alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Begini Jokowi Sebut Kenaikan Gaji Babinsa Tak Berbau Politis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b171db6c1d770dc6b8b4568/begini-jokowi-sebut-kenaikan-gaji-babinsa-tak-berbau-politis

Begini Jokowi Sebut Kenaikan Gaji Babinsa Tak Berbau Politis

Begini Jokowi Sebut Kenaikan Gaji Babinsa Tak Berbau Politis

Rabu, 6 Juni 2018 00:42 WIB

Begini Jokowi Sebut Kenaikan Gaji Babinsa Tak Berbau Politis
Presiden Jokowi (kedua kanan) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan), Seskab Pramono Anung (tengah), Menteri Ristek Dikti M. Nasir (kiri), dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menghadiri peletakan batu pertama pembangunan UIII di Depok, 5 Juni 2018. Pembangunan UIII merupakan program pemerintah untuk mendirikan pusat peradaban Islam di Indonesia. ANTARA/Wahyu Putro A

TEMPO.CO, Jakarta -Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi mengatakan kenaikan tunjangan operasional Bintara Pembina Desa (Babinsa) tidak berbau politis. "Tidak ada," katanya di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, 5 Juni 2018.

Jokowi mengatakan TNI serta Kepolisian RI tidak berpolitik. Dia menekankan kepada aparat kedua lembaga tersebut untuk tidak memihak berdiri di salah satu kubu.


Menurut Jokowi, politik TNI dan Polri adalah politik negara. "Negara itu siapa? Rakyat. Pemerintah yang sah," ujar dia.

Jokowi mengatakan kenaikan ini diperlukan lantaran Babinsa bertugas di garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. "Terutama yang ada di daerah, di desa, di pelosok, di pinggiran. Oleh sebab itu diberikan tunjangan lebih," katanya. 


Jokowi juga sering mendengar keluhan petugas tentang rendahnya tunjangan saat dia berkunjung ke daerah.
Jokowi mengatakan tunjangan operasional Babinsa yang paling rendah akan dinaikkan dari Rp 310 ribu menjadi Rp 2,7 juta. Sementara tunjangan terbesar yang tadinya hanya Rp 1,3 juta dinaikkan menjadi Rp 3,6 juta. Kenaikan tunjangan ini mencapai 771 persen.


Babinsa akan mulai mendapat tambahan tunjangan mulai Juli 2018. Jokowi yakin mereka senang mendengar kabar ini.

Sebelumnya Jokowi juga mengumumkan kenaikan tunjangan hari raya bagi pegawai negeri sipil. Dia menambah komponen THR PNS dengan tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan penghasilan. Kebijakan itu disebut sejumlah pihak berbau politis.


Jokowi sudah mengambil ancang-ancang untuk kembali mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2019. Dia sudah mengantongi dukungan dari sejumlah partai politik.

https://nasional.tempo.co/read/10958...aUtama_Click_3


Jokowi Berharap Kinerja Babinsa Meningkat Setelah Tunjangan Naik

Selasa, 5 Juni 2018 23:00 WIB

Begini Jokowi Sebut Kenaikan Gaji Babinsa Tak Berbau Politis
Suasana buka puasa bersama di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa, 5 Juni 2018. Acara ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi serta Wakil Presiden Jusuf Kalla. TEMPO/Syafiul Hadi

TEMPO.CO, Jakarta -Presiden Joko Widodo atau Jokowi menaikkan tunjangan operasional Bintara Pembina Desa (Babinsa). Dia berharap kenaikan ini jadi pemicu aparat untuk bekerja lebih baik lagi.

"Kami berharap ada kinerja yang lebih baik, lebih kongkret, lebih bagus," kata Jokowi di acara buka bersama di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, 5 Juni 2018.


Jokowi mengatakan tunjangan operasional Babinsa yang paling rendah dinaikkan dari Rp 310 ribu menjadi Rp 2,7 juta. Sementara tunjangan terbesar yang tadinya hanya Rp 1,3 juta dinaikkan menjadi Rp 3,6 juta. Kenaikan tunjangan ini mencapai 771 persen.

Babinsa akan mulai mendapat tambahan tunjangan dimulai Juli 2018. Jokowi yakin mereka senang mendengar kabar ini.
Menurut Jokowi, kenaikan ini diperlukan lantaran Babinsa bertugas di garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. "Terutama yang ada di daerah, di desa, di pelosok, di pinggiran. Oleh sebab itu diberikan tunjangan lebih," katanya.

https://nasional.tempo.co/read/10958...tunjangan-naik


Ini Pertimbangan Sri Mulyani Akan Naikkan Tunjangan Babinsa

Rabu, 7 Februari 2018 16:53 WIB

Begini Jokowi Sebut Kenaikan Gaji Babinsa Tak Berbau Politis
Sebanyak 300 anggota bintara pembina desa (Babinsa) dari Kodim 0701 Banyumas mengikuti sosialisasi keaslian uang di Markas Kodim yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, 24 Juni 2015. Babinsa dilibatkan karena wilayah kerjanya dekat dengan masyarakat. Tempo/Aris Andrianto

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan,  pemerintah sedang mempertimbangkan menaikkan tunjangan bagi Bintara Pembina Desa (Babinsa) karena banyaknya tugas anggota TNI itu membantu berbagai program.

"Tadi dibahas mengenai Babinsa, selama ini sering membantu kementerian dan lembaga lain dalam menjalankan program-program," kata Sri Mulyani seusai rapat koordinasi di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Selasa, 6 Februari 2018.

Banyaknya tugas yang diemban Babinsa itu, menurut Sri Mulyani, seharusnya juga tercermin dari struktur insentif yang diterima mereka.

Oleh karena itu, tunjangan untuk Babinsa kemungkinan akan disesuaikan sebagaimana mereka melakukan tugas di lapangan.
"Prinsipnya, untuk tunjangan yang harus diterima Babinsa mungkin akan dibuat suatu harmonisasi sama seperti mereka yang melakukan tugas-tugas di lapangan, juga Babinkantibmas dari Polri," katanya.


Sri Mulyani menambahkan, perhitungan tunjangan juga nantinya akan mempertimbangkan lokasi dan kondisi tempat bekerja.
"Kalau ada kementerian dan lembaga  yang memang meminta bantuan, mereka lakukan maka di perhitungan beban harus tercermin. Kemudian bisa dilihat kebutuhan biaya operasional yang ada di perbatasan," katanya.


Terpisah, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada kemungkinan pemerintah melakukan penyesuaian tunjangan bagi Babinsa. Namun, ia mengaku belum mengetahui besarannya karena masih harus dihitung oleh Kementerian Keuangan.


Tunjangan Babinsa pernah diusulkan naik dari Rp 150 ribu sebulan menjadi Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta oleh Kasad Jenderal Mulyono pada 2016.

https://bisnis.tempo.co/read/1058378...jangan-babinsa


-------------------------------

Bintara Pembina Desa (BABINSA), adalah idea brilian peninggalan zaman Orde Baru di dalam menjaga keutuhan NKRI pada masa itu. Seorang BABINSA intinya adalah intelejen lapangan paling depan di wlayahnya ( satu desa kalau di Kabupaten atau satu kelurahan bila di kota) sehingga satu biji jarum jatuh pun, dia harus tahu dan segera melaporkannya bila itu terkait masalah keamanan dan ketertiban. 

Belakangan rupanya karena aspek kehidupan di masyarakat  semakin bertambah ragamnya, tanggung jawabnya tak lagi sekedar mengawasi wilayahnya dari aspek keamanan dan ketertiban semata. Tapi juga diminta memantau masalah politik, sosial, dan bahkan fenomena ekonomi yang terjadi di lingkup wilayahnya, termasuk mengawasi proyek-proyek Pemerintah yang bernilia Rp 1 miliar (minimal) dari dana Desa itu misalnya. 

Sebenarnya adalagi satu unit institusi keamanan Negara yang aktif mengawasi dan menjaga ketertiban Desa atau Kelurahan itu, yaitu Polsek. Fungsi Polsek ini juga sangat penting bagi pembinaan ketertiban di wilayahnya. Bukan tidak mungkin dengan perkembangan Tehnologi Informasi yang semakin cepat, tugas anggota Polisi yang bertugas di Polsek-polsek itu pun kelak harus bisa mengawasi pula "lalu-lintas di dunia maya" (seperti aktivitas medsos di wilayahnya yang bisa dikenali dari GPS para netter aktif di desa/kelurahannya berada). Mudah-mudahan kesejahteraan mereka juga segera diperhatikan pemerintah (baca: diberikan kenakan tunjangan khusus seperti halnya BABINSA itu)

emoticon-Hansip
Urutan Terlama
Quote:


polisi kan ada babinkantibmas, dulu ga ada, dia ngerjain kerjaannya babinsa dulu, sekarang babinsa kerjanya malah makin luas, ngurusin distribusi pupuk segala :d
Gpp,terima uangnya,jgn pilih orangnyaemoticon-Big Grin
Begini Jokowi Sebut Kenaikan Gaji Babinsa Tak Berbau Politis kebijakan suruhan sila ke lima emoticon-Big Grin
Terima uang nya, jangan pilih orangnya

emoticon-Ultah
tarif saracen bisa naik juga di proposalnya emoticon-Big Grin
kalo gak mau ada bau politis, kenapa baru sekarang naik gajinya?
emoticon-Bingung
Sibeye naikin gaji pns tiap taon selama sepuluh taon biasa aja. G pke konperensi pers sgala. Lah situ cuman babinsa doang, lainnya empat taon mmble g ngikut inflasi emoticon-Wkwkwk
Quote:


govlok babinsa itu TNI ngapain ikut pemilihan ?


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di