alexa-tracking

Pemeriksaan kelaikan bus mudik dikebut

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b172044902cfe45588b457b/pemeriksaan-kelaikan-bus-mudik-dikebut
Pemeriksaan kelaikan bus mudik dikebut
Pemeriksaan kelaikan bus mudik dikebut
Petugas mencabut tanda jalur perjalanan salah satu bus saat uji laik dan 'Ramp Check' bus angkutan untuk mudik di Terminal Cicaheum, Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/5/2018).
Arus mudik Lebaran 2018 akan dimulai dalam hitungan empat hari lagi. Mepetnya waktu tersebut ternyata belum berbanding lurus dengan kesiapan moda transportasi mudik, khususnya untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Usai melakukan pengecekan sarana dan prasarana Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur, pada Minggu (3/6/2018), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ternyata menemukan tingkat kelaikan jalan bus baru 50 persen.

"Catatan ditemui dua hari lalu, ramp check baru 50 persen. Bisa dibayangkan 50 persennya dengan kondisi yang belum atau tidak (laik jalan)," ujar Budi dalam KOMPAS.com usai menggelar rapat koordinasi lintas sektor di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Apa boleh buat, Budi hanya bisa mendesak Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk mengejar tingkat kelaikan bus minggu ini hingga minimal 80 persen.

Untuk membantu hal ini, Budi telah meminta bantuan kepada Kapolda, Kapolres, maupun Dishub untuk turut melakukan ramp check di wilayahnya masing-masing.

Budi menjelaskan, uji kelaikan bus penting dilakukan untuk memastikan seluruh perlengkapan bus dalam kondisi berfungsi sehingga aman untuk berjalan.

Uji kelaikan tersebut mencakup pemeriksaan rem, ban, lampu, penghapus air kaca (wiper), dan mesin. Selain bus, pengemudi juga harus diuji kondisinya kesehatan mental dan fisiknya sehingga siap untuk mengemudi jarak jauh.

Mantan Dirut AP II ini juga meminta kepada perusahaan otobus (PO) untuk melakukan pengecekan kelaikan dan keselamatan kendaraan. Apabila tidak dilakukan, Budi tak segan mencabut izin operasional PO tersebut.

Beberapa ciri sebuah bus disebut tidak laik jalan adalah rem tangan yang tidak berfungsi, ban yang sudah tipis karetnya, hingga perlengkapan bus yang tak lengkap.

Dalam pantauannya, bus masih menjadi salah satu moda transportasi yang digunakan masyarakat.

"Saya sempat tanyai seorang pelanggan setia bus. Dia mengatakan, kalau naik bus bisa berhenti di depan rumah, jadi tidak perlu ongkos lagi," sambungnya dalam ANTARA.

Meski masih diminati, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan jalan dari tahun 2016 hingga 2017 sejatinya menurun.

Data Kementerian Perhubungan yang diolah Lokadata Beritagar.id menunjukkan jumlah pemudik dengan angkutan jalan pada 2017 mencapai 4,2 juta dibanding tahun 2016 yang mencapai 4,4 juta pemudik.

Jumlah tersebut terbilang kalah dengan pemudik yang memilih angkutan udara sebagai alternatif perjalanan mudiknya. Terjadi peningkatan pemudik dari 4,6 juta orang pada 2016 menjadi 5,3 juta orang pada 2017.

Jumlah pemudik yang menggunakan angkutan jalan tentu saja lebih didominasi oleh pemudik dengan sepeda motor, disusul mobil, dan bus. Urutan kecelakaannya pun sama antara tiga moda transportasi tersebut.

Pada tahun 2017, Kemenhub mencatat jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor mencapai 5,14 juta (kendaraan).

Sementara, jumlah pemudik yang meninggalkan Jakarta dengan bus pada 2017 tercatat hanya 62.729 orang. Keseluruhannya diangkut menggunakan 4.321 bus yang berangkat dari tiga terminal utama; Terminal Kalideres, Kampung Rambutan, dan Pulo Gebang.

Jumlah pemudik dengan bus pada 2017 itu bahkan tak sampai setengah dari pemudik pengguna kereta yang mencapai sekitar 202.317 orang.

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus umum dan menelan korban jiwa hingga puluhan orang terjadi di jalur turunan berliku sepanjang sekitar 3 km yang dikenal dengan nama Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat.

27 orang dilaporkan meninggal dunia, 22 korban luka berat, dan 7 orang lainnya mengalami luka ringan.

Hasil penyidikan lapangan yang menerapkan sistem Traffic Accident Analysis (TAA), mengungkap kecelakaan terjadi karena kelalaian sopir bus yang bernama Premium Passion itu.

"Dia (sopir) mengerti rem mobilnya blong. Artinya ada unsur bahaya, tetapi kenapa tetap saja jalan," ujar Dirlantas Polda Jabar Kombes Prahoro Tri Wahyono, dalam laporan khas yang ditulis Beritagar.id, Rabu (28/2/2018).
Pemeriksaan kelaikan bus mudik dikebut


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-mudik-dikebut

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pemeriksaan kelaikan bus mudik dikebut JK ingin membatasi jarak mudik naik motor

- Pemeriksaan kelaikan bus mudik dikebut Sama macetnya, beda kualitas udaranya

- Pemeriksaan kelaikan bus mudik dikebut Kejaksaan jadi penghalang peradilan HAM

×