alexa-tracking

Polri Waspadai Aksi Teror Jelang Idulfitri

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b164e44dbd77066778b457e/polri-waspadai-aksi-teror-jelang-idulfitri
Polri Waspadai Aksi Teror Jelang Idulfitri
Polri Waspadai Aksi Teror Jelang Idulfitri

Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan kejahatan terorisme merupakan kerawanan paling diwaspadai menjelang Hari Raya Idulfitri. Intensitas penindakan bakal dilakukan secara maksimal untuk menjamin keamanan. 


'Ini (Idul Fitri) adalah hari besar bagi umat Islam, tapi kita perlu juga kewaspadaan karena kelompok terorisme,' ujar Tito saat Rapat Lintas Sektoral Kesiapan Pengamanan Idulfitri di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 5 Juni 2018. 


Menurut Tito, kelompok terorisme beberapa memiliki ideologi dengan menjadikan Ramadan dan Idulfitri sebagai waktu yang tepat melakukan amaliyah. Aksi teror, kata Tito, tak boleh kembali pecah. 


'Artinya kalau melakukan aksi di bulan Ramadan menurut mereka pahalanya lebih besar dibanding bulan lain,' ujar Tito. 


Baca: Kapolri tak Mau Masyarakat Galau Gara-gara Terorisme


Peristiwa seperti bom Bali II, bom Kedubes Australia menjadi contoh aksi terorisme ditetapkan pada Ramadan. Karenanya, Tito meminta jajarannya terus waspada terhadap aktivitas sel-sel terorisme yang masih dianggap 'tidur' di daerah. 


'Masalah terorisme ini adalah masalah bersama terutama kepala daerah. Tolong kalau bisa aktifkan mekanisme-mekanisme untuk menekan atau menetralisir ideologi-ideologi terorisme ini, forum komunikasi umat beragama mohon kalau bisa diaktifkan,' tuturnya. 


Baca: Polri Waspadai Aksi Teror pada Mudik Lebaran 2017


Tito meminta tonggak pemberantasan terorisme tak melulu berada di tangan Detasemen Khusus 88 Antiteror. Jajaran kepolisian di daerah juga bakal diistruksikan berperan dengan pembentukan satuan tiga khusus menangani terorisme. 


Kolaborasi bersama jajaran TNI bakalan lebih intens untuk mendeteksi jaringan terorisme khususnya Jamaah Ansharut Daulah (JAD).  Tito pun memerintahkan Densus 88 untuk membagi informasi terkait keberadaan sel terorisme ke polisi wilayah. 


'Kapolda saya sudah perintahkan bentuk satgas antiteror yang di dalamnya ada unsur penyelidikan, penyidikan, penindakan, dan tim preventif maupun humanis,' bebernya. 


Kerja sama intelijen juga perlu dilakukan secara maksimal. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi pergerakan pelaku aksi teror.  'Ini dimonitor kembali oleh satgas antiteror tingkat polda bekerja sama dengan jajaran TNI yang juga kita harapkan bisa membentuk satgas atau tim khusus yang mem-back up itu,' imbuhnya.


Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/0K...lang-idulfitri

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Polri Waspadai Aksi Teror Jelang Idulfitri Aliran Dana Terduga Teroris di UNRI Coba Diurai

- Polri Waspadai Aksi Teror Jelang Idulfitri Bamsoet Minta Pengamanan Gedung DPR Diperketat

- Polri Waspadai Aksi Teror Jelang Idulfitri Polri Minta Kampus tak Dikaitkan dengan Terorisme

×