alexa-tracking

KPK Larang Gunakan Kendaraan Dinas Untuk Mudik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b15fd2f54c07a82098b4567/kpk-larang-gunakan-kendaraan-dinas-untuk-mudik
KPK Larang Gunakan Kendaraan Dinas Untuk Mudik
KPK Larang Gunakan Kendaraan Dinas Untuk Mudik


KPK melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menggunakan kendaraan dinas operasional untuk kepentngan pribadi termasuk mudik.

“Kepada pimpinan instansi atau lembaga pemerintah agar melarang penggunaan fasilitas dinas seperti kendaraan dinas operasional untuk kepentingan pribadi pegawai untuk kegiatan mudik, mengingat fasilitas dinas seharusnya hanya digunakan untuk kepentingan terkait kedinasan,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo di gedung KPK Jakarta, Senin (4/6).

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur sempat menyampaikan usulan mengenai penggunaan bus kementerian/lembaga negara dapat digunakan untuk mudik bagi PNS rendahan dengan biaya bensin dan perawatan ditanggung sendiri.

“(Penggunaan kendaraan dinas) merupakan bentuk benturan kepentingan yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat kepada pejabat publik, pegawai negeri dan penyelenggara negara,” tambah Agus, diberitakan Antara.

Pimpinan kementerian/lembaga/organisasi/pemerintah daerah dan BUMN/BUMD juga diharapkan dapat memberikan imbauan secara internal kepada pejabat dan pegawai di lingkungan kerjanya untuk menolak pemeberian gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.

“Dan menerbitkan surat terbuka/iklan melalui media massa/bentuk pemberitahuan publik yang ditujukan kepada `stakholder`-nya agar tidak memberikan pemberian dalam bentuk apapun kepada para PNS atau penyelenggara negara di lingkungan kerjanya,” ungkap Agus.

Agus juga berharap agar pimpinan perusahaan atau korporasi meningkatkan kesadaran dan ketaatan dengan tidak memberiakn sesuatu serta menginstruksikan kepada semua jajarannya untuk tidak memberikan gratifikasi, uang pelicin atau suap dalam bentuk apa pun kepada PNS atau penyelenggara negara berhubungan dengan jabatannya.

“Bahwa permintaan dana, sumbangan dan atau hadiah sebagai Tunjangan Hari Raya (THR) tau dengan sebutan lain oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara atau institusi negara atau daerah kepada masyarakat dan atau perusahaan baik lisan maupun tertulis dilarang karena penyalahgunaan wewenang merupakan perbuatan yang berimplikasi tindak pidana korupsi yang dapat diberikan sanksi sesuai peraturan perundangan,” jelas Agus.

Gratifikasi menurut penjelasan pasal 12B UU No 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi meliputi pemberian uang, barang, rabat (potongan harga), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma dan fasilitas lainnya kepada setiap pegawai negeri dan pejabat penyelenggara negara.

Bagi mereka yang terbukti menerima gratifikasi terancam pidana penjara seumur hidup atau penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dengan pidana denda paling sedikit Rp200 juta dan paling banyak Rp1 miliar.

image-url-apps
wah...padahal udah banyak yg bikin plat item buat gaya2an dikamfungemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
image-url-apps
semoga bkn cuman statement lebaran. tapi emng diusut
KASKUS Ads
menterinya aja ngebolehin....

rezim koplak

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
image-url-apps
harusnya ga boleh lah, moso mobil milik rakyat mau di pake gegayaan. system rental dong buat biar bisa bantu srimul nyari duit
image-url-apps
knp si berantas hal sepele gini aja ga beres2 tahun ke tahun

bisanya cuma lempar statemen doang

gerak lah ke lapangan

Dasar pemalas
image-url-apps
disewain aja, buat aturannya...
dulu masih sering liat plat merah mudik emoticon-Ngacir
image-url-apps
Hadeeewwwwhh lu lagi lu lagi

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


hari biasa juga ada PNS nggak tahu diri ganti plat merah menjadi hitam , di bidang riset iptek pula ,

giliran service dan pajak yang bayar ??

hahaha

jadi nggak usah heran dengan yang PNS biasa .

image-url-apps
Tinggal ganti plat jadi item aja uda beres...

Case close
image-url-apps
hayo2 nanti di cyduk
×