alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Lini Masa: Serba-Serbi Mudik Lebaran 2018
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1548591cbfaaa5668b4574/lini-masa-serba-serbi-mudik-lebaran-2018

Lini Masa: Serba-Serbi Mudik Lebaran 2018

Lini Masa: Serba-Serbi Mudik Lebaran 2018

Jakarta, Indonesia—Pulang kampung atau mudik menjadi tradisi yang terus berulang setiap Lebaran. Bagi mayoritas umat muslim, merayakan Idul Fitri bersama keluarga bahkan bisa dibilang merupakan sebuah keniscayaan. Karena itu, di hari-hari terakhir menjelang Lebaran, jutaan orang menempuh berbagai jalur untuk pulang kampung. 

Menurut survei yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), enam hari menjelang Lebaran (H-6) atau pada Sabtu, 9 Juni 2018, bakal jadi puncak arus mudik. Kemenhub juga memprediksi bakal terjadi peningkatan jumlah pemudik pada semua jenis moda transportasi. Jenis angkutan bus misalnya, naik sebesar 1,76% dari tahun lalu dengan jumlah pemudik sekitar 8 juta orang. Adapun, pengguna sepeda motor diprediksi mencapai 8,5 juta orang. 

Survei yang sama juga menyebutkan bahwa jumlah pemudik terbanyak berasal dari wilayah Jabodetabek dengan tujuan mudik paling banyak ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta. Pengunaan kereta api sebagai moda transportasi mudik juga mengalami peningkatan hingga 2,37 persen. Sedangkan untuk jalur laut, penggunaan kapal roro meningkat sebanyak 3,5 persen dan kapal laut sebanyak 1,17 persen. Di sektor penerbangan, jumlah pemudik meningkat sebesar 0,93 persen.  

Menyambut musim mudik tahun ini, Rappler menyaring informasi terkini agar para pembaca dapat mengetahui situasi di berbagai pelosok Tanah Air saat akan mudik atau ketika berada dalam perjalanan. Laman ini akan terus diperbaharui hingga akhir arus balik pasca-Lebaran. 


Senin, 4 Juni 2018
Sebagaimana survei Balitbang Kemenhub, pihak kepolisian memprediksi tanggal 8, 9 dan 10 Juni 2018 sebagai puncak arus mudik Lebaran tahun ini. Khusus untuk jalur mudik dari Jakarta ke Jawa dan Sumatera, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan personel sebanyak 1.273 untuk mengamankan jalur mudik. 

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, personel lantas bakal ditempatkan di titik-titik rawan kemacetan di sepanjang jalur mudik. "Semua titik jalur Cikampek, kemudian jalur Jagorawi, jalur ke Banten, termasuk di dalam kota, termasuk tempat-tempat pemberangkatan, ada beberapa terminal, stasiun, bandara, ada," ujar Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 4 Juni 2018. 

Polda Metro juga telah menyiapkan sejumlah check point sebagai sarana istirahat selama berkendara saat mudik Lebaran. Untuk mengurangi tingkat kecelakaan, Yusuf mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor selama mudik dan memakai moda transportasi umum yang telah disiapkan pemerintah.

—Rappler.com


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Lini Masa: Serba-Serbi Mudik Lebaran 2018 7 Inspirasi Style Chris Pratt yang Maskulin Banget!

- Lini Masa: Serba-Serbi Mudik Lebaran 2018 10 Style ala Selebgram Sari Endah Pratiwi, Bisa Ditiru Buat Ngampus

- Lini Masa: Serba-Serbi Mudik Lebaran 2018 10 Mix and Match ala Nissa Sabyan Ini Bikin Gayamu Jadi Trendi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di