alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Mendagri Laporkan Gratifikasi Keris Komando Kerajaan Majapahit
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b15a583d675d4507e8b4586/mendagri-laporkan-gratifikasi-keris-komando-kerajaan-majapahit

Mendagri Laporkan Gratifikasi Keris Komando Kerajaan Majapahit

Mendagri Laporkan Gratifikasi Keris Komando Kerajaan Majapahit

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima laporan sejumlah gratifikasi dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Salah satu gratifikasi yang dilaporkan Tjahjo adalah keris komando dari kerajaan Majapahit abad ke-14 bertahta intan.


Pantauan di lokasi, keris tersebut berwarna emas dengan berlian di bagian atas dan bawahnya. Ketua KPK Agus Rahardjo yang memimpin konpers barang hasil penerimaan gratifikasi itu pun sempat takjub melihat keris tersebut.


Tak hanya keris, Tjahjo juga turut melaporkan gratifikasi lain berupa jam tangan merek Audemars Piguet seharga Rp600 juta. 'Dan kain dari sejumlah daerah sebanyak 45 potong,' kata Direktur Gratifikasi KPK, Giri Suprapdiono di Gedung KPK, Jakarta, Senin, 4 Juni 2018.


Selain Tjahjo, menurut Giri, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pun turut melaporkan gratifikasi berupa perhiasan berlian senilai Rp50 juta. Ada juga seorang Direktur Jenderal pada Kementerian yang melaporkan penerimaan gratifikasi berupa uang 200 ribu dollar Singapura.


Giri mengatakan total keseluruhan pelaporan gratifikasi yang diterima KPK berjumlah 795 laporan. Namun tidak semua identitas pelapor gratifikasi dapat disampaikan kepada publik.


'Nama pelapor tidak semuanya bisa diekspos,' jelas Giri.


Dari 795 laporan itu, sebanyak 534 laporan di antaranya dinyatakan menjadi milik negara, 15 laporan dinyatakan milik penerima, dan sisanya 246 laporan masuk kategori negative list atau gratifikasi yang diperbolehkan diterima dan tidak wajib dilaporkan.


Giri menyebut nilai gratifikasi yang telah ditetapkan menjadi milik negara mencapai Rp6,2 miliar dengan rincian Rp5,4 miliar dalam bentuk barang sedangkan dalam bentuk uang bernilai Rp753,7 juta.


Sedangkan, untuk nilai gratifikasi terbesar yang menjadi milik negara adalah pelaporan dari Presiden Joko Widodo dengan nilai Rp58 miliar, pelaporan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan nilai Rp40 miliar dan pegawai Pemprov DKI Jakarta dengan nilai Rp9,8 miliar, Direktur Jenderal salah satu Kementerian Rp5,2 miliar, dan mantan Menteri ESDM Sudirman Said Rp3,9 miliar.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/8K...jaan-majapahit

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Mendagri Laporkan Gratifikasi Keris Komando Kerajaan Majapahit Zumi Zola Ditahan, Rumah Dinas Gubernur Jambi Sepi

- Mendagri Laporkan Gratifikasi Keris Komando Kerajaan Majapahit Saksi Sebut Ada Suap saat KPK Bangun Gedung

- Mendagri Laporkan Gratifikasi Keris Komando Kerajaan Majapahit Menag Apresiasi Penghulu Laporkan Gratifikasi ke KPK

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di