alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Premium kembali hadir di Jawa dan Bali menjelang Lebaran
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14f4cc32e2e682128b4568/premium-kembali-hadir-di-jawa-dan-bali-menjelang-lebaran

Premium kembali hadir di Jawa dan Bali menjelang Lebaran

Premium kembali hadir di Jawa dan Bali menjelang Lebaran
Petugas SPBU melayani konsumen di SPBU Muri Tegal, Jawa Tengah, Senin (21/5/2018).
Dalam beberapa waktu belakangan, bahan bakar minyak (BBM) berkadar oktan 88 atau Premium sulit didapatkan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di sejumlah wilayah, termasuk DKI Jakarta. Kini, Premium kembali muncul di tengah dua peristiwa besar, yaitu arus mudik Idul Fitri 2018 dan panasnya tahun politik.

Kehadiran kembali Premium itu bermula ketika Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2018 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak pada 24 Mei 2018 lalu. Peraturan Presiden itu merupakan perubahan atas [URL="Perpres%20191%202014%20%20http:/jdih.esdm.go.id/peraturan/Perpres%20Nomor%20191%20Tahun%202014.pdf"]Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014[/URL].

Dilansir laman Sekretariat Kabinet, Senin (4/6/2018), Perpres Nomor 43 Tahun 2018 menegaskan bahwa Premium wajib tersedia di SPBU-SPBU wilayah Jawa, Madura, dan Bali.

Pertamina, berdasarkan pasal 3 ayat 3, wajib mendistribusikan Premiun di wilayah penugasan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bali, bukan termasuk wilayah penugasan Pertamina.

Dengan Perpres baru tersebut, meskipun Jawa, Madura, dan Bali tidak termasuk wilayah penugasan, tetap bisa mendapatkan alokasi premium asalkan disetujui oleh hasil rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan disetujui oleh Menteri terkait.

"Berdasarkan rapat koordinasi yang dipimpin oleh menteri yang mengoordinasikan bidang perekonomian, Menteri dapat menetapkan distribusi BBM jenis bensin (gasoline) RON minimum 88 di wilayah penugasan yang dikecualikan sebagaimana dimaksud dalam ayat 3," bunyi Pasal 3 ayat (4) Perpres tersebut.

Menindaklanjuti Perpres tersebut, Menteri ESDM Ignasius Jonan pada 28 Mei 2018 telah menandatangani Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1851 K/15/MEM/2018 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Bali.

Dalam Kepmen itu, Menteri ESDM menetapkan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Bali sebagai wilayah penugasan penyediaan dan pendistribusian jenis BBM Khusus Penugasan.

Penyediaan dan pendistribusian jenis BBM Khusus Penugasan dilaksanakan oleh badan usaha berdasarkan penugasan dari Badan Pengatur (BPH Migas).

Kepmen itu juga menyatakan, Badan Pengatur menetapkan ketentuan lebih lanjut mengenai lokasi dan alokasi volume penugasan penyediaan dan pendistribusian jenis BBM Khusus Penugasan.

Dengan adanya Perpres tersebut, Kementerian ESDM memperkirakan, BBM jenis Premium akan kembali tersedia di 571 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jawa, Madura, dan Bali sebelum Lebaran 2018. Sementara penyaluran Premium untuk SPBU-SPBU lainnya, dilakukan secara bertahap.

Berdasarkan data BPH Migas, saat ini ada 1.926 SPBU di wilayah Jawa, Madura, dan Bali yang sudah tidak menjual Premium.

Staf Ahli Menteri, Energi dan Sumber Daya Mineral Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, Dadan Kusdiana mengatakan penentuan lokasi penyalur premium pada wilayah tersebut berdasarkan pada tingkat kebutuhan masyarakat terutama di jalur non tol demi mengantisipasi arus mudik dan balik Idul Fitri 1349 H.
Premium kembali hadir di Jawa dan Bali menjelang Lebaran


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...jelang-lebaran

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Premium kembali hadir di Jawa dan Bali menjelang Lebaran Pilot Garuda tak akan mogok pada masa mudik

- Premium kembali hadir di Jawa dan Bali menjelang Lebaran Susi dorong sertifikasi tuna lokal dan terus melobi Jepang

- Premium kembali hadir di Jawa dan Bali menjelang Lebaran TKI asal NTT jadi korban dominan di Malaysia

Urutan Terlama
premium langka kasihan rakyat kecil. rakyat gede harusnya beli pertamax emoticon-Mad


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di