alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Makanan Khas Cirebon part 1
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b154cd41854f798728b4567/makanan-khas-cirebon-part-1

Makanan Khas Cirebon part 1

1.Nasi Jamblang (Sega Jamblang)
Tak lengkap rasanya jika wisata ke Cirebon tanpa mencicipi kuliner khas Cirebon yang satu ini. Nasi Jamblang punya ciri khas dengan bungkus daun jati. Berbeda dengan nasi liwet asal Sunda yang dibungkus dengan daun pisang.

Nasi Jamblang awalnya dikenal dari Desa Jampang, Kabupaten Cirebon. Karena unik dan juga murah, nasi jamblang akhinya mulau populer dijajakan di wilayah lain di Cirebon.

Penikmat kuliner bisannya disodorkan dengan beberapa pilihan lauk seperti ikan asin, sate kentang, perkedel, tahu sayur, tempe, aneka pepes, ayam goreng dan lauk yang paling khas seperti tumis cumi hitam dan paru goreng yang renyah dan gurih. Rasanya sudah pasti bakal bikin ketagihan dan bikin nambah.

Makanan khas Cirebon ini dijajakan dengan harga lauk yang sangat terjangkau mulai dari Rp 2.000 sampai dengan Rp 20.000.


2. Empal Gentong
Tak berbeda jauh dengan nasi jamblang, kuliner khas Cirebon yang satu ini memang sudah menjadi ikon makanan enak dari Cirebon. Empal gentong dijajakan dengan menggunakan kuali dari tanah liat. Aromanya sangat berbeda karena dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar.

Kuah kuning empal gentong sangat nikmat jika disantap dalam keadaan panas. Rasanya gurih dan menyegarkan di mulut. Kuahnya saja sudah enak, apalagi jika ditambah dengan isian yang istimewa seperti daging sapi pilihan dan beberapa aneka jeroan.

Beberapa jeroan yang bisa dipilih sebagai sajian istimewa empal gentong seperti babat, usus, limpa, paru dan tentu saja daging sapi yang lembut.

Harga empal gentong pun sangat bersahabat mulai dari Rp 17.000 hingga Rp 22.000 tergantung tempatnya. Beberapa warung empal gentong ternama di Cirebon seperti Empal Gentong H.Apud, Empal Gentong Amarta dan juga Empal Gentong Mang Darma.


3. Nasi Lengko(Sega Lengko)
Selain nasi jamblang, kuliner khas Cirebon yang juga wajib kamu santap adalah nasi lengko. Jika sudah pernah menikmat nasi pecel, pasti akan menganggap nasi lengko ini sebagai nasi pecel khas Cirebon.


Nasi lengko dipadukan dengan beberapa sayuran seperti tauge, daun bawang, timun, potongan tahu tempe. Ciri khas nasi lenko disiram dengan kuah bumbu kacang yang jadi favorit para penyuka kuliner pedas. Nasi lengko semakin harum dan nikmat karena ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun kucai.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nasi jamblang
banget nyangmo di bahas keknya

ada part nya

ditunggu series selanjutnya
kurang sehat kalo diliat pas siang hari nih emoticon-Wkwkwk

empal gentong sukaan ane.
di jawatimur banyak yg jual soalnya emoticon-Baby Boy 1
nasi jamblang pengen banget nyoba tapi gatau dimana


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di