alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Peneliti ICW: Sikap Jokowi Perburuk Citra Antikorupsinya
2.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b15b142c0d770201c8b4567/peneliti-icw-sikap-jokowi-perburuk-citra-antikorupsinya

Peneliti ICW: Sikap Jokowi Perburuk Citra Antikorupsinya

Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang hak politik mantan narapidana kasus korupsi untuk menjadi calon anggota legislatif (caleg) dinilai memperburuk citra antikorupsinya. Padahal, larangan mantan narapidana korupsi menjadi caleg tersebut dianggap sebagai instrumen penting untuk pencegahan korupsi.

"Sikap itu memperburuk citra antikorupsi Presiden Jokowi," kata peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (30/5).

Donal menyebutkan, Jokowi seharusnya mendukung langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui peraturan KPU (PKPU)-nya untuk melarang mantan narapidana korupsi untuk maju menjadi caleg. Ia melihat sikap yang lebih berpihak kepada pemberantasan korupsi justru ditunjukkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Yang perlu dilakukan pemerintah cukup mendukungnya. Karena pembentukan PKPU berada pada wilayah kerja KPU," tutur Donal.

Menurut dia, larangan yang diatur di dalam PKPU itu merupakan instrumen penting sebagai langkah pencegahan korupsi. Mantan narapidana korupsi, kata dia, adalah orang yang pernah menyalahgunakan wewenangnya saat sedang berkuasa. 

Ia pun menganjurkan para mantan narapidana korupsi itu untuk mencari penghidupan di sektor lain. Mantan narapidana korupsi jangan kembali menjadi penyelenggara negara.

"Seharusnya akses kepada kekuasaan dibatasi. Silakan mencari pekerjaan dan penghidupan di sektor swasta. Bukan lagi menjadi seorang penyelenggara negara," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan tanggapannya terkait rencana KPU yang melarang mantan napi kasus korupsi untuk ikut maju menjadi caleg. Menurut dia, mantan napi kasus korupsi juga memiliki hak politik setelah menjalani hukuman.

"Kalau saya itu hak. Hak seseorang berpolitik," ujar Jokowi di Uhamka, Jakarta Timur, Selasa (29/5).

Ia berkata, hak berpolitik mantan narapidana korupsi itu juga diatur dalam konstitusi. Karena itu, menurut dia, KPU dapat mengkaji kembali kebijakan tersebut.

"Ya itu konstitusi kan apa, memberikan hak, tapi silakan KPU ditelaah," kata Jokowi.

http://m.republika.co.id/berita/nasional/hukum/18/05/30/p9j4d7428-peneliti-icw-sikap-jokowi-perburuk-citra-antikorupsinya

Yg korupsi asu
Petugas partai mah apa kata majikan nya aja gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Emang bisa apa petugas partai emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
JELAS LAH.. ONGKANG ONGKANG KAKI AJA DIKASI 120 JETI
mau onta padang pasir atau babi air asin, dua2 nya gak pengen temen2 koruptor nya dilarang ini itu


Peneliti ICW: Sikap Jokowi Perburuk Citra Antikorupsinya

Ya wajarlah sikap jokowi demikian, partai pendukungnya merupakan partai-partai sarang koruptor.
Masa mau gigit tangan yang memberinya makan.
emoticon-Traveller

btw, ICW udah jadi badan anti pancasila ya? kok berani2nya ngritik jokowi?
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Fix icw ini verified pendukung telolis, anti pancasila, pendukung khilafuck,
emoticon-Stick Out Tongue
M.Topig dan Sanusi dukung jokowi nih emoticon-Ngakak
Salut kepada ICW.
Icw tidak bhinneka emoticon-Ngakak
ICW kepingin digeruduk simpatisan simbok nih...emoticon-Ngakak (S)
lengserin ajah bray emoticon-Blue Guy Bata (L)
anti korupsi ? emoticon-Wakaka
Quote:


Quote:


Sembarangan kamu! Sebagai seorang nastak sejati ana masih inget slogan ini; "hanya orang2 berjiwa koruptor yang tidak mau/sulit menerima Jokowi sebagai Presiden."


Hfff.. emoticon-Marah
Diubah oleh coro.coco.dile
Siap2 ICW dibilangin anti kebhinekaan, anti pancasila, bibit teroris...
Diubah oleh mupengx
ICW gak takut apa dicap autonasbung ama para cebongemoticon-Traveller
#2019gantipresiden emoticon-Lempar Bata emoticon-Ngamuk
Jangan keras2 bang, mau diratakan juga?
#DiaSibukKorup

#KeraKeraKera

sejak kapan pasukan banteng anti korup? emoticon-Shutup emoticon-Shutup

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Quote:


icw hsrus dibasmi
Klo citranya buruk, ya digiatin lgi dong
Pencitraannya emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di