alexa-tracking

Transaksi tunai di atas Rp 100 juta akan dilarang (2): Yang gede siap, yang kecil?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b168224c0d7704a538b4567/transaksi-tunai-di-atas-rp-100-juta-akan-dilarang-2-yang-gede-siap-yang-kecil
Transaksi tunai di atas Rp 100 juta akan dilarang (2): Yang gede siap, yang kecil?

Sebelumnya: Transaksi tunai di atas Rp 100 juta akan dilarang (1): Amunisi baru berangus korupsi

Yang Gede Sih Siap, yang Kecil Nanti Dulu
Berbekal semangat untuk menekan transaksi tunai di dalam negeri, pemerintah menyusun Rancangan Undang-Undang tentang Pembatasan Transaksi Uang Kartal (RUU PTUK). Saat ini, calon beleid itu masih menunggu paraf dari para menteri terkait untuk kemudian dikirim dan dibahas bersama DPR.

Banyak terobosan pemerintah dalam bakal undang-undang tersebut. Misalnya, membatasi transaksi tunai maksimal Rp 100 juta. Aturan main ini berlaku bagi perorangan maupun korporasi. Kalau nekad melanggar, maka ada sanksi administrasi yang menanti. Yakni, denda dan pembatalan perjanjian transaksi itu demi hukum.

“RUU ini sama sekali tidak melarang transaksi dalam jumlah berapa pun. Kelak, hanya meminta agar transaksi yang nilainya Rp 100 juta atau lebih dilakukan secara nontunai, dengan memanfaatkan layanan jasa keuangan,” kata Kiagus Ahmad Badaruddin, Kepala Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Pelaku usaha yang sering bertransaksi tunai dengan nilai di atas Rp 100 juta bakal terkena imbasnya. Danang Girindrawardana, Ketua Bidang Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) , menilai, RUU PTUK memberikan efek positif sekaligus negatif bagi kalangan pelaku usaha.

Dampak positifnya adalah, bisa meningkatkan keamanan dalam transaksi bisnis. “Transaksi nontunai di pasar akan memudahkan dan meminimalisir adanya tindak kejahatan di pasar,” sebut Danang.

Transaksi nontunai juga membuat pelaporan keuangan lebih transparan lantaran semua serba tercatat. Makanya, pengusaha sekarang lebih senang bertransaksi secara nontunai. Terlebih, saat ini perbankan pun sudah menyediakan infrastruktur yang memadai dalam mendukung transaksi tanpa uang kartal.

“Saat ini, sudah tidak ada pengusaha melakukan transaksi tunai di atas Rp 100 juta. Karena, sudah tidak efektif lagi memakai uang sebegitu banyaknya,” ungkap Danang.

Hanya memang, Danang mengakui, masih ada beberapa transaksi yang harus pelaku usaha lakukan secara tunai. Misalnya, membayar tagihan ke beberapa pemasok barang informal. “Tapi kebanyakan, nilai transaksinya di bawah Rp 100 juta,” imbuh Danang.

https://m.kontan.co.id/news/transaksi-tunai-di-atas-rp-100-juta-akan-dilarang-2-yang-gede-siap-yang-kecil


cashless ini mata uang dajjal
untuk mengatur dunia dibawah satu kendali maka bank sentral akan pakai mata uang digital
begitu messiah muncul baik palsu atau asli maka digital currency akan di demonetize layaknya uang sampah kertas yang bakal didemonetize jadi uanh digital. hahahaha
distributed ledger versi bank sentral ini bagaikan penjara finansial guantanamo kecuali yang sukarela jadi pengikutnya.
emoticon-Leh Uga
jadi ini konspirasi Mamarika aka Cia aka Moccad aka KFC aka CFC aka Remason aka MCD aka SIONIS aka jokowi ? emoticon-Salaman
Bayar pake bitcoin dong
jadi intinya transaksi di atas 100jt harus di bank gitu?

Diatas 100jt wajib lewat bank
Astajim, pengusaha diwajibkan bertransaksi mengunakan mata uang dajjal.emoticon-Kagets
Quote:


Astakjim, Tinggal tawar bre emoticon-Kagets
Aneh banget. Kebijakan melarang transaksi cash. Apalagi banyak transaksi yg cash karena memang menyulitkan jika melalui via bank. Contohnya maskapai penerbangan asing yg beli avtur di bandara. Itu mayoritas bayar cash loooh. Kenapa ga cashless? Ya ga mungkin donk mereka buka rekening disetiap negara yg dikunjungi, inefesiensi itu namanya. Trus mereka yg usahanya macem hasil alam seperti karet, kan mereka lebih suka pake cash karena ga semua petani itu nyaman buka rekening di bank. Ini studi banding nya kemana sih pake membatasi transaksi cash?
Quote:


gw mendukung transaksi tunai dibatasi

tapi 100jt mah kekecilan, sekitar 500jt lahh

100jt itu setengah tas laptop targus
Quote:


Ya, ada benarnya. Kalo mau ngebatasin, pake limit yg make sense. 100 juta itu kecil banget dengan standar nilai sekarang. Apalagi kalo bicara konteks 5 tahun kedepan. Masa iya undang"nya harus direvisi setiap 5 tahun
bakal banyak diprotes sama pengusaah ni UU..
Ya wes, barter aja...
Quote:


100 juta cuma 10 gepok 100ribuan. di bank uang dibendel 100an per nilai
nape ga pk dinar/koin emas ajeh..kek Keanu Revees di John Wick onoh emoticon-Traveller
Quote:


imf melarang anggotanya pakai emas dan backup mata uang sebagai legal tender.
kan bisa diakali, pembayaran diatas 100 juta bisa dicicil / angsur dengan periode tertentu emoticon-Cool
jadinya tiap kali transaksi, nilainya g sampe 100 juta emoticon-Leh Uga
gampang lah,,orang sesusah apapun kayaknya sudah punya atm semuaemoticon-Stick Out Tongue
karna saat ini masyarakt udh kersisis kepercayaan sama perbankan..dan akibatnya karna tidak ada dana yg landing ke perbankan maka perbankan tidak mendapatkan bunga nya
Quote:


itu kayak bitcoin gan di jhonwick...
mulai tenar tenar nya kan gitu bitcoin gara2 film itu hahahaa