alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani Beri Sinyal Naikkan Harga BBM dan Elpiji Subsidi 3 Kg
2.22 stars - based on 23 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b14949d5c779877608b4567/sri-mulyani-beri-sinyal-naikkan-harga-bbm-dan-elpiji-subsidi-3-kg

Sri Mulyani Beri Sinyal Naikkan Harga BBM dan Elpiji Subsidi 3 Kg

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberi sinyal pemerintah akan menaikkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) dan elpiji subsidi 3 kilogram (kg) pada 2019. Hal ini mengikuti kenaikan harga berbagai komoditas terutama harga minyak mentah dunia.

"Perlu kami sampaikan bahwa kenaikan harga minyak mentah dunia mendorong kenaikan ICP (harga minyak mentah Indonesia) yang secara langsung akan meningkatkan komponen biaya produksi BBM (Solar), dalam hal ini termasuk elpiji. Peningkatan biaya produksi ini tentu saja akan menyebabkan naiknya harga keekonomian," ujarnya di Gedung DPR-MPR, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

"Tanpa adanya kebijakan penyesuaian harga, maka selisih antara harga keekonomian dan harga penetapan pemerintah akan semakin lebar dan pada akhirnya akan meningkatkan beban subsidi BBM khususnya elpiji tabung 3 Kg," dia menambahkan.

Sri Mulyani melanjutkan, tantangan kenaikan harga minyak mentah dunia juga berpotensi menimbulkan dampak multiplier lainnya. Apabila kenaikan harga minyak mentah diikuti oleh kenaikan harga BBM, maka akan berpotensi meningkatkan inflasi dan menurunkan daya beli masyarakat.

"Namun di sisi lain, apabila tidak dilakukan kebijakan penyesuaian harga BBM dan listrik, akan memberikan tekanan terhadap fiskal maupun keuangan BUMN dan menciptakan distorsi ekonomi yang berdampak negatif bagi perekonomian jangka panjang," jelasnya.

Untuk itu, pemerintah akan mengambil langkah-langkah kebijakan yang optimal tanpa mengorbankan kemampuan daya beli masyarakat dan tetap menjaga kesehatan keuangan BUMN, serta menjaga tata kelola dan transparansi BUMN. Hal ini perlu dilakukan agar peran BUMN sebagai penggerak perekonomian nasional dapat dijalankan secara optimal dengan tetap menjaga corporate governance yang baik.

"Salah satu langkah yang dilakukan adalah mengembangkan berbagai alternatif innovative financing, seperti sekuritisasi aset, Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA), Komodo Bond, kerja sama dengan investor strategis serta meningkatkan sinergi antar BUMN," tandasnya.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan harga Solar tidak mengalami kenaikan sejak tiga tahun lalu. Pemerintah memutuskan kebijakan tersebut, meski anggaran subsidi energi dipangkas.

‎Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, mengatakan dalam tiga tahun terakhir, yaitu 2015, 2016, dan 2017, total subsidi energi sebesar Rp 323 triliun atau lebih rendah 66 persen dari realisasi sebesar Rp 958 triliun pada tiga tahun sebelumnya, yaitu 2012, 2013, dan 2014.

Sebaliknya, anggaran untuk infrastruktur pendidikan dan kesehatan meningkat signifikan. Sejak 2015, angkanya selalu di atas Rp 700 triliun. Bahkan, tahun ini dialokasikan sebesar Rp 965 triliun. Sementara tahun-tahun sebelumnya anggaran tersebut di bawah Rp 600 triliun.

"APBN harus dijaga, subsidi energi dibuat makin tepat sasaran, sehingga belanja yang lebih produktif seperti infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan bisa punya porsi yang jauh lebih besar," kata Agung dalam situs resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, pada 8 Mei 2018.

Agung mengungkapkan, subsidi energi hanya terdiri atas subsidi BBM, Liqufied Petroleum Gas (LPG), dan listrik. Sejak 2015, jenis BBM yang disubsidi hanya solar dan minyak tanah, sementara Premium tidak lagi disubsidi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Meski demikian, harga BBM jenis Premium khusus penugasan dan solar tidak naik sejak April 2015. Saat itu, harga Premium tersebut sebesar Rp 7.300 dan solar Rp 6.900 per liter.

BBM jenis Premium per 5 Januari 2016, bahkan harganya turun dari Rp 7.300 menjadi Rp 6.950 per liternya. Lalu pada 1 April 2016, turun lagi menjadi Rp 6.450 per liter. Hingga 2019, harga BBM ini dipastikan tidak naik.

Hal yang sama juga diterapkan pada solar per 10 Oktober 2015, harganya justru turun dari Rp 6.900 menjadi 6.700 per liternya. Lalu per 5 Januari 2016, juga turun menjadi Rp 5.650 per liter dan 1 April 2016 turun lagi menjadi Rp 5.150 per liter dan tetap sampai hari ini. Pada 2019, solar rencananya juga tidak ada kenaikan. Sedangkan untuk minyak tanah tidak pernah naik sejak 2008.

"Sudah tiga tahun bahkan lebih, tidak ada kenaikan BBM Premium, solar, dan minyak tanah. Hingga 2019, juga tidak akan naik, tarif listrik juga tidak naik. Itu dalam rangka meningkatkan kestabilan ekonomi dan sosial masyarakat serta mempertahankan daya beli masyarakat," tandas Agung

https://m.liputan6.com/amp/3544718/sri-mulyani-beri-sinyal-naikkan-harga-bbm-dan-elpiji-subsidi-3-kg

Naik2 harga BBM tinggi tinggi kembali.
Selamat menikmati wahai rakyat Indonesia.
Ingat gaji anda semua belum tentu naik, kecuali gaji dewan pengarah, Deputi, dan staf Ahli BPIP.

emoticon-Big Grin

Urutan Terlama
Halaman 1 dari 5
balik lagi ke jaman kayu bakar dan delman aja lah emoticon-Ngacir2
kowi kena makan omongan sendiri, antara subsidi atau kehilangan suara

subsidi sama saja membakar duit

sudah benar itu naikkan saja harganya
... makanya, dek!

besok-besok kalo beli BBM dan elpiji, DITAWAR!



emoticon-Wakaka
naik ya ditawar
bukannya bbrp hr terakhir ini harga minyak dunia menurun?

terlepas dr itu, memang udah saatnya subsidi bbm dicabut
Ya syukurlah kalau BBM dan LPG naik lagi harganya. Artinya pemerintah di era jkw sangat profesional dalam mengelola perekonomian secara umum.
Rupiah turun karena harga minyak turun emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh konco.dewe
"distorsi ekonomi"

anjirrrrrrrremoticon-Malu
Kalo iya mau terus pake subsidi ya harus tepat guna.
Orang orang yang membutuhkan aja yang dapet.
Udah tau ini indonesia, ada barang murah ya ngga kaya ngga miskin bakalan ambil, dianggepnya flash sale kali. emoticon-Ngakak
Mau disosialisasikan barang subsidi buat orang miskin juga ngga bakalan ngaruh. emoticon-Ngakak
Gas melon tetangga ane ampe punya 4 biji padahal mah orang berada. emoticon-Ngakak
Mobil bagus-bagus juga premium banyak yang nenggak. emoticon-Ngakak
Gaji pejabat pejabat bisa dipangkas sedikit gak sih buat nutup subsidi atau di alokasi kan ke yang lain.
Dalam mimpi saja mungkin emoticon-Traveller
2019
Quote:


Semua pom di kota ente masih ada premiumnya??
Serius nanya

menteri skill tukang pajak jangan heran

kalo ga motong yang majakin

yang dipangkas buat rakyat, sedangkan buat

1. pejabat
2. pns
3. pemegang proyek

makin meningkat

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh tgl.12.12.12
benar2 meroket
Karma.
Quote:


3 Pom bensin deket rumah ane jual premium tuh.
Dulu sempet dipajang mulu papan pengumuman premium habis.
Tapi seminggu terakhir ini premium terus ada.
Post ini telah di hapus oleh azhuramasda
Quote:


kalau profesional naikan sekarang, bukan setelah pemilu 2019 emoticon-No Hope
tekor kasi THR ke PNS dan pensiunan jor joran
makanya 2019 naikin bbm dan elpiji
kumpulin duit pensiun buat jaga2 kalo pilpres 2019 kalah
asu tenan
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di