alexa-tracking

Ini Caranya Biar THR Ga Langsung Ludes dan Tinggal Kenangan!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14b318d44f9f86458b4567/ini-caranya-biar-thr-ga-langsung-ludes-dan-tinggal-kenangan
icon-hot-thread
Ini Caranya Biar THR Ga Langsung Ludes dan Tinggal Kenangan!
THR harus disayang-sayang Gan, bukannya dibuang-buang!
Ini Caranya Biar THR Ga Langsung Ludes dan Tinggal Kenangan!
Waktu mendekati Lebaran kayak gini adalah waktu yang bikin H2C alias harap-harap cemas buat agan sista yang kerja di perusahaan alias karyawan. Tentu aja alasannya karena THR yang udah lama ditunggu-tunggu bakal segera turun. Apalagi THR karyawan perusahaan sebelah udah mulai keliatan THRnya, jadi makin was-was deh Gan, hehehe.
Ngomongin soal THR, pastinya gak jauh dari antrean kebutuhan yang kudu segera dipenuhi Gan. Jangankan nunggu THR cair, mungkin dari awal Ramadan agan udah bikin daftar kebutuhan Lebaran yang harus dibeli, sampe nge-list nama sepupu yang harus dikasih angpau. Dari pengalaman ane sebelomnya, THR ujung-ujungnya cuma numpang lewat doang, malahan kurang banget buat menuhin semua kebutuhan Lebaran.
Kalo kata artikel-artikel finansial nih gan, segede apapun penghasilan kita, kaga bakal cukup buat menuhin idup kalo kita kagak bener alokasiinnya. Nah, berlaku juga nih buat THR. Kalo kita pinter ngaturnya, pasti bakal cukup-cukup aja, malah bisa ditabung gan! Supaya duit THR yang agan terima gak ludes gitu aja, coba pake cara ini.



Alokasiin buat zakat
Yang ini kudu diprioritasin gan, karena puasa agan bakal kurang afdol kalo zakat kagak ditunaikan. Besaran zakat biasanya ngikutin ketentuan dari Badan Amil Zakat di tempat agan berzakat. Kurang lebih sejumlah 3,5 kilogram beras. Kalo dirupiahin, paling sekitar Rp 40 ribuan gan. Lebih mantep lagi kalau dilebihin buat sedekah, biar ibadah agan makin sempurna!


Jangan lupa bayar utang
Selain zakat, yang satu ini juga wajib segera dibayar nih gan! Kalau agan masih punya utang kartu kredit, utang sama tetangga atau sodara dan belom dilunasin, mendingan buru-buru dibayar deh. Kagak mau kan Lebaran keganggu gara-gara dikejar-kejar utang?



Pisahin buat angpao Lebaran
Kalo agan mempekerjakan orang di rumah, misalnya Asisten Rumah Tangga, agan wajib ngasih THR sebesar satu kali gaji mereka. Yang ini ga boleh kelupaan gan, karena aturannya udah ada di Undang-Undang. Tapi kalau agan gak punya ART, ya skip aja emoticon-Big Grin Paling kewajiban selanjutnya kasih THR ke keluarga yang pada belom kerja. Kalau buat yang ini mah, seikhlasnya aja gan…



Siapin jamuan Lebaran dan keperluan mudik
Tiap Lebaran, pasti ada aja tamu atau keluarga yang dateng ke rumah buat silaturahmi. Sebagai tuan rumah yang dermawan, agan kudu ngasih hidangan khas Lebaran yang enak-enak, kayak kue Lebaran, ketupat, opor ayam, rendang, biar tamu pada seneng. Beli makanannya kan pake duit juga tuh gan, jadi jangan lupa dialokasiin buat pos pengeluaran satu ini.
Sedangkan buat mudik, sisihin THR buat biaya transportasi sama akomodasi. Makin jauh kampung halaman agan, pastinya makin gede juga dana yang mesti dikeluarin. Kalau emang THR kurang buat beli tiket mudik, kagak ada salahnya buat di #KreditinAja. Daripada kagak balik kampung dan luntang-lantung sendirian kan?



Sisihin buat Investasi
Meski ada kebutuhan lain yang lebih penting, jangan lupa juga gan sisihin THR buat investasi. Dana ini berguna banget buat jaga-jaga. Siapa tau kan di kemudian hari, gaji agan kagak cukup buat menuhin kebutuhan harian? Kalau (amit-amit) beneran kejadian, agan jadi kagak usah kalang kabut.



Belanja kebutuhan tambahan

Kata orang, belom afdol kalau Lebaran kagak punya barang baru. Makanya kagak heran dah kalau banyak yang ngabisin THR mereka cuma buat beli baju baru, HP baru, dan segala barang yang serba baru. Padahal kata financial planner nih gan, kalo kewajiban-kewajiban di atas udah terpenuhi, baru deh sisanya bisa dipake buat belanja. Bukan malah boros gara-gara belanja duluan! Tapi kalau HP agan emang udah gak berfungsi baik, baju Lebaran kagak pernah ganti dari 2 taun lalu, ga ada salahnya juga gan buat beli barang-barang itu. Kali-kali gitu nyenengin diri sendiri, ya gak? Agan gak perlu ngandelin THR kok, beli aja dulu barangnya, bayarnya nanti pake Kredivo. Kagak perlu kartu kredit, beli apaan aja bisa dicicil. Limitnya juga gede bener ampe 20 jeti.  



Nah mulai sekarang, supaya THR kagak langsung ludes dan tinggal kenangan, mendingan segera deh gan #SelamatkanTHRmu pake cara-cara di atas!


Kalo agan, punya cara lain kagak buat #SelamatkanTHRmu?

Ane gak terima THR tapi tukang bagiin THR emoticon-Cool
Org bego aja
Dpt duit banyak langsung foya "
Dah gak berduit
Nangis"
Habis Itu bingung
Koq gua gak kaya" ya?
kayak gede aja THR, beda sama bos bos BUMN
Quote:


sungkem dulu sama pa bos
THR apaan sih emoticon-Amazed
yang penting ga punya utang emoticon-Big Grin
Tentu harus dihemat sebaik mungkin, atau jika perlu dikembangkan supaya bisa mendapat keuntungan tambahan emoticon-rose

Salah satu cara untuk mengembangkan dana THR agar lebih berfaedah di hari raya nanti, yaitu dengan mendaftarkan diri agan ke platform fintech pendanaan, yang saat ini sudah menjamur di mana-mana.
Keuntungan utama, selain membantu orang lain yang membutuhkan bantuan dana, dana yang agan tanamkan juga dapat terus berkembang atau konkritnya agan mendapatkan keuntungan pasif.

Yaitu kondisi di mana pengeluaran agan bertambah tanpa harus agan atur/kendalikan secara langsung

Untuk urusan pendanaan/penanaman modal, supaya dapat keuntungan modal secara pasif (pendanaan) atau yang klo dirasa ada masalah finansial di tengah jalan dan membutuhkan pinjaman uang,
agan bisa mencoba untuk mengecek websitenya di Kredit Pintar.
Quote:


Sent emoticon-Cendol (S)
kadang urusan duit bisa bikin lupa diri emoticon-Hammer2
Di kasih ke ane aja gan emoticon-Malu (S)
waah mantap tips nya kudu ane coba
beli dolar kl ada lebihan emoticon-Big Grin
biar gak ludes, matanya liat ke bawah terus takut belanja matanya, emoticon-Leh Uga
THR cuma seberapa gan, tapi tetap disyukurin drpd nggak dapet.
Iklan lagi, judul sama isi dipoles dikit langsung hot thread lagi emoticon-Lempar Bata emoticon-Kaskus Banget emoticon-Cape deeehh eh diatas ada yang greget, ngiklan jugaemoticon-Leh Uga
belanja pake kredit banget emoticon-Malu
jangan di pake aja , di simpen
siap gan
alhamdullulah...biar dikit, insya Allah cukuplah...