alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1640159e74047d4c8b4571/putu-cangkir-kudapan-khas-ramadan-dari-makassar

Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar

Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar


Putu atau putu ayu, mungkin jadi salah satu jajanan tradisional yang sudah sering kamu santap. Tapi bagaimana dengan jajanan bernama Putu Cangkir? Sudahkah pernah mencobanya Gan?

Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar
Foto: sulselsatu.com

Putu Cangkir merupakan panganan khas Makasar, Sulawesi Selatan yang kerap disantap sebagai camilan usai tarawih.

Salah satu yang membedakan Putu Cangkir dan putu ayu adalah pada bentuknya Gan. Ini dikarenakan bila pada putu ayu menggunakan tabung bambu sebagai cetakan, maka Putu Cangkir menggunakan wadah yang biasa kita sebut sebagai corong minyak sebagai cetakannya.

Proses pembuatannya sendiri terbilang hampir serupa dengan pembuatan putu ayu, yakni dengan dikukus. Beras ketan yang ditumbuk lalu ditambahkan serutan gula merah kemudian diremas agar menyatu.

Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar
Foto: instey.com/suci_rifani

Campuran ini kemudian dimasukkan ke wadah bermodel kerucut atau wadah corong minyak lalu disisipkan parutan kelapa di bagian tengahnya dan dikukus. Kurang lebih 1 menit dikukus, maka Putu Cangkir pun sudah matang dan bisa diangkat.

Dulunya jajanan khas yang satu ini hanya memiliki dua variasi warna yakni putih dan cokelat, Namun sekarang putu cangkir sudah banyak dibuat dengan varian warna lainnya.

Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar
Foto: Cookpad

Untuk Agan yang ingin kudapan berbeda saat berbuka atau sehabis tarawih, jajanan khas Sulawesi Selatan ini bisa jadi pilihan untuk kamu Gan. Jangan lupa santap putu cangkir dalam kondisi hangat dengan ditemani teh atau kopi panas untuk menambah rasa nikmatnya.

Sumber -sumber




Baca juga thread kuliner khas Ramadan lainnya:

Piyaji dan Beguni, Cemilan Gorengan Khas Berbuka di Bangladesh Sana
Wadai Ipau, Lasagna Versi Lokal Yang Jadi Menu Khas Ramadan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
saija belom pernah tjoba....nampaknja enak
keliatannya enak emoticon-Matabelo
beli di mana yachhh?
maaf kak, kalo aku berkomentar........

seret klo mkan itu kak emoticon-Malu (S)

emoticon-flower
Kek pernah makan emoticon-Amazed
kalau gratis boleh lah emoticon-Leh Uga
Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar
boleh dong nyicipin gan emoticon-Big Grin
Bikin ngiler aja pagi2
bentuknya unik ya
sprtinya lezat... Tp jauh bnr...
enak nihemoticon-I Love Indonesiaemoticon-2 Jempol
enak ngk om
enakkk nih kayanya. rasanya kaya putu biasa kah?
enak, cari dmn ya
Sambil minum teh pas buka enak tuh gan
enak ini gan, ane sering coba kalau ke makassar
Quote:

harganya berapaan bray?
Ane gembok sekalian dah gan emoticon-army
emoticon-Monggo
Quote:


seribuaan 1 gan
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di