alexa-tracking

Maraknya Penukaran Uang Jelang Lebaran, Untuk Apa Sih?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b16d71696bde6355b8b4571/maraknya-penukaran-uang-jelang-lebaran-untuk-apa-sih
icon-hot-thread
Maraknya Penukaran Uang Jelang Lebaran, Untuk Apa Sih?
Maraknya Penukaran Uang Jelang Lebaran, Untuk Apa Sih?
Tribunjateng

Setiap jelang lebaran, teutama sejak pertengahan bulan puasa, selalu marak jasa penukaran uang dengan pecahan kecil dari Rp.1.000 sampai Rp.20.000,- baik dilakukan oleh perorangan, atau oleh lembaga keuangan seperti Money Exchange dan Bank.

Secara perorangan, dalam pengamatan Ane, di Kota Banjarmasin khususnya, banyak terdapat orang yang “menjajakan penukaran uang” tersebut di dekat Lampu Merah dan di pinggir-pinggir jalan raya. Tanpa takut akan terjadinya tindak kriminal, mereka secara terbuka menawarkan uang pecahan kecil tersebut kepada para pengemudi yang melintas, dengan keuntungan antara 10-20%. Adapun lembaga/perusahaan keuangan swasta juga mengambil keuntungan sekitar 5-10%. Hanya pihak Bank yang menggratiskan jasa penukaran uang tersebut.

Mungkin kita bertanya-tanya, untuk apa masyarakat melakukan penukaran uang dengan pecahan kecil menjelang lebaran? Menurut pengamatan Ane, inilah di antara sebab masyarakat melakukan hal tersebut:


1. Ingin Lebih Banyak Berbagi

Maraknya Penukaran Uang Jelang Lebaran, Untuk Apa Sih?

Momen lebaran umumnya digunakan oleh masyarakat untuk berbagi, baik dalam bentuk zakat, infaq maupun sedekah kepada keluarga dekat, kerabat, tetangga dan masyarakat sekitarnya. Dalam pandangan mereka, semakin banyak orang yang bisa menikmati hasil pemberiannya, semakin besar pula ganjarannya. Sebagai contoh, seseorang ingin berinfak sebesar satu juta rupiah, dan uangnya dalam pecahan seratus ribu sebanyak 10 lembar. Jika tidak dipecah, maka hanya 10 orang yang bisa diberi, yang masing-masing mendapat 100 ribu rupiah. Sedangkan orang yang diberi itu bukanlah seperti toko yang menyediakan “uang kembalian”, karena hanya ingin mengasih dia 20 ribu saja misalnya. Jika dipecah menjadi nominal kecil seperti 20 ribu, maka uang satu juta itu cukup untuk 50 orang, yang mungkin semua tetangganya bisa merasakan pemberiannya.


2. Ingin Menunjukkan Kesuksesan

Ini terkhusus buat mereka yang merantau ke luar daerah. Ketika mereka mudik jelang lebaran ke kampung kelahirannya, ia ingin berbagi dengan seluruh keluarga dan tetangga dekat khususnya, walaupun hanya 10-20 ribu perorang, agar masyarakat di kampungnya menilai bahwa ia telah sukses merantau ke negeri orang. Ane kira ini bukan masalah riya, tapi lebih kepada sebagai motivasi.


3. Agar Silaturrahmi Semakin Erat

Maraknya Penukaran Uang Jelang Lebaran, Untuk Apa Sih?
Amalanbulanramadhan

Dengan berbagi kepada banyak masyarakat/tetangga sekitar serta kerabat, baik yang dekat atau jauh, meski secara nominal tidak terlalu besar, diharapkan tali silaturrahmi tetap terjalin dengan erat. Kebiasaan di kampung, jika ada satu saja tetangga yang tidak diberi, sedangkan ia tahu tetangga yang lebih jauh diberi, maka biasanya ia merasa kurang diperhatikan, sehingga tali silaturahmi akan menjadi renggang. Karena itu, diupayakan tidak ada kerabat dan tetangga yang tak dapat bagian, sehingga uang harus dipecah agar cukup untuk semua.

Lalu, udahkah GanSis tukar uang buat bagi-bagi saat Lebaran nanti? Dan jangan lupa kasih ke Ane juga, ya! emoticon-Big Grin (*)
Spoiler for Referensi:

Quote:
image-url-apps
Reservasi
image-url-apps
berbagi ke adik adik kecil gan emoticon-Big Grin
Biar pada ngerasain apa yg ane rasain dulu emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
cari receh, lols, buat bagi2 itu gans .. emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
Biasa gan, banyak bocil 2 anak sanak saudara, kalo ngga bawa sesuatu dari kita rasanya gimana gitu..

Belum lega lebaran nya emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Maraknya Penukaran Uang Jelang Lebaran, Untuk Apa Sih?
image-url-apps
ingin lebih banyak berbagai tuh bree
typo
buat di bagi ke anak kecil
Quote:


Bisa dibagikan ke anak-anak kecil agar bisa senang mereka itu. Di sini sangat penting untuk menukarkan yang baru dan asli. emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:

Yoi bro, banyak berbagi banyak rezeki.

Quote:

Buat ug dewasa kuga oke. emoticon-Big Grin

Quote:


Yup, bukan nominalnya yg bikin anak2 senang, tapi uang baru dan merasa diperhatikan.
image-url-apps
Quote:


maksud ane
di trit ente typo jadi berbagai yg nomer 1 emoticon-Big Grin
image-url-apps
buat nyawer anak kecil
image-url-apps
dah jaddi tradisi
image-url-apps
biar ngasihnya ga kebanyakan
supaya dapat uang baru ganemoticon-Leh Uga
image-url-apps
iya nich banyak bgt dipinggir jalan
image-url-apps
Mari berbagi
image-url-apps
ane udh gede jarang dikasih thr ama sodara gan
image-url-apps
Kalo bagi buat bocah2 mah kasih yg kecil aja oomm
aku belum ada tukar uang