menyesatkan manusia dari berbagai penjuru.



Itulah pelajaran yang bisa kita ambil dari sang Iblis, yang terkadang sebenarnya sifat Iblis lebih banyak melekat pada diri manusia. Kecuali orang-orang yang mukhlis, yaitu seseorang sebagaimana Hadits Nabi SAW, yaitu : “Dia beribadah kepada Allah seakan akan melihat-Nya, tapi apabila dia tidak melihat-Nya, sesungguhnya Allah melihat dia.” hingga hatinya ikhlas dan menjadi seorang yang bertakwa.

Semoga thread sederhana ini tidak sepi pengunjung, maafkan saya bila ada salah ucap dan penulisan. Untuk non muslim mohon maaf bila thread ini dianggap berdagang, yang jelas di bulan Ramadan dan mayoritas pengguna kaskus di Indonesia adalah muslim, dan tentunya semoga thread ini berfaedah bagi mereka, saran saya hendaklah kita semua jangan saling membenci bahwa hakikatnya manusia itu dari satu ciptaan yang sama yaitu Adam.

Jazakallahu khair. Monggo seruuputt dolo gan..

[Kisah Ramadan ] Belajarlah Dari Sang Iblis !!

c4punk@2018

Pemikiran Pribadi

Sumber tulisan dari

https://www.makintau.com/2014/12/kis...iblis.html?m=1




Tambahan dari Kaskuser

Quote:


Quote:


Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Quote:
Diubah oleh: c4punk1950...
Halaman 1 dari 26
Setan/iblis itu punya sifat tekun yg luar biasa
mantp gan..nih gan ane ikut diskusi dan nambahin juga

iblis dulu dikenal dgn nama azazael, dia bahkan udah ibadah kepada Allah selama 1000 tahun lamanya, dan setiap dari alam semesta ini udah pernah dia tempati buat ibadah, semua alam semesta loh, semesta ini terdiri dr berbagai galaxi, bahkan bumi kita dgn planet2 lainnya yg kita tahu cuma sebagian kecil dari semesta ini. hanya karena dia melakukan satu kesalahan, semua kebaikannya sirna..bahkan jibril sama mikail pun menangis pas liat iblis dikutuk sama Allah, yaa bayangin sndrilah, panutannya ibaratnya gtu dikutuk sama Allah. nah buat yg mau taubat, bisa cari aja asal usul iblis, niscaya bisa bikin merinding, secara kita manusia cuma dikasih umur rata2 50-60 tahunan buat ibadah sama Allah, sedangkan iblis yg sudah 1000 tahun lamanya bisa aja dikutuk sama Allah kaya gtu
yang terbaru sekarang iblis ga lagi menyuruh ke arah keburukan, tapi mengajak manusia lebih deket sama agama nahh manusia yg udah kena doktrinasi agama ternyata bisa jauh lebih menghancurkan....

jadi inget logo iniemoticon-Malu
[Kisah Ramadan ] Belajarlah Dari Sang Iblis !!
Quote:


Mmmhhh bner jg ya

Quote:


Thxs tmbahannya

Quote:


Agama yang menyimpang dari ajaran pokok, dengan doktrin khas Iblis ...ibadahnya rajin tapi sombong dan menganggap orang lain hina emoticon-Big Grin

Quote:


Astoge ...iya mirip...emoticon-Big Grin
🎤🎵🎶...kuakuiii... Kau memang manis, tapi kau belis, kau pikir kaulah segalanya...🎶🎵🎼
pekiwan dlu di trit auto hate [Kisah Ramadan ] Belajarlah Dari Sang Iblis !!
Subhanallah....jaman sekarang cara godaannya makin modern...
jangan sombong emoticon-Big Grin
mantaap nih bacaan saat puasa emoticon-Big Grin
.... maklum saja di tengah mayoritas muslim yang ada di negeri ini lebih banyak mereka kaum muda lebih senang dengan trit yang unfaedah, bahkan menjurus mesum pun mendapatkan penggemar pembaca setianya.

Tapi trit rohani akan selalu dicibir dan di hindari seakan tak berguna, bahkan ada saja yang bilang jangan dakwah di kaskus, dakwah di tempat ibadah !! Masya Allah begitu kerdilkah pemikiran manusia abad ini, pantas saja nilai moral masyarakat kita selalu menurun hingga terjadinya vandalisme lingkungan merupakan hal yang biasa ....

kata2nya pas sekali dengan bangsa ini emoticon-Big Grin
"Maaf Lahir Bathin Gan"
nice trit ni, nambah pengetahuan dan jadi lebih intropeksi diri.. intinya ga bole sombong
Quote:


Goyang mang...:goyang

Quote:


Monggo gan

Quote:


Iya gan harus tahan deh...

Quote:


Aminnn

Quote:


Monggo dibaca gan

Quote:


Sama2 gan mohon maaf lahir dan batin juga...

Quote:


Alhamdulillah kalau bermanfaat...
TS jelmaan sang iblisemoticon-Leh Uga
Quote:


astoge emoticon-Big Grin
Quote:

TSnya baek kokemoticon-Embarrassment
Quote:


Alhamdulillah kalau baik...cendol sent
di beberapa literatur filsafat, ada pendapat bahwa iblis mencintai tuhan nya dengan sangat luar biasa, kecintaan iblis ini yg membuat ia bersujud hingga beribu tahun lama nya, tapi cinta nya ini juga yg menghalangi iblis untuk sujud pada adam, ia tidak rela untuk sujud selain kepada tuhan yg begitu ia cinta,
kaya nya di filsafat klasik ada cerita gitu, tapi di ane ragu juga si, emoticon-Nyepi
Edit: ato mungkin literatur dari sufisme klasik?emoticon-Nyepi
Diubah oleh re.cozy
Quote:


tepat sekali....sufi itu memang unik emoticon-Big Grin seperti syekh Siti Jenar...
walik
Halaman 1 dari 26


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di