alexa-tracking

Menko Darmin Pusing, Presiden Minta Harga Beras Diturunkan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b172bb6dc06bdf74b8b4572/menko-darmin-pusing-presiden-minta-harga-beras-diturunkan
Menko Darmin Pusing, Presiden Minta Harga Beras Diturunkan
Menko Darmin Pusing, Presiden Minta Harga Beras Diturunkan
Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 12:47 WIB




Menko Darmin Pusing, Presiden Minta Harga Beras DiturunkanMenko bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Feby/Okezone)







JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mesti menyudahi rapat kerja nasional terkait Pelaksanaan Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH) dengan 26 Gubernur, lebih cepat. Dirinya tiba-tiba dipanggil Presiden Joko Widodo.
"Saya harus ketemu Presiden di Istana bersama Mendag dan Mentan mau ngobrol soal beras," tuturnya, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (5/6/2018).

BERITA TERKAIT+


[size={defaultattr}]

Sedikit cerita dengan para Gubernur, kata Darmin, Presiden menginginkan harga beras bisa lebih murah lagi. Di mana saat ini harga eceran tertinggi untuk beras medium sebesar Rp9.450 per kilogram.
Menko Darmin Pusing, Presiden Minta Harga Beras Diturunkan

"Sebenarnya harga beras enggak masalah, cuma Pak Presiden ingin itu di bawah HET itu, pusing saya," tuturnya.
Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa akan menurunkan harga eceran tertinggi (HET) beras kualitas medium yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp9.450 per kilogram. Rencana tersebut akan dilaksanakan pekan depan, kata Mendag di Jakarta, Jumat (1/6/2018).
Menko Darmin Pusing, Presiden Minta Harga Beras Diturunkan
Menurutnya, suplai beras saat ini sudah siap dan HET beras akan diturunkan menjadi Rp8.900 per kilogram dalam upaya pemerintah agar harga beras dapat lebih terjangkau oleh masyarakat.
"Penurunan HET beras dipastikan akan menguntungkan konsumen dengan tidak merugikan petani dan pedagang," kata Enggatiasto.
Enggartiasto menambahkan, pembelian gabah dan beras petani oleh Perum Bulog tetap akan dilakukan sesuai Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Sedangkan para pedagang juga masih akan tetap mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya, hanya mata rantai atau jalur distribusi yang dipersingkat.


(kmj)
[/size]


https://economy.okezone.com/read/201...ras-diturunkan

EKSEKUTIF ORDER SEMACAM INI JELAS JELAS MENYALAHI KAIDAH PERDAGANGAN PASAR YANG FREE DAN FAIR MARKET!
Sangat disayangkan peran pemerintah jadi campur tangan semacam ini jadi preseden buruk.
image-url-apps
Dulu sih tinggal buka keran impor
Sekarang kesandung nilai tukar
image-url-apps
Kalau pusing minum bodrex bos.
KASKUS Ads
tanam sendiri aja
image-url-apps
lho kmaren kan mapianya udah ketangkep, yg katanya mengakibatkan kerugian 400 t, kok masih mahal aja sih
kata jokowi ini tahun politik emoticon-Wakaka
image-url-apps
luar biasa kalo harga beras bisa turun tapi harga beli di lev petani minimal tetap...

image-url-apps
pokoknya turun!
atau ente yang ane turunin!

emoticon-Marah
image-url-apps
Padahal ada menteri perdagangan disitu, udah ada solusinya kalau harga mahal ya ditawar dong
image-url-apps
Beras thailand lbih murah y? . .
Coba minta mentri pertanian bndingin produktivutas padi per hektar . . .
Klo mau turunkan harga, harus tinggikan produktivitas. .
image-url-apps
Menteri disuruh mikir sendiri, kerja sendiri, cari solusi sendiri. Jika menteri tsb salah, presiden lepas tanggung jawab, kalau berhasil yg dapet credit presiden, pola spt ini menunjukkan pemimpin yg gapunya kapasitas, harusnya diarahkan tuh para menteri, solusi datangnya dari presiden sendiri kan punya tim penasehat ekonomi. Menteri bekerja atas arahan presiden.
emoticon-Traveller
Quote:


kalo ente jualan karet gelang sih terserah aja pake perdagangan pasar free dan fair market

tapi ini adalah beras
sumber makanan pokok masyarakat indonesia
pemerintah wajib menyetir arah perdagangannya.. jual beli nya memang perdagangan pasar, tapi ada batas atas dan batas bawahnya, batas atas untuk konsumen, batas bawah untuk petani.
maka diadakanlah bulog.. kalo pedagang pada nahan beras, harga naek, maka tugas nya bulog buat ngucurin beras. kalo petani panen, bulog beliin sebagian besar dengan harga standar bulog. maka beras petani pasti terserap semua.

efek lanjutannya kalo beras semakin murah, kualitas tetap sama, maka akan mengurangi pengeluaran rakyatnya, selisih duitnya bisa menaikkan daya beli.


yg jadi masalah adalah kalo pejabat bulog nya korupsi & gak bisa kerja..
petani terganggu , masyarakat terganggu, yg untung adalah tengkulak dan pejabat yg suka import beras karena fee nya besar
Makin menggila menjelang pilpres emoticon-Big Grin
Yg ngebisikin presiden siapa nih?
Quote:


Permasalahannya adalah ini negara mempersilahkan orang2nya untuk berdagang beras secara bebas.

Kalau petani kagak mau jual beras ke bulog dengan harga standar bulog, gimana? Mau dipaksa tuh petani jual dengan harga standar bulog?
Begitu juga dengan pedagang yang nahan beras, barang2nya dia ya terserah dia mau diapain tuh beras.

Kecuali pemerintah berani monopoli beras didalam negeri, hal2 diatas tentunya gak bakalan berlaku lagi.
image-url-apps
Ane kasian sm nastak, terutama divisi penerangan cabang kaskus

Hrs lembur mulu nihhh krn omongan menteri ini emoticon-Ngakak mesti lembur cari tafsiran yg pas buat counter emoticon-Ngakak

Dpt THR gak y kan mau lebaran nihh emoticon-Ngakak
image-url-apps
Baru gue mau komen sama buat jelasin ts yang missperception.

Dan hal sama dengan gula, garam etc kebutuhan dasar pokok masyarakat.

Penjelasan yang sangat bagus sekali.

Cendol meluncul, bro sync.

Noted: bukan nastak/nasbung keparat. emoticon-Big Grin

Quote:


Quote:


dimana mana harga beli bulog kepada petani itu seharusnya diatas harga beli tengkulak ke petani.
karena prinsipnya beda.. kalo tengkulak itu untung sebesar besarnya, kalo bulog itu impas aja ya gak apa2.. karena setengah kerja sosial, fungsinya menjaga harga beras stabil.
tapi jangan lupa bulog ada hitungannya. dia ga beli semua beras. paling berapa persen dari kuota nasional buat stok.
jadi otomatis kalo petani panen yg di beli bulog sesuai hitungannya aja.. sisanya ya ke tengkulak.
jadi petani logikanya pasti ngantri jual dulu ke bulog.. klo bulog udah ga beli lagi baru ke tengkulak.

negara mempersilahkan orang2nya untuk berdagang beras secara bebas itu betul.
tapi balik lagi barang yg menyangkut hajat hidup orang banyak, pemerintah berhak mengatur tarifnya. dan yg diatur adalah batasannya.. silahkan mau jual brapa asal ga lewat batasan.
makanya tawar!!!!!!!
image-url-apps
Makanya tawar dong tawar ngoahaha
image-url-apps
taon depan si joki yang turun emoticon-Ngakak
×