alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemprov DKI Usulkan Dua Opsi untuk Nasib BAZIS
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b165d7a56e6af652a8b4568/pemprov-dki-usulkan-dua-opsi-untuk-nasib-bazis

Pemprov DKI Usulkan Dua Opsi untuk Nasib BAZIS

Mei
22
/ 2018
20:20 WIB
Oleh : Regi Yanuar Widhia Dinnata
Share this post :


Pemprov DKI Usulkan Dua Opsi untuk Nasib BAZISBadan Amil Zakat Nasional - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusulkan dua opsi untuk bisa mengintegrasikan antara Badan Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah (BAZIS) dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan telah mendapatkan rekomendasi dari berbagai pemangku kepentingan untuk segera menghubungkan antara BAZIS dengan BAZNAS.
BACA JUGA :

Dia menambahkan rekomendasi tersebut juga menghimbau agar BAZIS dapat membantu BAZNAS dalam mengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS).
Adapun sinergi bertujuan untuk memaksimalkan potensi dana yang terkumpul di Jakarta yang ditafsir mencapai Rp1 triliun dapat diserap oleh kedua lembaga pengelola ZIS ini.
Hal ini karena BAZIS pada tahun lalu baru bisa mengumpulkan dana ZIS sekitar Rp192 miliar atau sekitar 20% dari potensinya di Jakarta.
Kendati demikian, Pemprov DKI masih mempertimbangkan skema yang terbaik untuk opsi penggabungan tersebut.
"[Opsi] pertama, kita menjadi BAZNAS DKI Jakarta, akan tetapi kita tetap [mempertahankan brand] Bazis DKI. Karena [pengelola] dan [masyarakat] [lebih] familiar dengan BAZIS DKI. Jadi badannya BAZNAS DKI brand equity-nya BAZIS," kata Sandi, Selasa (22/5/2018).
Lebih lanjut, dia menyebutkan opsi kedua adalah melebur BAZNAS dan BAZIS menjadi Lembaga Amil Zakat (LAZ). "Itu opsi yang akan kita sampaikan tapi kita ingin semua selaras antara kebijakan BAZNAS dan kami," ungkapnya.
Sebelumnya, Ketua BAZNAS, Bambang Sudibyo menjelaskan bahwa menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Zakat menyebutkan bahwa seluruh lembaga pengelolaan ZIS diberikan waktu hingga 25 November 2016 untuk bergabung dengan BAZNAS.
Lebih lanjut, BAZIS telah melewati tengat waktu ini sehingga mendapatkan peringatan oleh BAZNAS dan Kementerian Agama.
Bambang berharap agar BAZIS dapat segera bergabung dengan BAZNAS dan mau merubah namanya menjadi BAZNAS DKI. Selain itu, BAZNAS tidak akan menarik setoran apapun dari BAZIS ini sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.
"Mereka sama sekali tidak harus setor, hanya melapor [data ZIS] saja, meluruskan namanya [jadi BAZNAS DKI]. Anggota-anggotanya diseleksi sesuai dengan Undang-undang [UU]," kata Bambang pada beberapa waktu lalu.
Seperti diketahui, BAZNAS mengeluarkan pernyataan bahwa pengelolaan ZIS oleh lembaga BAZIS dinilai ilegal pada beberapa waktu lalu.
Adapun dasar dari penyataan tersebut tertuang dalam Undang-undang 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat yang menunjuk BAZNAS sebagai lembaga pengelola ZIS resmi yang ditunjuk oleh negara.
Selain itu, menurut aturan tersebut pengangkatan anggota pimpinan komisioner harus dipilih sesuai Undang-undang dan Peraturan Pemerintah (PP), sedangkan saat ini anggota dari BAZIS diangkat oleh Pemprov DKI.

http://jakarta.bisnis.com/read/20180...uk-nasib-bazis

"[Opsi] pertama, kita menjadi BAZNAS DKI Jakarta, akan tetapi kita tetap [mempertahankan brand] Bazis DKI. Karena [pengelola] dan [masyarakat] [lebih] familiar dengan BAZIS DKI. Jadi badannya BAZNAS DKI brand equity-nya BAZIS," kata Sandi, Selasa (22/5/2018).

Lebih lanjut, dia menyebutkan opsi kedua adalah melebur BAZNAS dan BAZIS menjadi Lembaga Amil Zakat (LAZ). "Itu opsi yang akan kita sampaikan tapi kita ingin semua selaras antara kebijakan BAZNAS dan kami," ungkapnya.
=======================
gile wagabener nasbung, udah tau melanggar undang2, masih ngeyel, masih di terabas aja emoticon-Ngakak
lah kalo seorang pejabat pemerintah tidak mematuhi aturan undang2 yg ada, terus piye? emoticon-Wkwkwk
garong cuk!
Quote:

Jadi inget petisi gotham
#badansaberpunglidki hoax emoticon-Leh Uga
Basuki mengatakan, biasanya pungli diminta kepada masyarakat dengan modus sumbangan untuk BAZIS atau PMI. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat tidak memberikan pungli kepada pegawai kelurahan dan kecamatan, serta berniat memasang CCTV di setiap kantor kelurahan dan kecamatan.

"Kelemahannya, mereka masih pakai modus BAZIS atau PMI gitu. Kita kan enggak tahu, jujur apa enggak," kata Basuki, seusai pengarahan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) DKI, Jumat (3/1/2014).

Selain itu, kata Basuki, masih banyak warga yang tidak mengetahui akan mengurus administrasi di bagian mana.


Melalui pengesahan perda pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), ia berharap tak ada lagi petugas kelurahan dan kecamatan yang saling melempar tupoksi. Hal ini karena para petugas kelurahan dan kecamatan sudah dilatih sebelumnya bersama Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) PNS DKI, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI, dan Inspektorat DKI Jakarta.

Berdasarkan perjanjian Jokowi-Basuki, setiap enam bulan, pihak dari DKI akan mengevaluasi kinerja lurah dan camat. Salah satu pertimbangan yang akan dievaluasi adalah soal kebersihan. Para lurah dan camat yang tidak peduli terhadap lingkungannya akan dievaluasi.

Mereka juga diberikan pengarahan terkait transparansi anggaran. Jangan sampai, para lurah dan camat itu kembali mengulang dosa-dosa lama yang telah terungkap. "Masyarakat juga akan mengevaluasi mereka. Baru kita bongkar pasang lagi," kata Basuki.


Kepala BKD DKI Jakarta I Made Karmayoga mengatakan, pada Senin (6/1/2014) mendatang pihaknya akan mengadakan rapat evaluasi lurah dan camat. Pada rapat itu akan dipaparkan kekurangan dan kelebihan lurah camat selama enam bulan pemerintahan pascalelang jabatan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Gebrakan Jokowi-Basuki

Penulis: Kurnia Sari Aziza


si ahok kapi anti pungli ..... knp yg islam justru endorse pungli ..... gw bingung dah, ini mirip pks hafiz quran iya korupsi jalan terus



4 taon lagi ni daftar bakal berapa halaman gw kagak tauh dah emoticon-Wowcantik
Baru lebaran x ini Ane di mintain sumbangan 2x sama rt ane... Pertama zakat... Per KK..

Dua hari berikutnya THR per rumah....



Quote:


kasih aja bos daripada bangke lo mandi sendiri emoticon-army:
Selalu kisruh melulu ini
Gaduh melulu
Quote:


Subannlloh, zakat modus pungli suci yg barokah dibulan romadhon yg penuh ampunan ya akhi emoticon-Leh Uga
Quote:



Sebentar aku tebak yaa ... pasti anda sekarang berada di kerajaan duo ipin upin
.... emoticon-Ngacir
Diubah oleh adooz
dua badut kadir doyok mana tau peraturan, klo banyolan mereka fasih emoticon-Wkwkwk
wkwkwk maksa bener, di gampang - gampangin
Quote:



cb ente nolak bayar diancem kgk?? klo diancem anggep aja sedekah


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di