alexa-tracking

Fakta tentang Anggaran Pohon Plastik di Jakarta... !!!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14e8361cbfaaa8528b4568/fakta-tentang-anggaran-pohon-plastik-di-jakarta
Breaking News! 
Fakta tentang Anggaran Pohon Plastik di Jakarta... !!!
JAKARTA, KOMPAS.com — Lampu hias berwujud pohon plastik di Jakarta menjadi pusat perhatian. Pohon plastik yang dipasang di Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat menjelang Lebaran dan Asian Games itu menghebohkan media sosial.

Warganet memprotes keberadaan pohon plastik yang memakan area trotoar dan dianggap tak menarik secara estetika. Koalisi Pejalan Kaki juga menyoroti keberadaan pohon plastik di trotoar yang menghalangi pejalan kaki. Komunitas itu merasa miris karena pohon asli ditebang, tetapi pohon imitasi justru bermunculan dengan alasan untuk memperindah trotoar.

Baca juga: Asal Muasal Pohon Plastik di Thamrin yang Hebohkan Media Sosial Anggaran tahun 2017

Selain posisinya yang menghalangi trotoar, salah satu yang dipersoalkan yakni anggaran pengadaan lampu hias berwujud pohon plastik tersebut.

Ada dua versi anggaran yang beredar. Yang pertama senilai Rp 8,1 miliar di Dinas Kehutanan DKI Jakarta.

Sementara yang kedua, versi Rp 2,2 miliar anggaran pengadaan lampu hias dan pencahayaan kota di Suku Dinas Perindustrian dan Energi tahun anggaran 2018.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membantah kedua anggaran itu. Dia memastikan tidak ada anggaran tahun 2018 yang terbuang untuk pengadaan lampu hias berwujud pohon plastik.

"Itu yang kita insya Allah bisa pastikan bahwa tidak ada anggaran yang terbuang (untuk pohon plastik)," ujar Sandiaga, Jumat (1/6/2018).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengatakan, pohon plastik yang sempat viral itu bukan dari pengadaan tahun ini.

Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat Iswandi menyebut, lampu hias berwujud pohon plastik atau lampu pohon merupakan pengadaan tahun 2017.

Lampu hias itu kini menjadi barang inventaris Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat.

"Pengadaannya itu tahun 2017," kata Iswandi, Jumat.

Seharga Rp 397 juta
Iswandi menyampaikan, harga satu set lampu hias itu sekitar Rp 8 juta. Ada 48 set lampu hias yang sempat dipasang di Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat pada 28-29 Mei 2018.
"Pokoknya harganya Rp 8 juta satu unit, tinggal kalikan saja. (Nilainya) Rp 397.063.200," kata dia

Iswandi menyampaikan, Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat sebenarnya memiliki 63 set lampu hias model tersebut. Sebanyak 48 lampu hias yang telah dicopot disimpan di gudang, sementara sisanya masih dipasang di sekitar Balai Kota DKI Jakarta dan gedung DPRD DKI Jakarta.

Menurut Iswandi, pada tahun 2017, pengadaan lampu hias itu dianggarkan dalam dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) pengadaan lampu hias pencahayaan kota. Anggaran DPA itu Rp 1,4 miliar.

Namun, angka itu tidak hanya untuk pengadaan lampu hias berwujud pohon plastik. Ada pula hiasan lampu yang digantung serta dililit di pohon, dan lainnya.

"Jadi, bukan murni Rp 1,4 miliar itu lampu pohon," ucap Iswandi.

Rp 8,1 miliar untuk pohon, Rp 2,2 miliar untuk boks neon

Sandiaga menjelaskan, anggaran senilai Rp 8,1 miliar di Dinas Kehutanan DKI Jakarta digunakan untuk pengadaan pohon asli di wilayah Jakarta.

Sementara anggaran Rp 2,2 miliar di Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat dianggarkan untuk penunjang Asian Games.

Iswandi juga meluruskan kabar mengenai anggaran Rp 2,2 miliar di sudinnya yang disebut-sebut untuk pengadaan pohon plastik.

Menurut dia, anggaran itu bukan untuk pengadaan pohon plastik, melainkan boks neon bergambar maskot Asian Games 2018.

"Rp 2,2 miliar itu (untuk) Asian Games, neon box Asian Games," kata Iswandi.

Boks neon tersebut nantinya akan dipasang di tiang-tiang penerangan jalan umum (PJU). Fungsinya sebagai penanda menuju venue Asian Games, untuk memudahkan masyarakat yang akan melihat perhelatan olahraga tersebut.

Selain itu, boks neon itu akan dipasang di sekeliling Kompleks Gelora Bung Karno (GBK).


CEBONG GAGAL CROT


Kasian sekali nastaik ini......sudah nyebar hoaks korupsi 8 miliar tanaman hias di seword, gagal sama berita faktanya di kompas dan detik.

Protes pohon plastik menjelang lebaran 2018, eh malah ketauan pohonnya sudah pernah dipasang di titik yang sama saat menjelang tahun baru 2017.
reserpred untuk yang mau nebar hoaks lagi
nyebar hoaks gapapa om, kan sudah autotebus dosanya emoticon-Ngacir
KASKUS Ads
mungkin si alfred sitorus itu belum jadi warga jakarta saat 2017. atau mungkin dia amnesia kalau dia warga jakarta emoticon-Big Grin
okelah, udah klir dijelaskan iswandi. tinggal pt cahya ini nursery nya dimana?
image-url-apps
ngak usah sewot, no pic hoax.
Cebong emang dongok
emoticon-Wakaka
image-url-apps
gagal pahamemoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Kuwot yg ini aja deh emoticon-Recommended Seller
image-url-apps
Mana ada maling ngaku..
Anis bukanny benerin sistem malah cari pembenaran.
.....
image-url-apps
Dalangnya duo maling ahok jarot, yg satu udah dibui, yg satu lari ke sumatra utara
lampu hias LAIN dg pohon plastik. Lampu hias di gunakan di malam hari dg cara dililitkan pada pohon asli , untuk menambah keindahan kota di malam hari . Kalau pohon plastik jarang di gunakan orang , karena memang tudak ada estetikanya , palsu kelihatan hanya menipu mata .

Biasanya hanya di gunakan temporer aja , seperti pohon natal .
Fix ya, itu pohon digunakan dan dianggarkan jaman ngahok, berarti harusnya nggak ada anggaran lagi untuk pengadaan pohon hias di tahun 2018 di era kegabeneran duo ngasuw, kalo ada pengadaan yg sama ya indikasi korup (double counting)
image-url-apps
Pt fiktifnya gimana?
image-url-apps
Hoax kan gpp asal membangun
He he he he
image-url-apps
Fakta tentang Anggaran Pohon Plastik di Jakarta... !!!

Fakta tentang Anggaran Pohon Plastik di Jakarta... !!!
Quote:


nastak kicep emoticon-Ngakak
image-url-apps
kan modelnya juga ga sama.. atau dulunya buat bagusin gedung dprd? emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Ohh, Koalisi Pejalan Kaki masih ada toh.
Trotoar di Tanah Abang kabarnya gimana ?
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka