alexa-tracking

Penyebab Harga Tong Sampah DKI Mahal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1514ac54c07af44e8b457f/penyebab-harga-tong-sampah-dki-mahal
Penyebab Harga Tong Sampah DKI Mahal
Penyebab Harga Tong Sampah DKI Mahal

Jakarta: Pengadaan tong sampah di Pemprov DKI Jakarta terbilang fantastis. Satu tong sampah seharga USD253,62 atau setara Rp3,59 juta per unit.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa menjelaskan alasan mengapa harga tong sampah mencapai jutaan rupiah. Pertama, karena tong sampah dibuat langsung di Jerman yang tak mudah rusak.


'LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) kan sudah ngerti kualitasnya. Lagi pula tong sampah ini sudah standar Eropa bukan Tiongkok, kualitasnya beda,' kata Isnawa saat dihubungi, Jakarta, Senin, 4 Mei 2018.


Baca juga: DKI Pesan Tong Sampah Hingga Rp9,58 Miliar


Penyebab lain yang membuat harganya mahal lantaran tong sampah tersebut memiliki kapasitas besar, yakni 660 liter. Tong sampah tersebut juga bersertifikasi.


'Dustbin (tong sampah) ini ada serfifikasi EN 840, jadi sertifikasi dustbin internasional di Eropa,' ungkapnya.


Nantinya, di badan tong sampah akan diberi logo Jaya Raya. Bila ada yang mencuri akan dikenakan pidana.


'Jadi nanti ada hot stamp, kalau ada yang mencuri ada tindak pidana. Karena sering tong sampah kita dicuri. Kalau dicuri kan ada logonya, jadi orang enggak berani beli barang curian,' ungkapnya.


Rupanya, pengadaan tong sampah ini bukan kali pertama. Pada 2017, Dinas Lingkungan Hidup melakukan pengadaan tong sampah sebanyak 1.500 unit dengan ukuran 140 liter dan 1.000 unit ukuran 160 liter.


'Itu emang pasangannya truk convector. Jadi, kaya di Eropa sudah bisa dipakai itu. Nanti tong sampahnya tinggal diangkat ke dalam secara otomatis,' ungkapnya.


Baca juga: Alasan Pemprov Impor Tong Sampah dari Jerman


Isnawa menyampaikan setiap pengadaan tak pernah luput dari pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). BPK selalu mengecek jumlah dan peletakan tong sampah.


Rencananya, tong sampah akan diletakkan di pinggir kali, pinggir rel, taman, waduk, dan sejumlah lokasi lainnya. 'Apalagi kita mau Asian Games, ya saya malu sebagai Kadis kalau banyak gerobak sampah di jalan. Berantakan dan jorok,' pungkas dia.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/metro/JK...mpah-dki-mahal

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Penyebab Harga Tong Sampah DKI Mahal Sandi Siapkan Peta Jalan Keamanan DKI

- Penyebab Harga Tong Sampah DKI Mahal Sandi Dorong UMKM Ikut Lelang Mebel Sekolah

- Penyebab Harga Tong Sampah DKI Mahal Sandi Sebut WTP Hasil Kerja Empat Gubernur

asalkan ga korupsi, lanjut kan sajah....emoticon-Traveller

lah ini ane ga sengaja pertamax ye emoticon-Wakaka