alexa-tracking

YANG HOBI NGE-TRAIL WAJIB BACA! >> Spek & Harga Honda CRF125F, Motor Trail Pemula

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b153427947868e8698b4568/yang-hobi-nge-trail-wajib-baca-gtgt-spek-amp-harga-honda-crf125f-motor-trail-pemula
YANG HOBI NGE-TRAIL WAJIB BACA! >> Spek & Harga Honda CRF125F, Motor Trail Pemula
Honda merupakan salah satu merek populer di segmen roda dua. Brand asal Jepang ini telah melahirkan banyak varian di segmen motor bebek, sport bike, hingga skuter matik. Namun, tidak cuma tiga segmen tersebut, perusahaan berlogo sayap mengepak itu juga punya beberapa model di segmen trail, salah satunya CRF125F, yang saat ini dilepas dengan harga mulai 2.999 dolar AS untuk pasar global.

Spesifikasi Honda CRF125F

YANG HOBI NGE-TRAIL WAJIB BACA! >> Spek & Harga Honda CRF125F, Motor Trail Pemula 

Test drive Honda CRF 125 F di medan berat (sumber: dirtibiketest.com)


Dikutip dari situs Wikipedia, lini CRF pertama kali diluncurkan oleh perusahaan Negeri Matahari Terbit pada tahun 2000 silam, sebagai penerus Honda XR Series. Motor ini hadir dalam beragam tipe, mulai mesin berkapasitas 149cc hingga 449cc, dengan model CRF450R muncul sebagai varian pembuka. Khusus untuk model CRF125F, sepeda motor ini pertama kali dirilis sekitar tahun 2014 lalu, bersamaan dengan varian CRF50F, CRF70F, CRF110F, CRF80F, CRF100F, CRF150F, dan CRF230F.

Di dalam situs resminya, Honda menulis bahwa sepeda motor, terutama dirt bike, merupakan kendaraan pribadi. Mengendarai sepeda motor yang tidak pas rasanya seperti mencoba lari maraton menggunakan sepatu yang terlalu besar atau terlalu kecil. Karena itu, Honda pun membuat seluruh keluarga dirt bike mereka dengan berbagai ukuran, salah satunya model CRF125F.
Sepeda motor ini sendiri merupakan penerus dari model lama, seperti CRF80F dan juga CRF100F. Namun, tidak hanya melakukan upgrade kapasitas mesin, perusahaan asal Negeri Matahari Terbit juga melakukan sejumlah revisi pada bagian sasis, ketinggian tempat duduk, dan juga roda. Motor ini dikatakan sebagai ‘sweet spot’ yang menjadi pilihan bagus untuk pengendara muda atau orang dewasa yang memiliki tubuh tidak cukup besar.

Menurut ulasan Hondaprokevin.com, sebagai penerus model CRF100F, CRF125F (dan juga CRF125FB Big Wheel) tidak hanya memiliki kapasitas mesin yang lebih besar; mesin empat kecepatan telah disetel khusus untuk memberikan banyak torsi bawah-akhir yang ramah bagi biker pemula. Penambahan seperti starter listrik juga membuat berkendara lebih mudah bagi pengendara muda.

Bingkai baru, suspensi yang ditingkatkan, dan pengaturan kinerja rem yang ditingkatkan memberikan penanganan dan penghentian yang meyakinkan. Dan, desain canggih yang terinspirasi dari varian CRF450R memberikan isyarat styling untuk bodywork CRF125F. Pada intinya, CRF125F dibangun untuk menjadi segalanya yang bisa diharapkan oleh mereka dengan level pemula saat mereka melanjutkan perjalanan off-road. Motor ini tangguh, meyakinkan, mudah untuk dioperasikan, dan sangat menyenangkan.

Honda CRF125F sendiri mengusung sasis kerangka tulang belakang berlian merek baru yang memberikan keseimbangan sempurna dari kekakuan dan kekuatan sehingga memastikan perjalanan yang stabil dan menarik. Desain kotak baterai (baterai terintegrasi) dipasang memanjang dalam rangka, membuat sepeda motor ini ramping dan memiliki ketinggian kursi 28,9 inci, sehingga membuatnya mudah ditangani oleh sebagian besar anak muda berusia 10 tahun ke atas.

Di sektor suspensi, pabrikan Negeri Sakura menyematkan garpu teleskopik di bagian depan berukuran 31 mm serta suspensi single shock Pro-Link untuk suspensi belakang. Shock belakang menggunakan piston damper diameter 32 mm dan ruang tekanan udara/minyak/gas terpisah untuk mengurangi emulsifikasi. Kualitas suspensi yang tinggi berarti penyerapan benjolan, kualitas kendara, dan pelacakan jarak jauh yang lebih baik.

Untuk stabilitas dan traksi, roda depan memiliki ukuran 17 inci, yang dikombinasikan dengan roda belakang berukuran 14 inci. Sementara, untuk rasa motor yang lebih besar dan peningkatan stabilitas, varian Honda CRF125F Big Wheel menggunakan roda depan berukuran 19 inci dan roda belakang 16 inci. Untuk menghentikan laju kendaraan, sudah terpasang rem cakram hidrolik berdiameter 220 mm di depan, dengan rentang tuas yang dapat disetel, dan rem model tromol berukuran 95 mm di belakang.

YANG HOBI NGE-TRAIL WAJIB BACA! >> Spek & Harga Honda CRF125F, Motor Trail Pemula 

Honda CRF 125 F tampak samping (sumber: powersports.honda.com)


Beralih ke bagian jantung pacu, motor ini dipersenjatai dengan mesin tipe 4-stroke, SOHC, berkapasitas 124,9cc, pendingin udara, single cylinder, dua katup, yang memberikan torsi bottom-end yang kuat dan linier sekaligus sebuah langkah maju yang signifikan dibandingkan model CRF100F. Fokus para insinyur Honda sendiri adalah mempercepat aliran gas dan mengurangi tumpang tindih katup sehingga menghasilkan peningkatan kinerja pada putaran rendah dan kecepatan rendah. Daya puncak diklaim menembus 8,9 HP pada putaran 7.000 rpm, dan torsi mencapai 7,52 lb-ft pada putaran 4.500 rpm.

Ditempa oleh karburator, desain airbox baru, yang terletak memanjang, menghemat berat, meningkatkan aliran udara, dan juga menempatkan baterai kompak yang diperlukan untuk starter listrik. Filter udara menggunakan jenis elemen yang sama dengan CRF450R untuk area permukaan yang lebih besar dan peningkatan volume asupan udara. Penutup sprocket drive tidak lagi terintegrasi dengan penutup ACG untuk meningkatkan aksesibilitas saat mengganti sprocket depan. Gearbox dan kopling manual empat percepatan, bagian penting dari filosofi dirt bike pertama, berubah halus dan mudah digunakan. Berikut spesifikasi teknis Honda CRF125F.

Tipe Mesin = 4-stroke, SOHC, two valve, air-cooled, single cylinder
Kapasitas Mesin = 124,9cc
Diameter x Langkah = 52,4 mm x 57,9 mm
Rasio Kompresi = 9,0:1
Daya Maksimum = 8,9 HP @ 7.000 rpm
Torsi Maksimum = 7,52 lb-ft @ 4.500 rpm
Transmisi = Manual, 4-speed
Suspensi Depan = Teleskopik 31 mm
Suspensi Belakang = Pro-Link single shock
Rem Depan = Hydraulic disc 220 mm
Rem Belakang = Drum
Ban Depan = 70/100-17; 70/100-19 (Big Wheel)
Ban Belakang = 0/100-14; 90/100-16 (Big Wheel)
Jarak Sumbu Roda = 48 inch; 49,4 inch (Big Wheel)
Tinggi Jok = 28,9 inch; 30,9 inch (Big Wheel)
Berat = 192 pon; 194 pon (Big Wheel)
Kapasitas Bahan Bakar = 1,1 gallons
Jarak ke Tanah = 8,5 inch

Harga Honda CRF125F

YANG HOBI NGE-TRAIL WAJIB BACA! >> Spek & Harga Honda CRF125F, Motor Trail Pemula 

Tampilan sisi kiri Honda CRF 125 F (sumber: powersports.honda.com)


Di dalam situs resminya, Honda menawarkan varian CRF125F hanya dalam satu varian warna, yaitu merah. Untuk model CRF125F Standard, sekarang dilepas dengan harga 2.999 dolar AS atau sekitar Rp41,98 jutaan untuk pasar global, sedangkan varian CRF125F Big Wheel dijual dengan harga mulai 3.399 dolar AS atau setara Rp47,58 jutaan.

Sumber: harga.web.id
CRF250 Rally made in Thailand cuma 65jt, lebih worth to buy kek nya.

Kalo buat belajar, CRF150L dari AHM cukup 34jt.