alexa-tracking

Jokowi Lepas Ekspor Langsung Produk Indonesia ke AS

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b15338ae052276a148b4567/jokowi-lepas-ekspor-langsung-produk-indonesia-ke-as
Jokowi Lepas Ekspor Langsung Produk Indonesia ke AS
Jokowi Lepas Ekspor Langsung Produk Indonesia ke AS
Jakarta, Presiden Joko Widodo secara resmi melepas ekspor langsung (direct call) produk-produk buatan Indonesia, ke Amerika Serikat (AS) menggunakan kapal berukuran raksasa, dengan sistem pelayaran langsung tanpa singgah di pelabuhan mana pun.
Ini bertujuan untuk memangkas biaya logistik berkisar US$ 300-500 per petikemas, direct call juga dapat mengurangi waktu tempuh ke tempat tujuan. Ada pun komoditas barang nonmigas yang diekspor ke AS terdiri atas, produk-produk tekstil dan machinery metal.
“Dengan kapal besar, kita ingin tunjukkan bahwa ekonomi kita berjalan baik, tetap tangguh dan terus bergerak,” kata Presiden.
Kepala Negara mengatakan, direct call sangat efektif karena dapat menurunkan biaya logistik dan waktu tempuh, kapal berukuran raksasa itu akan mengangkut komoditas barang nonmigas asal Indonesia sebanyak 4.300 TEUs petikemas.
“Artinya, pengiriman ini besar sekali. Dilakukan secara efisien melalui fasilitas direct call dan menurunkan biaya logistik. Setiap kontainer menghemat biaya US$ 300 dan ini akan memberikan daya saing produk-produk kita dengan negara lain. Dan, saat ini yang dikirim adalah produk alas kaki, garmen, elektronik, dan banyak lagi yang lain,” tambah Kepala Negara.
Untuk meningkatkan ekspor nasional, Presiden menambahkan saat ini, Indonesia tidak lagi mengekspor bahan mentah. Indonesia memiliki peran yang sangat penting di Indo Pasifik.
“Ekspor kita ke Amerika Serikat menandai Indonesia memiliki peran strategis di Indo Pasifik. Sebagai negara besar di Asia Tenggara, Indonesia terus mengembangkan Indo-Pasifik untuk pengembangan industri di dunia. Kita akan terus tingkatkan ekspor sehingga akan memperkuat perekonomian kita,” tambah Presiden.
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga mengatakan, direct call produk Indonesia ke Amerika Serikat menjadi komitmen pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekspor nasional. Produk-produk hasil manufaktur berkontribusi cukup besar bagi ekspor nasional.
“Ini menjadi simbol saja bahwa kita akan terus mendorong ekspor dan investasi. Kalau ekspor manufaktur, tahun lalu sebesar 74% dari total ekspor negeri ini,” katanya.
Di tempat yang sama, Ketua Umum Indonesian National Shipowner’s Association (INSA) Carmelita Hartoto mengapresiasi langkah pemerintah menerapkan sistem direct call dalam upaya meningkatkan ekspor nasional.
“Bagi pengusaha, logistic cost menjadi lebih rendah. Itu sudah pasti, sebab kalau transit di Singapura akan lebih mahal,” kata Carmelita.
Kapal CMA CGM Tage yang berlabuh pada Minggu (13/5), berkapasitas sekitar 10 ribu TEUs. Kapal berbobot 95.263 GT (Gross Tonnage) dengan ukuran panjang 300 meter, merupakan satu dari beberapa kapal raksasa yang kini secara rutin berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok.

Spoiler for Berita:



Sumber Berita : http://www.bumn.go.id/pelindo2/berit...ndonesia-ke-AS

Tapi resikonya juga lebih tinggi dong yak? Kalo ditengah laut kena badai terus guling. Habislah itu barang-barang

Kenapa harus ke amerika?
Ana bingung sama pola pikir pemerintah apa apa amerika dikit dikit amerika, ada apa dengan amerika
gpp ѕelaмa мengυnтυngĸan emoticon-Angkat Beer
Bye-bye transito emoticon-Thinking
Quote:


Jadi harusnya Arab Saudi atau Thailand gitu? Itu cuman negara dunia kedua kali.
Dukung pakde lbh dekat sama amerika ketimbang dgn china
Quote:

Omongan ente mencerminkan kurang pencerahan keadaan geopolitik negara ini...emoticon-Big Grin
Mending survey dan belajar dahulu sebelum komen...emoticon-Ngakak (S)
singapore gigit jari nih, 1 kapal ga kasih devisa ke mrk
Ekspor, dari jaman soeharto juga udah ekspor.
Masalahnya di jaman jokowi ini impornya meningkat tajam, sampai2 garam pun impor, bahkan tenaga kerja kasar juga impor.

emoticon-Traveller
emoticon-I Love Indonesia
wuooohh mantab! jadi teringat deg2anya di momen pa de dikatakan mirip naby ucup


emoticon-Leh Uga
emoticon-Traveller
wah semoga terus naik grafik ekspornyaemoticon-Jempol
luar biasa sekali ekspor nya emoticon-Matabelo
Eksport cewe juga ga ya emoticon-Leh Uga
Pak harga direct mahal pak meningan via Busan atau Shanghai dulu.
masyarakat butuh kerja nyata bukan pencitraan emoticon-fuck2
Bisa meroket nih rupiah emoticon-I Love Indonesia (S)
Gi ngirim sinyal emoticon-Big Grin