alexa-tracking

5 Berbagai Tradisi lebaran di Indonesia, ada yang lempar ketupat!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14eeddd675d4a2258b4571/5-berbagai-tradisi-lebaran-di-indonesia-ada-yang-lempar-ketupat
5 Berbagai Tradisi lebaran di Indonesia, ada yang lempar ketupat!
5 Berbagai Tradisi lebaran di Indonesia, ada yang lempar ketupat!

Ngga terasa nih gan, sebentar lagi lebaran! Pasti agan-agan udah ada yang siap-siap mudik, pesen tiket pesawat dan kereta, mulai beres-beres dirumah, beli baju, ataupun mulai catet-catet mau masak apa dirumah buat lebaran tadi. Hari raya idul fitri/ lebaran selalu jadi hari yang paling dinanti oleh pemeluk muslim diseluruh dunia termasuk Indonesia, karena ini jadi pertanda kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa menahan laper haus dan juga nafsu nih gan. Makanya agan-agan pasti siap-siap buat menyambut hari raya ini. Kegiatan  yang dilakuin dalam rangka menyambut hari raya idul fitri biasanya berkumpul bersama keluarga agan, mengunjungi rumah keluarga dan sanak saudara yang lain, ataupun bagi-bagi thr sama yang berhak menerima nih. Tidak terkecuali dengan beberapa di daerah ini, Penduduk disana memiliki tradisi yang cukup unik untuk menyambut hari raya idul fitri. Riceuduk udah ngumpulin 5 tradisi lebaran di berbagai daerah di Indonesia.

1. Ngadongkapkeun Sungkem- Banten

Spoiler for "ngadongkapkeun sungke,":

 Ngadongkapkeun adalah wujud syukur bagi warga di Provinsi Banten. Tradisi ngadongkapkeun merupakan perpaduan adat lokal dengan ajaran Islam. Intinya bentuk rasa syukur warga kepada Allah SWT dan penghormatan pada leluhur yang telah berjasa sehingga anak cucunya bisa hidup bahagia. Tradisi ngadongkapkeun ini biasa dilakukan di saat ada rezeki berlebih gan, berlangsung pada hari pertama bulan puasa, hari terakhir puasa, setelah salat Idul Fitri, sehabis ziarah kubur. Ngadongkapkeun bisa dipimpin langsung para pemimpin adat seperti kokolot lembur atau tetua kampung nih gan. Dengan berpakaian khas Banten, yakni berwarna hitam serta penutup kepala, kokolot lembur langsung memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sehabis berdoa, masyarakat pun sungkem pada kokolot lembur. Bukti berjalan sejajarnya tradisi dan agama itu bisa dilihat ketika masyarakat sangat antusias dalam melaksanakan takbiran dan salat Idul Fitri. 

2. Binarundak- Sulawesi Utara
Spoiler for Binarundak:


 Siapa yang suka makan-makan pas lebaran? Nah, di Sulawesi Utara ada tradisi bernama Binarundak, dimana agan-agan dan masyarakat sekitara bakal membakar binarundak yang berbentuk seperti lemang yang berbahan beras ketan bercampur racikan rempah dan bumbu yakni bawang merah, jahe, ,serai, santan dan lain-lain. Campuran beras ketan dan bumbu tersebut kemudian dimasukkan ke dalam batang bambu yang dilapisi daun pisang. Tak sampai di situ, bambu tersebut kemudian dibakar menggunakan sabut kelapa bercampur tempurung. Enak ya gan!

3. Kupatan-Jawa
Spoiler for Kupatan:

 Salah satu tradisi Lebaran yang paling dikenal masyarakat Indonesia adalah Kupatan. Yup, tradisi makan ketupat dengan berbagai campuran lauk seperti opor, sambal goreng ati dan lauk lainnya ini ternyata berasal dari Jawa. Usut punya usut, tradisi ini diwariskan dari Wali Songo loh.

4. Perang Topat- Lombok
Spoiler for "Perang topat":

 Ini dia gan, tradisi dari Lombok bisa dibilang cukup unik nih gan. Jadi antar warga bakal saling ngelempar ketupat loh gan!

5. Grebeg Syawal- Yogyakarta

Spoiler for "Grebeg Syawal":

 Yang terakhir datang dari Jogja nih gan, dan biasanya bakal selalu masuk tv,yaitu grebeg syawal. Masyarakat Jogja bakal membuat sebuah gunungan yang terdiri diri berbagai hasil bumi dan nantinya bakal direbutkan sama warga.
islam nusantara
budaya yang beraneka macam
Semua punya keunikan sendiri.
Meski saya pribadi lebih suka kupatan Jawa emoticon-rose
Bagus, di tempat saya gaka ada.
Kalau lebaran diem aja di rumah nenek nanti tetangga-tetangga yang datang kerumah nenek buat salaman.
ciri khas yang udh melekat