alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik
4.71 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14ae14dbd770e2508b456c/indonesia-siap-mengendalikan-sampah-plastik

Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik

Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik

JPP JAKARTA - Indonesia siap memimpin pengembangan komitmen dan rencana aksi pengendalian sampah laut dan mikroplastik di kawasan Asia Tenggara. Kesiapan ini telah diatur dengan baik secara kebijakan dan teknis serta kolaborasi dan koordinasi di tingkat regional dan internasional.

Demikian disampaikan Delegasi Republik Indonesia (DELRI), saat mengikuti Pertemuan Ad-HocOpen-Ended Expert Groupon Marine Litter and Microplastics, di kantor sekretariat UN Environment, Nairobi, Kenya.

Selaku Ketua DELRI, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rosa Vivien Ratnawati, menyampaikan bahwa, Indonesia telah melakukan program proritas memperbaiki pengelolaan sampah di beberapa lokasi wisata, termasuk taman nasional laut, untuk mencegah dan mengumpulkan sampah plastik di laut untuk didaur ulang, serta mengatasi isu dampak sampah plastik dan mikroplastik.

"Pada tahun 2017 telah dilakukan monitoring dan survey sampah plastik di laut, menggunakan pedoman UNEP dan NOAA di 18 wilayah pesisir di 18 kota/kabupaten, dari 25 kota/kabupaten prioritas, dan akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya," ungkap Vivien seperti dikutip dari laman KLHK, Sabtu (02/06/2018).

Sebagaimana target pengelolaan sampah sesuai Peraturan Presiden Nomor 97 tahun 2017, yaitu mengurangi sampah dari sumbernya sebesar 30%, dan penanganan sampah sebesar 70% di tahun 2025, Vivien menambahkan bahwa Indonesia menyesuaikan komitmen di tingkat internasional, dengan target pengurangan sampah laut sebesar 70% di tahun 2025.

"Indonesia telah mengembangkan kerangka hukum dan teknis untuk pelaksanaan extended producer responsibility (EPR), dan saat ini sedang disusun rencana aksi nasional yang dikoordinasikan oleh Kemenko Maritim," lanjutnya.

Dukungan juga disampaikan Indonesia kepada 193 negara anggota UNEP, untuk melakukan penyusunan pedoman yang komprehensif, dalam pengukuran dan penilaian dampak sampah laut dan mikroplastik di semua aspek.

Sementara itu, Direktur Eksekutif UN Environment Erik Solheim, mengimbau agar semua pihak mengurangi pemakaian plastik, dan menggantinya dengan bahan yang terurai secara alami, serta merancang kemasan plastik daur ulang, sehingga dapat mengurangi pencemaran sampah plastik.

"Sampah plastik yang berada di laut dan gunung-gunung, terutama mikroplastik, sudah mulai mengganggu mekanisme pencernaan biota laut dan burung-burung. Oleh karena itu, UN Environment mendorong kampanye pengurangan sampah plastik kepada setiaplapisan masyarakat", tegasnya.

Terkait hal tersebut, Erik Solheim juga menyampaikan bahwa puncak kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018 akan dilaksanakan di India, dengan tema "Beat Plastic Pollution" atau Kendalikan Sampah Plastik.

Pertemuan Ad Hoc Open-Ended Expert Group on Marine Litter and Microplastics, yang berlangsung selama 29-31 Mei 2018, merupakan pertemuan kedua setelah bulan Desember 2017.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Dubes Indonesia di Nairobi, perwakilan Uni Eropa, lembaga internasional, LSM, sektor swasta dan beberapa aliansi masyarakat serta para pakar. Sementara dari KLHK, turut diwakili oleh Direktorat Pengelolaan Sampah, Ditjen PSLB3 dan Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut, Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. (lhk)


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/lingkung...sampah-plastik

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik SehatSatli, Sistem Pelaporan Kesehatan Satwa Liar

- Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik Tahun 2018, ESDM Kejar Target PNBP Rp 160 Triliun

- Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik Kementerian LHK Fokus Pencegahan Karhutla di Sumatra

Urutan Terlama
Halaman 1 dari 8
Lalu apa kabar dengan program "plastik ramah lingkungan & plastik berbayar" ? sudah berapa tahun itu program lahir... nyatanya ...
kalo rakyat negeri ini masih hobi buang sampah sembarangan apalagi plastik,
kayanya percuma aja
bullshit

lo liat belakang kali glodok


orang orang buang sampah tinggal lempar ke kali


emoticon-Leh Uga
paling banyak justru plastik snack, mie instan , permen


Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik
bukan sampah plastik ny aja yg dikendalikan gan, yang buang juga harus dikendalikan.
pemisahannya di tpa?
kita harusnya mendukung,bukan menghujat.
dikit2 program pemerintah di hujat. gmn indonesia mau maju klo gini terus tukang hujatnya banyak.emoticon-Leh Uga
ayo lestarikan bumi ini emoticon-Shakehand2
hmmm
patut ditela'ah
emoticon-Cool
kirim aja ke negri plastik yg ada disana.... lumayan kan bisa buat bahan baku mereka, lagi butuh banyak plastik tuh untuk dempul muka2 mereka...
Indonesia Siap Mengendalikan Sampah PlastikIndonesia Siap Mengendalikan Sampah PlastikIndonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik

Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik

Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik

infonya Boljug gan, Nice info banget..
maaf ane belum ISO, belum bisa kasih cendol/bata, jadi ane rating aja gan emoticon-Blue Guy Peace

emoticon-2 Jempol emoticon-Rate 5 Star

Indonesia Siap Mengendalikan Sampah Plastik


bagi cendolnya dong gan..
(yg ngasih cendol semoga byk rejeki, sukses semuanya, makin ganteng/cantik, panjang umur dan sehat selalu) emoticon-Cendol (S)
tinggal rakyatnya mau gerak atau gak nih? emoticon-Big Grin
Kapan? Apa cuman wacana seperti mobil esempak?
Rada susah .. Di indonesia orang masih susah diatur untuk memisahkan mana sampai yang dapat terurai dan tidak. Sebetulnya kalo semua bisa diatur sedemikian rupa, jadi lebih mudah mengolah sampai.
jadi avatar pengendali sampah emoticon-Hammer (S)
Pabrike plastik tutup
gua kira bahas plastik2 kayak oppa2 korea emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka
Diubah oleh fhaizfa25
Quote:


Org bodo amat karena mereka gak tahu juga gan, susah enggaknya juga dipengaruhi latar belakang ekonomi
optimis
Quote:


Sudah mati aturan itu gan sekrg, jadi plastik ga bayar.
Dulu belanja di swalayan modern gitu kn keluar uang ya, sekrg sudah tidak adaemoticon-Bingung
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di