alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengapa Benda Bisa Jadi “Antik” dan Berharga Mahal?
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b15ae6c1cbfaabf2b8b4583/mengapa-benda-bisa-jadi-antik-dan-berharga-mahal

Mengapa Benda Bisa Jadi “Antik” dan Berharga Mahal?

Mengapa Benda Bisa Jadi “Antik” dan Berharga Mahal?

Jika disebut “Barang Antik” tentu kita langsung membayangkan benda kuno yang berharga fantantis. Emang sih, pada umumnya yang namanya antik itu adalah kuno. Namun belakangan ini uang koin 1000 rupiah keluaran tahun 1996-2000 juga menjadi barang antik. Di toko online, harganya kisaran jutaan hingga puluhan juta rupiah. Wow, mungkin kita bertanya-tanya, mengapa benda bisa menjadi antik dan berharga begitu fantastik?

Kriteria benda menjadi antik, selain karena kuno, langka dan unik, menurut Ane karena ada beberapa faktor lainnya, yaitu:


1. Mempunyai Khasiat Tertentu

Yap, benda yang dianggap antik itu umumnya karena diyakini mempunyai kekuatan magis atau khasiat tertentu, sehingga berharga mahal. Sebut saja misalnya jenis keris pusaka, batu merah delima, besi kuning, dan sebagainya.

Benda-benda tersebut dianggap benda antik yang mahal, sebab barang itu diyakini mempunyai daya magis/khasiat seperti untuk kekebalan tubuh, penglaris, menambah wibawa, dan sebagainya. Karena itu, benda-benda ini hanya diyakini sebagai barang antik oleh orang-orang yang percaya dengan hal-hal yang demikian, atau di kalangan tertentu saja.


2. Mempunyai Nilai Seni yang Tinggi

Mengapa Benda Bisa Jadi “Antik” dan Berharga Mahal?
Apakabardunia.com

Mempunyai nilai seni yang tinggi, khususnya untuk karya-karya seni seperti lukisan Monalisa, seni patung dan lain-lain. Karena nilai seni itulah yang membuat harganya sangat mahal dan banyak diburu oleh para kolektor benda seni, dan pencinta kesenian. Bagi orang awam, mungkin lukisan Monalisa terlihat biasa saja. Tapi bagi yang berijiwa seni, lukisan itu adalah karya yang sangat antik dan bernilai tinggi.


3. Terbuat dari Bahan Berkualitas Tinggi

Mengapa Benda Bisa Jadi “Antik” dan Berharga Mahal?
Dagelan.co

Bahan berkualitas tinggi, seperti dari emas, perak, platinum, titanium, atau berlian yang dipadukan dengan teknik pengolahan yang rumit dan nilai seni yang indah, akan membuat benda itu menjadi antik. Sebut saja misalnya uang koin rupiah pecahan 200.000, keluaran tahun 1987-1990 yang dicetak terbatas (3000 keping), bobot 10 gram, dengan kadar emas 91,7%. (Dagelan.co/inilah uang koin kuno indonesia dengan harga termahal).


4. Mempunyai Nilai Historis

Benda menjadi antik karena ia mempunyai nilai sejarah, misalnya uang pada masa sebelum Indonesia merdeka, benda-benda/senjata yang dipakai waktu melawan penjajah, atau peninggalan kerajaan zaman dulu, dan sebagainya.


5. Peninggalan Tokoh-tokoh Terkenal

Peninggalan tokoh terkenal, seperti tongkat Soekarno (Presiden pertama RI), keris/kujang Prabu Siliwangi dan lain-lain. Benda peninggalan tokoh terkenal ini juga kadang dikaitkan dengan unsur magis yang ada pada benda tersebut.
***
Nah itulah 5 sebab benda bisa benda antik dan berharga mahal.

Yah, sebenarnya bukan cuma uang koin sawit 1000 saja yang bisa antik. Uang receh biasa juga pasti suatu saat jadi barang antik yang bernilai, jika terus dikumpulkan hingga satu karung. emoticon-Big Grin Buktinya, nih orang yang beli motor Kawasaki Ninja 250cc dengan uang receh.

Mengapa Benda Bisa Jadi “Antik” dan Berharga Mahal?
Tribunnews.com

Quote:

Spoiler for Referensi:

Quote:
Diubah oleh Aboeyy
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
reservasi
Ane banyak nyimpen perangko lama, skitar 200pcs lebih, rata2 tahun 1950an kebawah. dari koleksi ibuk dulu. Udah ane buat albumnya..
Kira kira dijual itu berapa?
Diubah oleh MhadKakashi
yg bener tuh sampe jutaan itu receh?
yg masang iklan iseng iseng berhadiah itu emoticon-Big Grin 300jt
coba koin seribu kelapa sawit kagak ane buang 😆
Quote:

Ane juga kyrang ngerti tentang harga dan pasar "barang antik". Cobalah promosikan di situs online, siapa tahu ada peminatnya.


Quote:

Entahlah, ane sendiri belum yakin ada yg membelunya. emoticon-Big Grin

Quote:

Yup, coba2 pasang kail, siapa tau dpt ikan yg besar. emoticon-Big Grin

Quote:

Mungkin itu cuma iklan, blm tentu juga ada pembelinya. emoticon-Big Grin
Quote:


kalo dulu dibeli harga nya sekitaran 50 perak, ane beli deh 100 kali lipatnya tiap perangko. emoticon-Shakehand2
Quote:


Forum tempat ngumpul para kolektor ini atau yg sehobi gitu ada kagak ya di Kaskus ? emoticon-Bingung
.
Ngaskus ane cuma ke lounge & anime doang, jarang jalan-jalan.. emoticon-Ngakak
Diubah oleh MhadKakashi
Quote:


Setahu Ane blm ada, atau abe yg kurang piknik di kaskus ini. emoticon-Big Grin
Quote:


Ini serius? emoticon-Matabelo
.
Jujur aja nih, ane kagak tau harga pasarannya.
Apakah makin lama tahunnya makin mahal, ato ada kategori perangko langka/limited edition gitu. Ane gak paham.. Belum ane pelajari dulu.. emoticon-Mewek
.
Quote:
Quote:


Bukannya om abe sering jalan2 ke forum ADG? emoticon-Wow
.

Udah coba cek, adanya yang ini aja. emoticon-Bingung
Mengapa Benda Bisa Jadi “Antik” dan Berharga Mahal?
Quote:


100 kali lipatnya 50 perak jadi goceng gan emoticon-Hammer2
mungkin bawah ane tahu gan
:goyang
Quote:


Gpp deh yg perangko gambar pak harto, ane punya bnyak..
Ambil dah goceng emoticon-Cool
Mengapa Benda Bisa Jadi “Antik” dan Berharga Mahal?

Kalo yg dibawah ini jangan.. emoticon-Salam Kenal
Spoiler for :
Quote:


woah agan bener bener ngoleksi ya emoticon-Matabelo
apalagi yang dibawah emoticon-Matabelo
Quote:


emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu
.
Jadi gimana bisnis pak harto goceng nya? emoticon-Cool
Ehhh, maksud ane perangko pak harto harga goceng 1pcs? emoticon-Ngakak
Karena carinya mesti berusaha
Quote:


ane mager gan keluar zona nyaman, trus masih ada tuntutan kerja emoticon-Ngakak
Mengapa Benda Bisa Jadi “Antik” dan Berharga Mahal?
GEMBOK ANTIK DULU
emoticon-Cool


Quote:

Wkwkwk.. Coba peruntungan di FJB kali yaa.. emoticon-Ngacir2
Diubah oleh MhadKakashi
seni serta histori nya yang tidak bisa dinilai dengan harga murah

tapi lebih dominan karna limited edition

Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di