alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pemerintah Pastikan Tidak Ada Aturan Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b162fe11ee5df4a4d8b456c/pemerintah-pastikan-tidak-ada-aturan-ganjil-genap-di-tol-saat-mudik

Pemerintah Pastikan Tidak Ada Aturan Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik

Pemerintah Pastikan Tidak Ada Aturan Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik

JPP, JAKARTA - Pemerintah memastikan tidak akan menerapkan sistem ganjil-genap bagi kendaraan yang melintas selama arus mudik dalam mengantisipasi kepadatan di jalan tol.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi di Jakarta, Senin (4/6/2018), menjelaskan hal itu masih harus didiskusikan dan dibutuhkan waktu yang lama untuk menerapkan sistem tersebut karena harus membuat payung hukumnya terlebih dahulu.

"Kalau saya melakukan perubahan Permen (Peraturan Menteri), mungkin butuh waktu, apalagi merumuskan kebijakan itu kan mengundang dari semua pelaku asosiasi. Kalau semisal hanya sepihak, tidak enak menerapkannya," katanya.

Meskipun tidak ada penerapan tersebut, menurut Budi praktik di lapangan tetap akan diatur oleh Kepolisian dengan menerapkan diskresi. Contohnya, lanjut dia, apabila tol sudah dinilai padat, maka kendaraan kecil akan dilihkan ke jalan-jalan arteri.

"Tapi mungkin kita harapkan pada saat Sabtu-Minggu ada di lapangan melihat kecenderungannya akan seperti apa. Teman-teman Kepolisian akan mengarahkan untuk ke jalan arteri biasa dilihat dari kepadatannya," jelasnya.

Budi berharap dengan adanya pergeseran puncak arus mudik, maka diharapkan kepadatan bisa terpecah. "Saya berharap dinamika di lapangan dengan adanya perubahan pola mudik yang disampaikan Pak Sugihardjo (Kepala Balitbang Kemenhub)," katanya.

Sebelumnya, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitnang) Kemenhub memperkirkan puncak arus mudik bergeser dari H-3 ke H-6 atau Sabtu (9/6/2018) karena adanya penambahan cuti bersama yang menyebabkan waktu libur semakin panjang dan memicu masyarakat untuk pulang kampung lebih awal.

Kepala Balitbang Kemenhub Sugihardjo menambahkan, untuk puncak arus balik akan terjadi pada H+3 dan H+4 Lebaran dikarenakan pegawai swasta mulai masuk kerja pada 20 Juni dan PNS pada 21 Juni.

"Puncak arus mudik H-7 dan H-6, tadinya prediksi puncak tanggal 13 Juni, tapi karena cutinya diperpanjang, jadi geser," katanya. (ant)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/regulasi/32...tol-saat-mudik

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Pemerintah Pastikan Tidak Ada Aturan Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik Kementerian PUPR Berbagi Tips Mudik Nyaman dan Aman

- Pemerintah Pastikan Tidak Ada Aturan Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik Taklukan Tujuh Puncak Dunia, 2 Srikandi Indonesia Disambut Menpora

- Pemerintah Pastikan Tidak Ada Aturan Ganjil-Genap di Tol Saat Mudik Jelang Mudik, RSHS Bandung Bentuk Poliklinik Siaga dan IGD 24 Jam

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di