alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Ini Tujuh Langkah Cegah Teroris di Kampus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14c2bd620881ee0d8b4577/ini-tujuh-langkah-cegah-teroris-di-kampus

Ini Tujuh Langkah Cegah Teroris di Kampus

Ini Tujuh Langkah Cegah Teroris di Kampus

JPP, PALEMBANG -Terorisme bukan soal jumlah atau siapa atau di mana, tetapi soal kemaslahatan bersama. Belum beraksi saja para teroris sudah mencemaskan dan meresahkan, apalagi jika telah beraksi, dampaknya sungguh destruktif secara fisik dan non fisik. 

Demikian dikatakan Rektor UIN Raden Fatah Palembang Sirozi menanggapi ditangkapnya tiga terduga teroris dan temuan bom di Kampus Universitas Riau (UNRI). "Jangankan sebuah kampus, sebuah negarapun bisa hancur lebur oleh tindakan para teroris," tegasnya,  Minggu (3/5/2018).

Karena itu, Sirozi mengingatkan agar  jangan sampai ada indikasi kelalaian, apalagi keterlibatan perseorangan dan atau lembaga kampus dalam gerakan terorisme. Sebab,  dampaknya akan sangat destruktif dan merugikan semua pihak. 

"Kalangan PT, termasuk PTKI, perlu berupaya ekstra keras untuk tidak sedikitpun memberi ruang bagi para teroris untuk berada di dalamnya, walaupun hanya sekedar kongkow-kongkow," ujarnya.

Sirozi menegaskan pentingnya ikhtiar dan pendekatan pimpinan PTKI, agar mahasiswa tetap di jalur yang benar, on the right track, dan tidak "tergoda" bujuk rayu para teroris. Menurutnya, ada tujuh langkah untuk mencegah persemaian terorisme di kampus.

Pertama, membangun keakraban dengan mahasiswa. Pimpinan PT dan  mahasiswa harus dekat di hati, tidak hanya dekat secara fisik pada saat pelaksanaan kegiatan. 

"Keakraban akan membuat anak-anak mahasiswa terbuka, komunikatif, dan merasa nyaman untuk berekspresi atau curhat," tuturnya.

Kedua, mainstreaming prestasi akademik dan non akademik. Para mahasiswa perlu diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengejar prestasi, lalu setiap prestasi yang diraih mendapat apresiasi dari para pimpinan PT. 

"Dengan cara tersebut, kita mengapresiasi setiap prestasi dan secara perlahan menggeser dan mengusur kegiatan-kegiatan malprestasi," ucapnya.

Ketiga, ada SOP, pedoman, serta kode etik yang jelas, yang diterapkan secara konsisten, untuk semua kegiatan mahasiswa, agar semua kegiatan mereka di dalam dan luar kampus termonitor, terkendali, kredibel dan akuntabel.

Keempat, ada pendampingan dan pengawasan yang ketat terhadap semua kegiatan mahasiswa oleh para pimpinan yang relevan tupoksinya. Wakil Rektor dan Wakil Dekan 3 harus turun melebur bersama mahasiswa, sambil pasang mata, pasang telinga, dan membuka hati.

Kelima, perlu ada persyaratan dan pengawasan untuk izin pemanfaatan semua sarana kampus, termasuk mushalla dan masjid, agar tidak disalahgunakan.

Keenam, mengevaluasi pelaksanaan dan materi perkuliahan keagamaan kurikuler dan ekstra kurikuler, agar tidak disisipi dan disusupi dengan pandangan keagamaan intoleran.

"Tujuh, menyelenggarakan kegiatan-kegiatan riil, action to action, dalam rangka mainstreaming Islam Wasatiyah, tidak hanya dalam retorika atau postingan WAG atau FGD atau seminar," tandasnya. (agm)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...oris-di-kampus

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Ini Tujuh Langkah Cegah Teroris di Kampus BNPT Waspadai Ancaman ISIS dari Marawi, Filipina

- Ini Tujuh Langkah Cegah Teroris di Kampus Pemerintah Segera Buat Perpres Pelibatan TNI dalam Berantas Terorisme

- Ini Tujuh Langkah Cegah Teroris di Kampus Pansus Secara Aklamasi Setujui RUU Terorisme

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di