alexa-tracking

Manasu Moraka Sangmane

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b16778ade2cf2523a8b456b/manasu--moraka-sangmane
Manasu Moraka Sangmane
Manasu Moraka Sangmane


Manasu Moraka Sangmane
Sumber : torajaland.net


Pagi itu Rantepao diguyur hujan yang begitu deras. Jalan tampak sepi dan tak ada aktivitas yang berarti. Seperti biasa, ane dan tajuddin bersiap untuk berangkat ke tempat kerja. Ane berkeja sebagai pegawai honorer di salah satu instansi pemerintah dan tajuddin yang kerap disapa taju bekerja sebagai guru honorer di salah satu sekolah dasar negeri di Rantepao.


Quote:


Anepun bersiap duluan. Hari itu adalah puasa hari pertama dan ane lupa bangun untuk membantu taju menyiapkan makanan sahur.

Quote:


Anepun berangkat kekantor dengan semangat 45 mengingat hari ini adalah puasa hari pertama. Jam kerja di kantor berubah dari pukul 16.30 ke pukul 15.00. sungguh ane bahagia meskipun ane nggak ikut berpuasa karena ane non muslim.

Jam pulangpun tiba dan Rantepao masih saja diguyur hujan runtik – rintik. Anepun menyalakan smartphone dan menghubungi taju via whatsapp.


Quote:


Setelah absen sore, anepun langsung bergegas berangkat pulang ke rumah. Selama perjalanan ane meliaht jejeran penjual takjil yang menyediakan makanan dan minuman dengan warna yang mencolok. Ane tak bergeming dan tetap melanjutkan perjalanan pulang

Tak terasa anepun tiba di rumah dan langsung masuk.


Quote:




Waktu menunjukkan pukul 16.00 dan kamipun berangkat ke Pasar Sore yang jaraknya tak jauh dari tempat tinggal kami. Beberap menit berkeliling pasar dan kamipun menemukan semua bahannya. Kamipun kembali ke rumah untuk memasaknya.

Karena ane tidak memiliki dasar memasak jadi ane meminta arahan dari taju

Quote:


Semua bahan sudah lengkap dan akhirnya kami mulai memasakanya. Ayam yang telah dicampur dengan bumbu masakan dimasukkan ke dalam sebilah bambu lalu di bakar hingga matang. Sembari menunggu masakan tersebut masak ane dan taju bersenda gurau mengenai pacarnya yang tak kunjung ada.


Quote:


Tak terasa pa’piongpun telah siap dinikmati dan jam berbukapun tiba. Taju mengambil segelas air putih dan membaca doa. Ane masih sibuk menyediakan piring dan sendok. Kamipun makan bersama diatas meja kecil pemberian teman guru di sekolah tempat taju mengajar. Ane dan taju lahap menyantap masakan kami hari ini. Sungguh hari yang mengasyikkan

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Pukul 03.00 subuh, rantepao diselimuti cuaca dingin yang brrrrrrrrr... Ane masih terjaga dalam tidur ketika taju bersiap untuk menikmati sahur. Pa’piong yang masih sisa semalam disantapnya di temani kecap botol. Selepas makan, tubuhnya kembali terbaring lunglai diranjang. Ane sendiri bangun pukul 06.30 pagi, dan langsung sarapan. Dinginya cuaca membuat nafsu makan ane bertambah, mata dan tangan anepun langsung bekerja melacak keberadaan makanan yang bisa ane santap pagi itu. Setelah mencari ane tak menemukan makanan. Hati ane mulai dongkol,marah dan kesal padahal ane udah menyisahkan pa’piong semalam untuk dimakan esok pagi. Dengan sangat terpaksa anepun hanya menikmati nasi ditambahkan guyuran kecap manis. Lumayan menutupi rasa lapar ane.

Setelah sarapan anepun langsung siap – siap ke kantor.


Quote:


Anepun langsung tancap gas menuju kantor yang jaraknya kira – kira 3 km dari tempat kami tinggal. Selama di kantor tak ada pekerjaan berat yang ane kerja. Hanya duduk, cek email masuk dan membuat laporan persediaan barang masuk. Selebihnya lebih banyak duduk bercengkrama dengan kawan – kawan lain. Tak terasa jam pulang kantorpun tiba. Ane dan teman kantor lain tak lupa absen pulang.

Hari itu adalah hari yang paling kere menurut ane. Hanya ada uang Rp. 5.000 di kantong ane beserta atm 2 bank yang isinya nihil. Anepun sampai di rumah dan tak mendapati taju. Sembari menunggu taju di rumah, anepun membuka laptop dan melanjutkan draft thread ane yang tak kunjung selesai di temani lagu barat yang artinya ane nggka tahu. 2 jam bermain dengan kata – kata, tajupun muncul


Quote:


Bergegas anepun langsung berlari menuju kios andre, ane membeli mie intan dan tidak adalagi. Dari uang 5 ribu itu ane hanya mendapat 2 bungkus. Sebungkus kami masak untuk makanan berbuka puasa, agar tidak bosan mie tersebut kami masak dengan daun katuk. Kali ini taju yang jadi chiefnya.


Quote:


Tanpa menjawaban anepun langsung menuju sumber suara dan langsung mengambil sikap makan dengan nasi yang menggunung dan hasrat yang terus menggebu. Malam itu kami kembali merasakan makanan sederhana ala anak kosan. Sebelum makan, kami tak lupa berdoa. Mensyukuri berkat dari Sang Pencipta di bulan yang penuh berkah ini. Begitu pula ketika sahur tiba, taju kembali menunjukkan kehalian dalam memasak dengan mevampurkan daun kelor ke dalam mie instan. Rasanya mantap, kuahnya meresap, hijaunya daun kelor mempercantik tampilan makanan ini. Gizinya jangan tanyakan, yang penting menyenangkan.

Sehabis menyantap sahur,ane dan taju kembali tersungkur di atas ranjang kayu. Selimut hampir menutup sekujur tubuh kami. Pagipun menyapa dan kamipun bangun dengan tertib, menyongsong hari ini dengan penuh semangat meskipun bersahur dengan makananan seadanya.



Quote:






pertamaxemoticon-Sundul Upemoticon-Jangan ribut disiniemoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty,
lancrotkn gan ceritammu,kurangi bahasa daerah biar tambah crotemoticon-Cool salam dari batupapan
Quote:


ok gan, sy juga org batupapan emoticon-Shakehand2
Quote:


lancrotkan soanya ane kaga pernah dapat thread orang toraja,kalau agan bisa sekali-kali buat thread tentang budaya toraja.salam pa'piong duku'bai emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Quote:


banyak gan yg threadnya tentang toraja. kalau ane buat lagi takutnya dikira repost.