alexa-tracking

Pemerintah akui Bitcoin dkk sebagai dagangan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1509e4dad77034678b456b/pemerintah-akui-bitcoin-dkk-sebagai-dagangan
Pemerintah akui Bitcoin dkk sebagai dagangan
Pemerintah akui Bitcoin dkk sebagai dagangan
Ilustrasi Bitcoin.
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) secara resmi mengakui mata uang kripto seperti Bitcoin sebagai komoditas alias dagangan yang dapat diperdagangkan di bursa perdagangan berjangka. Kebijakan itu ditetapkan melalui Keputusan Kepala Bappebti.

Menurut Kepala Biro Pengawasan dan Pengembangan Pasar Bappebti Dharma Yoga, Kepala Bappebti sudah menandatangani keputusan untuk menjadikan cryptocurrency sebagai komoditi yang layak diperdagangkan di bursa.

"Sudah ditetapkan dua tiga hari lalu, cuma saya belum tahu nomor Surat Keputusannya," ujar Yoga kepada Kontan.co.id, Kamis (31/5/2018) lalu.

Yoga mengatakan, keputusan itu diambil setelah Bappebti melakukan kajian selama 4 bulan terakhir. Berdasarkan kajian itu, menurut Yoga, mata uang kripto layak dikategorikan subjek dagangan atau dikelompokkan sebagai komoditi.

Bappebti adalah badan pengawas perdagangan berjangka yang ada di bawah Kementerian Perdagangan. Januari lalu, Kepala Bappebti Bahrul Chairi menyatakan tengah mengkaji peluang Bitcoin sebagai aset digital, bukan sebagai alat pembayaran. Sebab BI telah secara tegas melarang bitcoin digunakan sebagai alat pembayaran.

Setelah penetapan ini, menurut Yoga, Bappebti akan membuat peraturan lebih lanjut yang terkait dengan mata uang kripto. Misalnya perusahaan bursa dagang (exchanger), dompet mata uang kripto (wallet), penambangan mata uang kripto (mining), juga ketentuan pajaknya.

Peraturan lebih lanjut ini akan melibatkan institusi lain seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Direktorat Jenderal Pajak. Menurut Yoga, pelaku usaha mengusulkan perdagangan kripto dikenakan pajak final seperti halnya perdagangan di bursa pasar modal.

Pengakuan mata uang kripto sebagai subjek komoditas ini selaras dengan larangan Bitcoin sebagai alat pembayaran. Tapi kalau untuk investasi, pemerintah tak mempermasalahkan.

"Sebagai pemerintah kami akan terus menyampaikan pandangan. Kalau sebagai alat investasi, itu keputusan pada masyarakat, tapi sudah diingatkan (risikonya)," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2018) seperti dikutip dari Kompas.com.

Pemerintah tak mengakui mata uang kripto sebagai alat tukar dan sistem pembayaran. Yang diakui hanya Rupiah, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

CEO Indodax, bursa mata uang kripto di Indonesia, Oscar Darmawan dalam wawancaranya dengan Beritagar tahun lalu menyatakan, Bitcoin atau mata uang kripto tak hendak menggantikan Rupiah sebagai alat pembayaran.

Selama ini, di Indonesia mata uang kripto memang menjadi sarana investasi. Di Indonesia, perdagangan mata uang kripto ini banyak dilakukan di bursa mata uang kripto Indodax (d/h: bitcoin).

Ada 22 jenis mata uang kripto yang diperjual belikan di bursa tersebut. Nilai transaksinya memang besar, rata-rata ratusan miliar hingga hampir Rp1 triliun dalam sehari. Nilainya naik turun seiring naik turun harga tiap keping Bitcoin. Saat berita ini ditulis, harga satu keping Bitcoin mencapai Rp106 juta.
Pemerintah akui Bitcoin dkk sebagai dagangan
Grafik perdagangan di Indodax (d/h: bitcoin). Catatan redaksi: Penulis berinvestasi mata uang kripto. dalam jumlah kecil Semua isi dalam tulisan ini BUKAN saran investasi mata uang kripto. Investasi Anda adalah tanggung jawab pribadi.Pemerintah akui Bitcoin dkk sebagai dagangan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...bagai-dagangan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pemerintah akui Bitcoin dkk sebagai dagangan Hak korban bisa hilang jika aset First Travel disita negara

- Pemerintah akui Bitcoin dkk sebagai dagangan Premium kembali hadir di Jawa dan Bali menjelang Lebaran

- Pemerintah akui Bitcoin dkk sebagai dagangan Pilot Garuda tak akan mogok pada masa mudik

image-url-apps
ane lebih suka yang real
image-url-apps
ni uang gampang di tambang
KASKUS Ads
uang jaman now anti tipu-tipu anti hoax, favorit ane nomor 2 setelah emas dan lebih mantap dari US $ emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek emoticon-Imlek
×