alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b16304c5a5163d9158b456d/ringkasan-dan-hasil-klasemen-pekan-ke-12-liga-1-2018

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018

Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018

Pekan ke-12 sudah usai. Namun minggu ini kembali diwarnai oleh pembatalan pertandingan. Pertemuan Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya yang sedianya berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul pada hari Minggu (3/6/2018) malam, dibatalkan hanya beberapa jam sebelum dimulai.

Bentrokan oknum suporter serta situasi kurang kondusif di area sekitar stadion rupanya jadi alasan utama pembatalan laga berlabel "big match" tersebut. Kini keduanya tengah menunggu kepastian tentang jadwal pertandingan baru dari operator kompetisi.

Sisa delapan partai yang diadakan dari hari Kamis (31/5/2018) hingga Senin (4/6/2018) kemarin di Bandung sampai Jayapura tetap berjalan seru seperti biasa.

Total ada 21 gol tercipta mengiringi beberapa hasil mengejutkan yang kembali mengubah peta persaingan di papan klasemen.


1. Persib Bandung 0-1 Bhayangkara FC, Maung takluk di rumah sendiri
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
Pertemuan Persib dan Bhayangkara FC pada hari Kamis (31/5/2018) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api mengawali pekan ke-12. Siapa sangka, ambisi Persib untuk kembali meraih kemenangan di hadapan publik sendiri menemui jalan buntu.

Sempat menguasai jalannya pertandingan, Maung Bandung harus kecolongan melalui gol bunuh diri Jonathan Bauman di menit ke-55 yang tak siap dalam memotong bola hasil tendangan bebas Lee Yu-joon.

Meski tim tamu bermain dengan 10 orang di 20 menit terakhir, tuan rumah tetap tidak mampu menembus pertahanan ketat The Guardian.

Bagi BFC, hasil ini seolah meruntuhkan mitos bahwa Supardi Nasir dan kawan-kawan amat jumawa di kandang sendiri. Sementara Mario Gomez, pelatih kepala Persib, berkilah bahwa kehilangan lima pemain kunci membawa banyak dampak bagi keseimbangan tim.


2. Borneo FC 3-1 PSMS Medan, tetap ganas tanpa bomber andalan
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
Tiga laga berlangsung pada hari Jumat (1/6/2018) di Samarinda, Malang dan Tenggarong. Borneo FC menjamu PSMS di kandangnya, Stadion Segiri Samarinda.

Pesut Etam sempat dibayangi masalah ancaman tumpulnya lini serang akibat absennya sang bomber andalan, Lerby Eliandry, serta winger lincah Titus Bonai. Namun tugas menjebol gawang lawan malah pindah ke tangan para gelandang.

Srdjan Lopicic, sang gelandang serang, mencatatkan namanya sebanyak dua kali di papan skor berkat tendangan bebasnya di menit ke-27, serta sepakan keras yang tak mampu dijangkau kiper PSMS Dhika Bayangkara di menit ke-54.

Satu gol disumbang oleh winger muda Ambrizal Umanailo memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang sang tamu pada menit ke-34.

Laskar Ayam Kinantan hanya sanggup mencetak satu angka hiburan dari sontekan keras Frets Butuan di menit ke-77. Kekalahan ini pun seolah menegaskan bahwa mencari poin di laga tandang masih menjadi tugas yang amat sukar bagi tim asuhan Djadjang Nurjaman tersebut.


3. Arema FC 1-0 PSIS Semarang, lepas predikat juru kunci
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
Arema FC menjamu sesama tim penghuni zona degradasi, PSIS, di Stadion Kanjuruhan Malang. Sama-sama mengusung agenda meraih poin penuh demi modal berjuang keluar dari zona merah, sang tuan rumah berhasil menang dengan susah payah.

Sebiji gol kemenangan Singo Edan datang dari kaki sang striker lincah Dedik Setiawan di menit ke-37 usai menerima assist dari Ahmet Atayev. Meski bermain lebih baik di babak kedua dengan mengancam gawang Joko Ribowo berkali-kali, PSIS tidak berhasil mengejar defisit angka.

Raihan poin ini pun membawa tim asuhan Milan Petrovic tersebut melepas status tim juru kunci, bertukar dengan Laskar Mahesa Jenar. Meskipun begitu, kedua tim masih akan berjuang selama beberapa pekan ke depan jika ingin benar-benar keluar dari papan bawah.


4. Mitra Kukar 2-0 Perseru Serui, tetap menggigit tanpa sang top skorer
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
Di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Mitra Kukar mendapat kunjungan dari Perseru, tim yang sedang menunjukkan tanda-tanda mulai konsisten. Meski tanpa striker sekaligus top skorer kompetisi Fernando Rodriguez Ortega akibat akumulasi kartu kuning, Naga Mekes tetap tampil menggigit dengan mencetak dua gol tanpa balas.

Sundulan Mauricio Leal di menit ke-37 memanfaatkan skema tendangan bebas Anindito Wahyu berhasil membuka keunggulan tuan rumah. Aldino Herdianto, pemain yang diplot sebagai ujung tombak dadakan, turut menyumbang satu angka melalui sepakan kerasnya di menit ke-51.

Kemenangan ini penting bagi tim asuhan Rafael Berges Marin tersebut demi menjaga jarak dengan zona degradasi. Sementara raihan negatif ini merusak ritme yang sudah dibangun Cendrawasih Jingga selama dua pekan terakhir.


5. Sriwijaya FC 5-1 Persela Lamongan, amukan maut di Jakabaring
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
Satu laga tersaji pada hari Sabtu (2/6/2018), di mana Sriwijaya FC menjamu tim kuda hitam Persela di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Sempat dihinggapi rasa was-was dengan duet gelandang tim tamu, SFC malah berhasil berpesta dengan mencetak lima gol ke gawang Persela.

Para pencetak gol kemenangan Laskar Wong Kito adalah bek tengah Mahamadou N'Diaye ('27 dan '53), Manuchekhr Dzhalilov yang mencetak gol dari titik penalti di menit ke-30, sepakan Estevan Vizcarra ('43) serta ditutup oleh Patrich Wanggai pada menit ke-84.

Sementara sang tamu hanya sanggup membalas melalui sundulan Loris Arnaud di menit ke-82.

Kemenangan ini pun membawa Hamka Hamzah dan kawan-kawan melesat ke papan atas klasemen. Sementara Laskar Joko Tingkir masih tertahan di posisi enam, menempel ketat Madura United serta dibayangi oleh Borneo FC.


6. Madura United 2-2 Bali United, masih dibayangi tren negatif
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
Rentetan hasil negatif yang dialami Madura United selama tiga pekan belakang membuat manajemen memilih untuk mengistirahatkan Milomir Seslija dari posisi pelatih kepala. Pos juru taktik pun untuk sementara diisi oleh Djoko Susilo, sang asisten pelatih.

Bersua Bali United di Stadion Gelora Bangkalan pada Minggu (3/6/2018) malam, target harus menang rupanya membebani skuat Laskar Sape Kerrab. Sempat memimpin lebih dahulu berkat sepakan Slamet Nurcahyo di menit ke-22, sang tamu sempat membalikkan keadaan menjadi 1-2 melalui sontekan I Nyoman Sukarja ('55) dan tendangan bebas Stefano Lilipaly ('57).

Beruntung Madura United memiliki sosok bernama Beto De Paula. Turun sebagai pemain pengganti, golnya di menit ke-73 menyelamatkan timnya dari kekalahan. Meski susah payah meraih hasil imbang, tren negatif Madura United masih terus berlanjut.


7. Persipura Jayapura 1-1 PSM Makassar, tertahan di Mandala untuk kali pertama
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
Dua partai penutup berlangsung di Jayapura dan Bantul pada hari Senin (4/6/2018) malam. Duel sesama tim papan atas, Persipura dan PSM, tersaji di Stadion Mandala Jayapura. Keduanya pun mengusung target meraih poin demi menduduki singgasana di puncak klasemen.

Bermain dalam tempo sedang, drama baru terjadi di 10 menit terakhir. Setelah golnya sempat dianulir, Marcel Sacramento benar-benar melakukan selebrasi di menit ke-82 saat sepakan kerasnya tak mampu ditepis oleh kiper PSM, Rivky Mokodompit.

Namun sang tamu merusak pesta kembalinya Mutiara Hitam ke posisi teratas. Sundulan bek tengah Juku Eja, Abdul Rahman, di menit ke-87 memanfaatkan tendangan bebas Rasyid Bakri bersarang dengan telak ke gawang Persipura yang dikawal Dede Sulaiman.

PSM pun jadi tim pertama sejauh ini yang berhasil mencuri poin di Mandala yang dikenal tidak ramah untuk tim-tim tamu.


8. PS TIRA 1-0 Barito Putera, tergelincir dari puncak di Bantul
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
PS TIRA yang baru saja melengserkan Rudy Eka Priyambada dari posisi pelatih kepala mendapat tantangan dari Barito Putera yang melawat dengan ambisi mempertahankan posisi di puncak klasemen.

Berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul, PS TIRA selaku tuan rumah juga mencari tiga poin demi lepas dari zona degradasi.

Sama-sama bermain terbuka sejak peluit tanda sepak mula, The Young Warriors berhasil memecah kebuntuan di menit ke-33 setelah sepakan Aleksandar Rakic tidak mampu diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Barito, Dian Agus Prasetyo.

Berusaha mengejar ketinggalan di babak kedua, setiap serangan Laskar Antasari malah berakhir buntu. Entah membentur kokohnya lini pertahanan PS TIRA atau peluang yang diperoleh tidak menemui sasaran. Kekalahan 1-0 di Bantul pun membuat Barito Putera tergelincir dari peringkat pertama.


9. Berikut ini hasil klasemen sementara Liga 1 pasca pekan ke-12
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
Satu poin dari Jayapura sudah cukup bagi PSM untuk melengserkan Barito Putera dari singgasana. Tim asuhan Robert Rene Alberts tersebut sudah mengumpulkan 21 poin, lebih banyak satu angka dari Barito. Sriwijaya FC yang berpesta gol membuntuti dari posisi ketiga diikuti Persipura dengan koleksi poin sama yakni 19.

Situasi di papan tengah pun turut berubah. Minggu ini diisi oleh Mitra Kukar, Bhayangkara FC, PS TIRA, Persib dan PSMS.

Pertandingan yang kembali ditunda membuat posisi Persija kian melorot ke papan bawah. Macan Kemayoran terdampar di peringkat 16, menghuni zona merah bersama Arema FC dan PSIS.

Absennya dua pemuncak daftar top skorer Fernando Rodriguez Ortega (Mitra Kukar) dan Ezechiel N'Douassel (Persib) yang sudah mengumpulkan 9 gol tetap tidak mengubah posisi mereka. Aleksandar Rakic (PS TIRA) naik satu strip ke posisi kedua berkat 8 gol.

Di posisi ketiga dengan raihan 7 gol ada empat nama yakni Loris Arnaud (Persela), Douglas Packer (Barito Putera), Marcel Sacramento (Persipura) dan Stefano Lilipaly (Bali United) sebagai satu-satunya perwakilan nama lokal.


10. Pekan ke-13 jadi jadwal terakhir Liga 1 sebelum memasuki masa libur selama satu bulan
Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018
Berikut ini jadwal Liga 1 pekan ke-13, seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id:

Selasa, 5 Juni 2018:

  • PSMS Medan vs Persib Bandung, Stadion Teladan, 21:00 WIB (Live Indosiar)
Rabu, 6 Juni 2018:

  • PSIS Semarang vs Borneo FC, Stadion Mochammad Soebroto Magelang, 20:30 WIB (Live Indosiar)
  • Perseru Serui vs Arema FC, Stadion Gajayana Malang, 20:30 WIB (Live Streaming Vidio.com)
Kamis, 7 Juni 2018:

  • Persela Lamongan vs Mitra Kukar, Stadion Surajaya, 20:30 WIB (Live Indosiar)
  • Bhayangkara FC vs Madura United, Stadion PTIK Jakarta Selatan, 20:30 WIB (Live O Channel)
Jumat, 8 Mei 2018:

  • PS TIRA vs Persija Jakarta, Stadion Sultan Agung Bantul, 20:30 WIB (Live Indosiar)
  • Barito Putera vs Sriwijaya FC, Stadion 17 Mei Banjarmasin, 20:30 WIB (Live Streaming Vidio.com)
Sabtu, 9 Mei 2018:

  • PSM Makassar vs Persebaya Surabaya, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, 20:30 WIB (Live Indosiar)
Bali United vs Persipura Jayapura, Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, 20:30 WIB (Live O Channel).


Sumber : https://www.idntimes.com/sport/socce...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018 PSMS Medan Vs Persib Bandung, Angkernya Kandang Jadi Modal

- Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018 Pilih Bertahan di Barcelona Sampai 2023, Ini Alasan Samuel Umtiti

- Ringkasan dan Hasil Klasemen Pekan ke-12 Liga 1 2018 CT Scan Buktikan Karius Alami Gangguan Visual Usai Disikut Ramos



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di