alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pemerintah Kaji Naskah Akademik Hari Keris Nasional
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1707f4c1d7707e558b4586/pemerintah-kaji-naskah-akademik-hari-keris-nasional

Pemerintah Kaji Naskah Akademik Hari Keris Nasional

[img][/img]

JPP, JAKARTA - Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Balitbang Kemendikbud kini tengah melakukan kajian dalam rangka mendukung penyusunan naskah akademik pengajuan Hari Keris Nasional kepada Presiden RI Joko Widodo.

Tim Peneliti yang diwakili Unggul Sudrajat menyatakan, penelitian tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung upaya baik dari masyarakat dan komunitas keris yang sangat mendambakan Hari Keris Nasional. Hal itu dilatarbelakangi oleh pengakuan dari UNESCO pada 25 November 2005 bahwa keris merupakan warisan tak benda asal Indonesia. 

"Penelitian ini merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah, khususnya Puslitjakdikbud, Balitbang Kemendikbud untuk mendukung upaya baik komunitas dan masyarakat perkerisan yang mendambakan hari keris nasional," ujar Unggul, ketika bertemu dengan Wakil Bupati Sumenep di Sumenep pada Minggu (3/6/2018).

Unggul juga menambahkan, Puslitbakdikbud Balitbang Kemendikbud memiliki harapan, upaya yang mereka lakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Baginya, jika Hari Keris Nasional dapat terwujud, maka akan dapat membantu banyak pihak, utamanya yaitu para empu dan perajin keris di Indonesia. 

"Penelitian yang kami lakukan dengan dibantu komunitas dan masyarakat sumenep sejak 2011 sampai 2016 menunjukkan bahwa keris mempunyai dampak positif yang nyata bagi masyarakat," tambah Unggul. 

Puslitjakdikbud Balitbang Kemendikbud merilis data bahwa pertumbuhan hasil produksi menunjukkan hasil positif berbarengan dengan pertumbuhan jumlah empu dan perajin keris.

Selain itu, Indonesia mengekspor keris utamanya ke negara-negara sahabat seperti Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Jumlah perajin keris terbanyak di Indonesia berada di Kabupaten Sumenep, Madura. (rri)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...keris-nasional

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Pemerintah Kaji Naskah Akademik Hari Keris Nasional Indonesia Siap Gelar Festival Panji Internasional

- Pemerintah Kaji Naskah Akademik Hari Keris Nasional Kemendikbud Petakan Kebutuhan Perumahan untuk Guru Daerah Pinggiran

- Pemerintah Kaji Naskah Akademik Hari Keris Nasional Audisi Gita Bahana Nusantara 2018 Dibuka

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di