alexa-tracking

Pemda Boleh Gunakan Anggaran Lain untuk 'Talangi' THR PNS

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b15539adbd77021118b4567/pemda-boleh-gunakan-anggaran-lain-untuk-talangi-thr-pns
Pemda Boleh Gunakan Anggaran Lain untuk 'Talangi' THR PNS
Pemda Boleh Gunakan Anggaran Lain untuk 'Talangi' THR PNS

Spoiler for beritah:


mean while...

Ahli Hukum Magarito: Menggeser Anggaran Buat Bayar THR Dan Gaji 13 Masuk Pidana Korupsi

Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis mengkritik kebijakan pemerintah khususnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang melimpahkan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji 13 kepada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Dari segi tata negara dan hukum keuangan, gagasan memberi THR dan gaji ke 13 bukan hal aneh. Keanehannya baru muncul bila THR dan gaji ke 13 itu tidak dianggarkan dalam APBN dan atau APBD,” jelas Margarito kepada telusur.co.id, Senin (4/6/2018).

Kalau tidak ada dalam APBD, maka akibat hukumnya adalah Pemerintah terutama pemerintah daerah tidak punya dasar hukum melakukan pembayaran THR dan gaji ke 13 itu.

Tak hanya itu, pembayaran THR dan gaji 13 juga tidak dapat dipecahkan dengan cara menggeser mata anggaran dalam APBD.

“Bila Pemda menggeser mata anggaran dalam APBD, maka tindakan itu absolut bertentangan dengan hukum. Dapat dipastikan pergeseran itu akan menjadi temuan oleh BPK,” jelasnya.

Mengapa begitu? Karena surat edaran menteri dalam negeri tidak memiliki kapasitas hukum, sehingga tidak bisa dijadikan dasar hukum oleh Pemda menggeser anggaran.

“Bila Pemda memaksakan diri, maka potensi munculnya tindak pidana korupsi.”

Lebih jauh, Margarito menyarankan agar menteri terkait mencari uang sendiri untuk membayar THR dan gaji 13 daripada menyuruh Pemda yang membayar.

“Saran saya Mendagri dan atau Menteri Keuangan menyediakan dana untuk membaayar gaji 13 itu kepada pemerintah daerah. Simpelnya Mendagri siapkan aja uangganya agar digunakan pemda,” anjurnya.

Seperti diketahui, dalam Surat Edaran Mendari tanggal 30 Mei 2018 yang bernomor 903/3387/SJ dan ditujukan kepada Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia itu jelas jika surat itu mengenai pemberian THR dan gaji 13 yang bersumber dari APBD.

Poin keenam dari surat edaran yang ditandatangani oleh Tjahjo Kumolo itu menyebutkan bagi daerah yang belum menyediakan/tidak cukup tersedia anggaran THR dan gaji 13 dalam ABBD tahun 2018, pemerintah daerah segera menyediakan anggaran THR dan gaji 13 dimaksud dengan cara melakukan penggeseran anggaran yang dananya bersumber dari belanja tidak terduga, penjadwalan ulang kegiatan dan atau menggunakan kas yang tersedia.

Lalu poin ketujuh, penyediaan anggaran THR dan gaji 13 atau penyesuaian nomenklatur anggaran sebagaimana tersebut pada angka 6 dilakukan dengan cara merubah penjabaran APBD tahun 2018 tanpa menunggu perubahan APBD tahun 2018 yang selanjutnya diberitahukan kepada pimpinan DPRD paling lambat 1 bulan setelah dilakukan perubahan penjabaran APBD dimaksud.

https://telusur.co.id/2018/06/04/mag...idana-korupsi/



emoticon-Leh Uga

emoticon-Leh Uga
emoticon-Leh Uga
KASKUS Ads
image-url-apps
Nggak apa2 kok, rakyat sudah ikhlas kalau mau pakai dana APBD buat bayar gaji 13 dan THR PNS. Lagi pula jalan2 sudah halus tidak ada yang rusak. Dana APBN buat yang lain saja.
image-url-apps
ini namanya ntraktirin orang makan..eh orang lain yg disutuh bayar..trus dengan suka hati bilang ke orang yg bayar..besok lo ngk usah naik motor mau kekantor..jalan kaki saja 😁😁😁
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
lucu2an apa lagi ini? nga bosan apa tiap hari kerjanya lucu2an?emoticon-Motret
image-url-apps
Dapat THR gak Mol?

Oh ya, lu gak butuh ya.

Udah dapet subsidi dari jin buat bisnis ruqyah lu di Jogja.

Lu dapet uang dari lu ngasih makan jin.
Jin dapat makan dari hasil bantu lu nipu pasien.

emoticon-Leh Uga si laknat.
image-url-apps
memaksakan diri carmuk ke.pns

pns mah nikmati.aje mereka juga tau kowi lgi carmuk

tpi tetep ga nyoblos.kowi

andai.kata beye bole ikut.pilpres lgi pasti seluruh pns pilih beye emoticon-Big Grin
image-url-apps
Kurang uang???

Nyetak yang banyak!!!

Eh, gw kayak nya pernah denger bacotan goblok itu deh.

Kader goblok partai apa ya?
Quote:


puasa-puasa kok suudon, pitonah, nyolot, dengki

awas kena stroke pak tuaemoticon-Leh Uga
bisa ga seh ada kemungkinan suatu daerah entah itu Pemkot, PemKab, ato Pemprov bangkrut keabisan duit?emoticon-Bingung
image-url-apps


negeriku semakin lucu emoticon-Ngakak

emoticon-Leh Uga
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Pencitraan kagak modal
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


alay goblok pig pig emoticon-Wkwkwk

Pemda Boleh Gunakan Anggaran Lain untuk 'Talangi' THR PNS
image-url-apps
harusnya buat jalan bolong akhirnya buat gaji 13
gw penasaran diluar sana ada berapa negara yang ngasih gaji 13
image-url-apps
Quote:


Gitu ya Mol? emoticon-Big Grin
Soal Su'udzon sama Fitnah kayaknya kedoyanan lu dah Mol. emoticon-Big Grin

Nyolot? Lu banget. emoticon-Big Grin

Dengki? Ngapain gw dengkiin dukun yang ditutup pake agama? Apalagi bisnisnya haram, pakai jin buat nipu.

emoticon-Wakaka
×