alexa-tracking

5 Cara Yang Dilakukan Orang Pintar Dalam Mengelola THR

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14bd11d9d77068668b4569/5-cara-yang-dilakukan-orang-pintar-dalam-mengelola-thr
icon-hot-thread
5 Cara Yang Dilakukan Orang Pintar Dalam Mengelola THR
Sudahkah Lo Dapet THR, Gan?

‘Setahun Kunanti, Engkau Menghilang Tanpa Kusadari...’


Ungkapan diatas cocok banget tuh gan, dan sering gue temuin di berbagai dunia persilatan medsos. Ungkapan yang jadi curhatan mereka ketika datang momen yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga, Yes THR Turun, tapi lenyap dalam hitungan menit alias numpang lewat!

5 Cara Yang Dilakukan Orang Pintar Dalam Mengelola THR

Bulan Ramadhan baru berjalan beberapa hari saja mungkin dari kita udah ngebayangin yang namanya THR, atau bisa jadi lo jadi orang yang udah bikin susunan daftar barang yang bakal diburu seandainya sudah turun. Termasuk yang kayak gini, Gan.Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja menjelang hari raya, besarnya pun tergantung dari masa kerja. Beberapa tempat menerapkan karyawan bisa menerima THR secara penuh apabila bekerja selama setahun, dan apabila belum setahun bakal diterapin sistem pro rate. Rasa ga sabar dan harap-harap cemas tentu dirasain bagi lo yang lagi nunggu THR turun, sampai akhirnya THR pun masuk ke rekening atau dalam bentuk uang cash. Setelah penantian lama, lebih mengenaskan lagi ketika THR berujung tragis ga berbekas, Gan! Hendaknya THR yang kita terima pun bisa bermanfaat untuk banyak hal, termasuk untuk kita sendiri dan orang lain. Berikut beberapa cara pintar dan semoga berguna nih gan buat lo dalam mengatur yang namanya THR. Ternyata, begini nih cara orang pintar dalam mengelola THR yang diterima.

 
1.   Susun Daftar Belanjaan & Prioritaskan Hal Yang Penting
Mungkin lo juga ngerasain nih gan, ketika lagi pegang uang banyak pastinya bakal pingin ini dan pingin itu, ya kan? Sampe-sampe terkadang malahan kita ga berasa duit kita amsyong gara-gara khilaf membelanjakan barang-barang yang sebenarnya ga terlalu penting. Belajar dari kejadian ini, lo harus belajar dari cara pintar gue nih gan, salah satunya dengan menyusun daftar belanjaan dengan ga lupa memprioritaskan berbagai kebutuhan yang paling penting. Diantaranya gue akan belanja kebutuhan rumah tangga (bahan-bahan makanan & kebutuhan dapur lain agar stok makanan selama lebaran terpenuhi dengan baik.

2.   Pentingkah Beli Baju Lebaran?
Bagi kebanyakan orang sih lebaran berasa kurang lengkap kalau ga pake baju baru, tapi gue punya pendapat berbeda yang lebih memikirkan dengan hari esok. Gue akan mempertimbangkan seberapa perlunya gue membeli baju lebaran yang baru, seandainya masih ada baju lebaran tahun kemarin yang masih bagus dan tetap bisa dipake, maka gue akan memutuskan untuk ga membeli baju baru. Kalau lo sendiri gimana, Gan?

3.   Berbagi Dengan Orangtua & Keluarga
Orangtua selalu berbuat baik kepada anak-anaknya tanpa mengharapkan balasan, mungkin lo akan setuju dengan pendapat gue yang satu ini. Meskipun kenyataannya demikian, tapi ga ada salahnya nih gan kalau lo berbagi dari uang THR yang lo terima dengan membagikan rejeki tersebut kepada orangtua lo ataupun keluarga. Berbagi ga harus dengan uang cash lo gan, mungkin bisa berbagi dengan memberikan barang atau hal lain yang lebih dibutuhkan.

4.   Sisihkan Rizki Yang Kita Terima Untuk Mereka Yang Membutuhkan
Ramadhan menjadi momen yang tepat untuk berlomba-lomba dalam berbagai kebaikan, ga hanya berbuat baik kepada temen ataupun keluarga kita saja, melainkan juga berbagi kebaikan dengan orang lain yang membutuhkan. Di balik harta yang kita punya, ada sebagian yang menjadi hak miliki orang lain. Dari hal itu, maka sudah sepatutnyalah dari uang THR yang kita dapat agar dialokasikan untuk beramal kepada pihak yang lebih membutuhkan. Sisihkan uang THR untuk beramal kepada anak yatim, janda-janda tua yang bisa disalurkan ke berbagai pihak, ataupun langsung lo kasih ke orang-orang tersebut yang ada di dekat rumah.

5.   Orang Pintar Akan Tetap Menabung Demi Masa Depan
Hari ini gue bisa makan, esok siap yang tau? Hari ini gue sehat, tapi siapa yang akan mengerti dengan hari esok? Meskipun uang THR berlimpah bukan berarti kita harus jor-joran dalam membelanjakan uang tersebut, tetapi juga tetep nyadar kalau kita wajib mikirin dengan masa depan. Makanya gue akan tetap menyisihkan dari THR yang gue terima dengan mengalokasikan beberapa persen untuk ditabung, biar bisa buat jaga-jaga kalau lagi bokek ga harus ngutang sana sini! emoticon-Malu (S)
Selain itu, terkadang gue juga selalu menyiapkan budget tersendiri untuk rencana mudik ke kampung halaman, apabila ada rencana untuk mudik. Btw nih gan, berapapun nominal THR yang lo terima, semoga #CaraPintarGue dalam mengelola uang THR bisa menjadi referensi lo dalam mengatur THR yang didapat biar selamat sampai tiba saatnya gajian bulan depan, dan pastinya juga bisa bermanfaat bagi banyak pihak.

Bagaimana dengan cara pintarlo dalam mengelola uang THR, Gan? Tulis di komentar dengan reply thread yah gan, biar jadi diskusi yang pintar dan bermanfaat bagi semua Kaskuser.

emoticon-Salaman

Besar pasak daripada tiang emoticon-Leh Uga
ada cara lain yang lebih konkrit gan, yaitu dgn mengajukan pendanaan ke platform fintech keuangan, sehingga agan bisa dapet tambahan keuntungan pasif. Yaitu kondisi di mana pengeluaran agan bertambah tanpa harus agan atur/kendalikan secara langsung

Untuk urusan pendanaan/penanaman modal, supaya dapat keuntungan modal secara pasif (pendanaan) atau yang klo dirasa ada masalah finansial di tengah jalan dan membutuhkan pinjaman uang,
agan bisa mencoba untuk mengecek websitenya di Kredit Pintar.
hm jadi itu yak,yang dilakukan ki joko bodo
Quote:


Quote:


Quote:


Pada intinya sih gue harus memilah dan memilih kebutuhan yang penting, kemudian alokasikan dana, tapi juga tetap nabung buat mikirin masa depan. Meskipun masa depan nanti bareng siapa belum tau,, ehhhhh curhat jadinya! emoticon-Malu (S)


Quote:

Anjay
orang pintar minum apa gan?
Tahun ini ngasih THR .. Bukan nerima emoticon-Hammer2
thr ga pernah ada sisanya,...
Raib buat di bagi2 emoticon-Ngakak (S)
Di rumah aja gausah main duitnya awet haha
foya foya dah itu yg paling bener dan paling asyik dgn duit THR emoticon-Leh Uga
orang pintar minum sido muncul ganemoticon-Leh Uga
dikirim ke mars
iye gan...
jng boros emoticon-Big Grin
Siap ganemoticon-Toast
THR oh THR
Entah gimana walopun sudah di atur dan dilakukan pencatatan, ujung2nya abis jg tuh THR emoticon-Leh Uga
Ok kakakemoticon-Cool
THR yg gw dapet skrg gw tabung...
Soalnya Hari Raya ane 6 bulan lg..
emoticon-Traveller
emoticon-Sundul Up

emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul Up