alexa-tracking

Apel Beracun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14fbc3d89b0959468b458c/apel-beracun
Apel Beracun
Game mode: Probability


Sebagai rakyat, aku harus menuruti perintah raja untuk bekerja di kebunnya. Selama sebulan aku tidak boleh meninggalkan kerajaan. Di sana aku tidak diperlakukan secara manusiawi. Harus bekerja dari pagi hingga sore tanpa istirahat. Untung saja raja menjanjikanku beberapa koin emas jika aku bekerja dengan baik.

Setelah sebulan, akupun menerima upah dari raja atas kerja kerasku. Namun aku merasa ditipu karena hanya diberi koin kuningan. Aku tidak berani langsung meminta raja tambahan upah, tetapi aku akan menyuap penjaga kebun untuk menyelundupkan apel di kebun kerajaan dengan imbalan setengah hasil penjualan apel nanti kuberikan ke penjaga.

Tidak seperti yang aku harapkan, penjaga kebun itu malah menangkapku dan melaporkan usaha penyuapan itu. Sang raja marah dan berniat mengeksekusiku, tetapi ia masih memberiku 2 buah pilihan

Apel Beracun

Pilihan 1: Merah
Quote:


Pilihan 2: Hijau
Quote:


Racun ini bereaksi lama dan tidak begitu kuat, sekitar 24 jam. Sang raja pun memberi tahu kalau aku memakan satu buah apel beracun, aku akan baik-baik saja karena racunnya lemah. Tetapi jika aku memakan dua buah apel beracun, aku akan mati hari esok.

Pertanyaan

Quote:


No cheat: Tidak ada kecurangan seperti memakan setengah-setengah, makan sekali gigit dan disembunyikan di mulut, dll.
X = milih apel beracun
O = milih apel tidak beracun

APEL MERAH (wajib makan 2)

X X
X O
O X
O O

3 : 1 peluang tidak mati keracunan dibanding mati keracunan

APEL HIJAU (wajib makan 3)

X X O
X O O
X O X
O O O
O O X
O X X
O X O

4 : 3 peluang tidak mati keracunan dibanding mati keracunan

KESIMPULAN :

makan 2 apel merah resiko mati keracunannya lebih kecil
apelnya kita kasih inisial a,b,c,d,e
merah
a,b,c = beracun / d,e = aman
kemungkinan dapat
ab, ac, ad, ae, bc, bd, be, cd, ce, de,
yg mematikan cuma ab, ac, bc = 3 banding 10

hijau
a,b = beracun / c,d,e = aman
kemungkinan dapat.
abc,abd,abe,acd,ace,ade,bcd,bce,bde,
yg mematikan abc,abd,abe, = 3 banding 9

jadi pilih yg merah karena lebih besar kemungkinan amannya
Quote:

untuk mati di perlukan 2 buah apel, baru si pemakan akan mati, dan jika makan 1 tidak akan mati
jawabannya adalah apel hijau dengan perbandingan 3 buah apel biasa dan 2 buah apel beracun, dan harus memakan 3 buah apel dengan menyisakan 2 buah apel
anggap saja karena 1 buah beracun tidak akan membuat mati, jadikan jadi 4 buah apel yang tidak beracun, jadi lebh besar peluang bidup jika makan pada apel hijau
#gajelassendiri hahahha
Quote:


Ini termasuk peluang mungkin nya aja gan. Perbandingannya masih salah. Coba lagi ya

Quote:


Analisanya sudah bagus, memakai kombinasi. Tetapi ada yang kelewatan nih. Dicoba lagi gan

Quote:


Itu kalau 4 apel hijau vs 3 apel merah. Beda hasil gan dari 3 hijau vs 2 merah
Quote:



iya salah ngitung ane, ada yg kelewatan.
merah
a,b,c = beracun / d,e = aman
ab,ac,ad,ae,bc,bd,be,cd,ce,de
yg mematikan ab,ac,bc = 3:7

hijau
a,b = beracun / c,d,e = aman
abc,abd,abe,acd,ace,ade,bcd,bce,bde,cde
yg mematikan abc,abd,abe = 3:7

kesimpulan
semua apel sama resikonya

Quote:


emoticon-UltahSOLVED emoticon-Ultah
wah ternyata sama toh. kirain beda. ane ga pandai matematika sih.. emoticon-Hammer (S)

Spoiler for :


ya itu penilaian pribadi ane. harap maklum karena ane ga pintar matematika emoticon-Embarrassment
Yg lebih besar kemungkinan selamatnya yg hijau

Kalo makan 1 apel saja sudah mati,, kemungkinan selamat akan sama, yaitu 10%

Tapi ada kondisi harus 2 apel baru mati,, jadi dalam perhitungannya dibuat seolah merah 2 apel beracun dan hijau 1 apel beracun,,

Merah ambil 2
Pertama 3/5
Kedua 2/4
Dikalikan 6/20=30%

Hijau ambil 3
Pertama 4/5
Kedua 3/4
Ketiga 2/3
Dikalikan = 24/60 =40%

Nice puzzle,,emoticon-Jempol emoticon-Jempol

Edit:
Ternyata udah solped,,
Tp ane masih blm nemu dimana kesalahan teori ane gan,, mohon petuah,,
Quote:
Quote:


"Seolah merah 2 apel beracun dan hijau 1 apel beracun" -> asumsi hijau 1 apel beracun yang kurang logis

Hitungan peluang makan apel beracun di apel merah udah benar, P = 3/5 * 24 = 30% .

Hitungan apel hijau, selain salah asumsi di atas, salah juga cara penghitungan. Karena jumlah pengambilannya (3), lebih besar dari jumlah apel beracun (2) , maka lebih tepat kalo pake rumus peluang dengan kombinasi. Yang dihitung adalah = Kombinasi pengambilan 2 apel hijau racun + 1 apel hijau tidak beracun.

Anyway, yang hitungan pertama juga bisa diitung pake cara kombinasi ini. Yang dihitung di soal apel merah lebih simpel = Kombinasi pengambilan 2 apel merah beracun.

P(apel merah beracun) = C(apel merah ,merah racun) / C(apel merah, apel merah) = C(3,2) / C(5,2) = 3/10

P (apel hijau beracun) = C(apel hijau, apel hijau racun) * C(apel hijau, apel hijau tak beracun) / C(apel hijau, apel hijau) = C(2,2) * C(3,1) / C(5,3) = 3/10

So, sama aja mau makan yg merah atau ijo

*reminder rumus kombinasi C(a,b) = a! / (b! * (a-b)! )
misal C(3,2) = 3! / (2! * (3-2)! ) = 3 * 2 / 2 * 1 = 3

Quote:


Wah ane gagal paham,, btw thanks nambah ilmu ni,,
Next emoticon-2 Jempol
tapi kenapa kalo di pikir cepat dan pakai logika yang benar adalah apel hijau ya
hehehe mungkin blom sampai tahap situ daya logic ane emoticon-Sorry
pilih yg apel merah dong Om, karena cm makan 2 bh apel.
soal kelas 2 sma tapi udah lupa semua emoticon-Frown
yg jelas kalo dapat apel pertama beracun dg apel pertama tidak beracun maka peluang dapat apel2 selanjutnya beracun berbeda
Quote:





Untuk teori biasa atas ane sudah oke jawabannya dan ane setuju.
Tp coba edit dari metode si agan ini dengan teori ane emoticon-Cool

X = milih apel beracun
O = milih apel tidak beracun

APEL MERAH (wajib makan 2)

X X = mati
X O = hidup
O X = hidup
O O = hidup

3 : 4 peluang acak agar selamat dibanding mati keracunan (25% mati , 75% hidup)
Jumlah faktorial buah (5! = 120 susunan)
Jumlah peluang pilihan per susunan = 15
Total pilihan keseluruhan susunan
15 x 120 = 1800
Maka (1800 x 1/4) atau transpose ke
(1800 x 25 :100) < persetase


450 kemungkinan untuk mati
1350 kemungkinan untuk hidup

Atas bawah bagi kalikan 100
Maka peluang kemungkinan hidup adalah sebesar 100% - 33,3333 % = 66.66666 % untuk apel merah.

APEL HIJAU (wajib makan 3)

X X O mati
X O O hidup
X O X mati
O O O hidup
O O X hidup
O X X mati
O X O hidup
X X X mati




4: 8 peluang acak agar selamat dibanding mati keracunan (50% mati , 50% hidup)
Jumlah faktorial buah (5! = 120 susunan)
Jumlah peluang pilihan per susunan = 4
Total pilihan keseluruhan susunan
4 x 120 = 480
Maka (480 x 1/2) atau transpose ke
(480 x 50 :100) < persetase

240 kemungkinan untuk mati
240 kemungkinan untuk selamat


Atas bawah bagi kalikan 100,
Maka peluang kemungkinan untuk hidup adalah 100% untuk apel hijau.

Ok ane pilih apel ijo untuk teori reverse of no where emoticon-Cool
Quote:


Itu pake teori, kalo gagal paham coba pake tabel
Apel Beracun
Quote:


Siap ndan,, thanks sharing nya,,
emoticon-Salam Kenal
Quote:


dalam opsi APEL HIJAU, cuma ada 2 apel beracun. jadi agan tidak akan makan apel beracun 3 kali berturut-turut.

makanya ane ga tulis probabilitas X X X karena memang tidak ada
Quote:


man, its a joke. baca dah sampe beres emoticon-Ngakak
TS gembok
Moderator close ya